Internet

Begini Kondisi Kabut Asap Banjarbaru, Netizen Khawatir Pemotor Tabrak Truk

"Padang asap! Mobil Pertamina yang LPG aja segede itu di depan enggak kelihatan! Deg-degan takut tiba-tiba ada truk atau mobil. Pak Jokowi tolong" kata netizen.

Agung Pratnyawan

Kabut asap di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Twitter/@yandachitta)
Kabut asap di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Twitter/@yandachitta)

Hitekno.com - Kabut asap masih melanda sejumlah wilayah di Kalimantan. Salah satunya Kota Banjarbaru, Kalimantan selatan yang makin miris kondisinya.

Karena kabut asap ini, jarak pandang sangatlah terbatas sehingga membahayakan para pengendara. Terutama pemotor dan pengemudi kendaraan lainnya di Banjarbaru.

Kondisi tersebut terlihat dari video yang dibagikan seorang pengendara bermotor, diikuti dengan keluhan terkait keselamatan.

Melalui Twitter, @yandachitta mengimbau netizen yang berada di Banjarbaru untuk lebih berhati-hati dalam berkendara.

Dirinya khawatir jika terjadi tabrakan antara mobil atau truk di jalan dengan kendaraan lain.

Pasalnya, ia sendiri mengaku tak bisa melihat truk besar pengangkut tabung gas LPG yang melaju di depannya.

"Teman-teman daerah Banjarbaru dan sekitarnya, hati-hati ya. Ini tadi pagi di daerah Ulin lewat Trikora. Padang asap! Mobil Pertamina yang LPG aja segede itu di depan enggak kelihatan! Deg-degan takut tiba-tiba ada truk atau mobil :( Pak @jokowi tolong :( #IndonesiaDaruratAsap #SaveKalimantan," cuit @yandachitta, Sabtu (14/9/2019).

Kabut asap di Banjarbaru - (Twitter/@yandachitta)
Kabut asap di Banjarbaru - (Twitter/@yandachitta)

 

Terdapat tiga video dan empat foto yang ia unggah di Twitter. Ketujuhnya berwarna abu-abu, menunjukkan tebalnya kabut asap di sana.

Hingga berita ini ditulis, kicauan @yandachitta telah di-retweet lebih dari 13 ribu kali.

Banyak netizen mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan permasalahan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini.

Sejak beberapa waktu lalu, hutan di beberapa kota Indonesia, khususnya di Sumatra dan Kalimantan, kembali diterpa kebakaran hebat.

Berbagai dampak buruknya pun telah terjadi, antara lain, ribuan bayi terserang infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA, jadwal penerbangan ditunda, hingga F1 di Singapura terancam batal karena kabut asap di Indonesia sampai ke Malaysia dan Singapura.

Itulah kondisi kabut asap di Banjarbaru yang sangat membahayakan pemotor dan pengemudi kendaraan lainnya. (Suara.com/ Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana).

Berita Terkait