Internet

WiFi Dipakai Tanpa Izin? Begini Cara Memblokirnya

WiFi digunakan tanpa izin? Begini cara antisipasinya: putuskan koneksi dengan di bawah ini.

Dinar Surya Oktarini

Logo WiFi. (Unsplash/Jadon Kelly)
Logo WiFi. (Unsplash/Jadon Kelly)

Hitekno.com - Beberapa kendala dan alasan membuat koneksi WiFi terkadang lebih lambat dari biasanya, salah satunya kemungkinan seseorang tak dikenal menggunakannya tanpa izin. 

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui apakah WiFi pengguna benar-benar telah digunakan tanpa izin.

Ilustrasi wifi di iPhone. [Shutterstock]
Ilustrasi wifi di iPhone. [Shutterstock]

Dilansir dari Android Pit, berikut beberapa cara untuk mengetahui orang asing yang menggunakan WiFi pengguna dan memblokirnya:

1. Cek aktivitas WiFi
Router nirkabel umumnya memiliki lampu yang berkedip untuk menunjukkan bahwa WiFi sedang terpakai. Coba putuskan koneksi dengan perangkat apapun, termasuk smart TV dan konsol dengan WiFi. Jika pengguna masih melihat lampu berkedip, maka kemungkinan besar seseorang telah terhubung ke router dan menggunakan WiFi tanpa izin.

2. Gunakan bantuan aplikasi pihak ketiga
Untuk mengetahui siapa yang menggunakan WiFi, pengguna harus terhubung dengan jaringan WiFi itu, dan unduh aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu pengguna memantau jaringan WiFi.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi Fing dari Google Play Store atau App Store. Setelahnya, buka aplikasi dan pengguna akan menemukan nama jaringan WiFi di layar beranda bersama dengan tombol Refresh dan Settings.

Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi, ketuk Refresh. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, setelahnya pengguna akan melihat daftar perangkat yang terhubung bersama dengan indikator yang memberi tahu pengguna apakah berupa smartphone, PC, atau perangkat lain.

Ketuk perangkat apa pun di jaringan pengguna untuk memunculkan daftar opsi yang memungkinkan pengguna terhubung dengan perangkat itu.

3. Cara memblokir perangkat yang menggunakan WiFi tanpa izin
Jika pengguna melihat ada perangkat tak dikenal yang terhubung ke jaringan, pengguna dapat memblokirnya. Aplikasi Fing menunjukkan kepada pengguna alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi (nomor MAC memiliki format seperti xx:xx:xx:xx:xx:xx yang terdiri dari angka dan huruf. Catat nomor itu.

Pada komputer yang terhubung ke jaringan WiFi, masukkan IP router pengguna ke browser dan masukkan detail login router di halaman berikutnya. Setelah masuk ke router, pilih opsi Security, klik MAC Filtering, lalu Add Device.

Masukkan alamat MAC perangkat yang ingin diblokir, lalu klik Apply, Save, atau OK. Perangkat tak dikenal tadi akan terblokir secara otomatis.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait