Internet

Terjadi Hari Ini! Hashtag #GerhanaMatahariCincin Rajai Trending di Twitter

Gerhana Matahari Cincin akan melewati 25 kota dan kabupaten di 7 provinsi di Indonesia.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Wikipedia/ Smrgeog)
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Wikipedia/ Smrgeog)

Hitekno.com - Sebelum 2019 berakhir, penduduk Bumi akan menyaksikan fenomena astronomi langka yaitu Gerhana Matahari Cincin hari ini, Kamis (26/12/2019).

Ramai fenomena langka ini hashtag #GerhanaMatahariCincin menjadi trending topik hari ini di Twitter.

Berdasarkan rilis resmi yang diunggah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada tanggal 13 Desember 2019, akan ada setidaknya 25 kota dan kabupaten di 7 provinsi di Indonesia yang bisa menikmati Gerhana Matahari Cincin 26 Desember.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilanka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik," tulis BMKG dalam akun Twitter resminya.

Tujuh provinsi yang bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (popsci)
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (popsci)

 

Antusias warga Indonesia terlihat dari cuitan netizen di Twitter disertai dengan hashtag #GerhanaMatahariCincin ini.

Sebanyak lebih dari 5 ribu cuitan netizen meramaikan kolom trending topik di Twitter.

@aprlnyml ''Bakal ngalamin utk ke 2 kalinya tentang sejarah Gerhana Matahari Cincin, masha allah''

@rizkirasad ''Nggak sabar menuggu #GerhanaMatahariCincin''

@f1553r ''Jangan sampai terlewat buat masyarakat kepualuan Riau #GerhanaMatahariCincin''

Sebagai informasi, Gerhana Matahari Cincin terjadi karena wilayah yang dilalui oleh bayangan antumbra, yaitu perpanjangan dari umbra (bayangan utama) di mana Bulan tepat berada di depan Matahari.

Tetapi piringannya tampak terlalu kecil untuk menutupi seluruh piringan Matahari. Sehingga tercipta seperti Gerhana Matahari Cincin yang kita kenal.

Oleh ilmuwan Barat, penampakan tersebut disebut "Ring of Fire" karena akan menyuguhkan sebuah lingkaran di mana terlihat nyala api di sekitarnya.

Namun tunggu dulu, kamu tidak boleh melihat Gerhana Matahari Cincin dengan mata telanjang karena bisa berakibat fatal pada mata kamu.

Hingga kini #GerhanaMatahariCincin masih merajai kolom trending topik Twitter. Siapa yang sudah siap menyaksikan Gerhana Matahari Cincin?

Berita Terkait