Bukan untuk Belanja, Sejarah Harbolnas 11.11 Ternyata Hari Para Lajang

Momen ini dimulai pada 11 November 2009 lalu oleh CEO Alibaba, Daniel Zhang.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Senin, 11 November 2019 | 15:22 WIB
Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Charles

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Charles

Hitekno.com - Hari ini, Senin (11/11/2019), beberapa pengguna e-commerce sedang merayakan Harbolnas 11.11 atau Hari Belanja Online Nasional. Kurang rasanya jika asik belanja tanpa mengetahui sejarah Harbolnas 11.11.

Melihat awal mulanya, Harbolnas 11.11 sebenarnya terinspirasi dari Single's Day di Tiongkok yang biasanya merupakan hari para lajang. Hari ini pada umumnya diperingati setiap 11 November atau dalam angka biasanya disebut 11.11.

Di Indonesia, budaya Harbolnas awalnya hanya digelar setiap tanggal 12 Desember. Namun, seiring berkembangnya, banyak situs e-commerce yang mengadopsi Single's Day sebagai bagian strategi pemasaran.

Baca Juga: Sony Xperia 1 Professional Edition Dijual dengan Harga Fantastis

Dilansir dari BBC, sebelum menjadi Harbolnas, Single's Day dirayakan oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Nanjing, Tiongkok dengan mengadakan parade belanja online terbesar.

Terinspirasi dari momen tersebut, Alibaba selaku situs e-commerce terbesar di Tiongkok memutuskan untuk menggelar hari belanja online untuk para lajang. Momen ini dimulai pada 11 November 2009 lalu oleh CEO Alibaba, Daniel Zhang.

Hari lajang atau Single's Day lalu ditandai sebagai ajang belanja terbesar di Tiongkok dan berlangsung selama 24 jam non-stop.

Baca Juga: Top 4 Berita Terkini: Harbolnas 11.11 dan Pendaftaran CPNS 2019

Keuntungan besar lalu diraih Alibab, setidaknya, perusahaan ini meraup penjualan kotor mencapai 7,8 juta dolar atau Rp 109 miliar. Pendapatan ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Hingga hari belanja online ini terus menjadi event tahunan.

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Lark)
Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Lark)

Menyusul kesuksesan Alibaba, beberapa perusahaan e-commerce melakukan hal yang sama dengan menggelar hari belanja online yang serupa.

Dilansir dari Wikipedia, Harbolnas di Indonesia digelar pertama kali pada tahun 2012 dan dimulai oleh beberapa perusahaan e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia atau IdeA.

Baca Juga: 9 Tips Aman Belanja Online Harbolnas 11.11, Baca Sebelum Kalap

Seiring berjalannya waktu, beberapa situs e-commerce di Indonesia lalu ramai-ramai menggelar Harbolnas 11.11 yang digelar setiap 11 November. Animo masyarakat untuk pesta belanja ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berbagai penawaran menarik bahkan menjadi andalan deretan situs e-commerce tersebut. Dengan harga yang super murah dan kemasan penjualan yang menarik, siapa saja begitu menantikan momen Harbolnas 11.11.

Siapa sangka jika hari belanja online terbesar ini bermula dari hari para lajang. Jadi, hari Harbolnas 11.11 ini sudah kamu pakai untuk belanja apa?

Baca Juga: MediaTek Siap Luncurkan Chipset 5G, Ini Bocorannya

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak