Internet

Bukan untuk Belanja, Sejarah Harbolnas 11.11 Ternyata Hari Para Lajang

Momen ini dimulai pada 11 November 2009 lalu oleh CEO Alibaba, Daniel Zhang.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Charles
Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Charles

Hitekno.com - Hari ini, Senin (11/11/2019), beberapa pengguna e-commerce sedang merayakan Harbolnas 11.11 atau Hari Belanja Online Nasional. Kurang rasanya jika asik belanja tanpa mengetahui sejarah Harbolnas 11.11.

Melihat awal mulanya, Harbolnas 11.11 sebenarnya terinspirasi dari Single's Day di Tiongkok yang biasanya merupakan hari para lajang. Hari ini pada umumnya diperingati setiap 11 November atau dalam angka biasanya disebut 11.11.

Di Indonesia, budaya Harbolnas awalnya hanya digelar setiap tanggal 12 Desember. Namun, seiring berkembangnya, banyak situs e-commerce yang mengadopsi Single's Day sebagai bagian strategi pemasaran.

Dilansir dari BBC, sebelum menjadi Harbolnas, Single's Day dirayakan oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Nanjing, Tiongkok dengan mengadakan parade belanja online terbesar.

Terinspirasi dari momen tersebut, Alibaba selaku situs e-commerce terbesar di Tiongkok memutuskan untuk menggelar hari belanja online untuk para lajang. Momen ini dimulai pada 11 November 2009 lalu oleh CEO Alibaba, Daniel Zhang.

Hari lajang atau Single's Day lalu ditandai sebagai ajang belanja terbesar di Tiongkok dan berlangsung selama 24 jam non-stop.

Keuntungan besar lalu diraih Alibab, setidaknya, perusahaan ini meraup penjualan kotor mencapai 7,8 juta dolar atau Rp 109 miliar. Pendapatan ini terus meningkat dari waktu ke waktu. Hingga hari belanja online ini terus menjadi event tahunan.

Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Lark)
Ilustrasi belanja online. (Unsplash/Brooke Lark)

 

Menyusul kesuksesan Alibaba, beberapa perusahaan e-commerce melakukan hal yang sama dengan menggelar hari belanja online yang serupa.

Dilansir dari Wikipedia, Harbolnas di Indonesia digelar pertama kali pada tahun 2012 dan dimulai oleh beberapa perusahaan e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia atau IdeA.

Seiring berjalannya waktu, beberapa situs e-commerce di Indonesia lalu ramai-ramai menggelar Harbolnas 11.11 yang digelar setiap 11 November. Animo masyarakat untuk pesta belanja ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berbagai penawaran menarik bahkan menjadi andalan deretan situs e-commerce tersebut. Dengan harga yang super murah dan kemasan penjualan yang menarik, siapa saja begitu menantikan momen Harbolnas 11.11.

Siapa sangka jika hari belanja online terbesar ini bermula dari hari para lajang. Jadi, hari Harbolnas 11.11 ini sudah kamu pakai untuk belanja apa?

Berita Terkait