Internet

Sopir Bus Beberkan Beratnya Beban Kerja Kernet, Bikin Netizen Salut

Beban kerja seorang kernet bus lebih berat dari sang sopir.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi Bus. (unsplash/@bash_carlos).
Ilustrasi Bus. (unsplash/@bash_carlos).

Hitekno.com - Sebuah postingan kisah susahnya jadi kernet bus membuat netizen salut hingga viral di Facebook. Datambah kisah ini dipostingkan langsung oleh seorang supir bus.

Dalam menjalankan pekerjaannya, sopir bus selalu ditemani oleh kernet bus. Ternyata, seorang kernet bus punya beban kerja yang lebih berat dibanding sang sopir itu sendiri.

Hal ini, dibeberkan sendiri oleh sang sopir bus bernama Erwin. Ia menceritakan tugas-tugas yang dilakukan seorang kernet bus, sebelum nantinya ia bisa menjadi seorang sopir bus.

"Inilah kru saya ketika dia bekerja. Mandi oli mengecek kendaraan dan perbaikan ketika unit standby. Wajar lah jika dia menyempatkan waktunya tidur di perjalanan karena setelah tiba di tujuan, dia membersihkan kendaraan, membeli kopi dan makan untuk Saya, selaku driver," ungkapnya.

Dilihat dari unggahan yang viral di Facebook ini, Erwin nampaknya gerah dengan sopir bus atau penumpang yang tidak bisa menghargai kernet atau kru bus yang lain.

"Hargailah kru atau kenek kalian, karena tanpa dia, kita selaku sopir tak akan mampu mengerjakan sendiri. Jadi janganlah kalian selalu post ketika kenek kalian tertidur lelap, dan mengatakan 'enaknya diapain nih kenek'. Mereka juga manusia, bukan robot. Mata mereka bukan lampu marka jalan yang selalu menyala," pungkas Erwin.

Tak disangka, unggahan Erwin yang membeberkan beban kerja seorang kernet bus ini mendapat banyak tanggapan positif dari netizen.

Kernet Bus. (Facebook/Erwin)
Kernet Bus. (Facebook/Erwin)

 

Cukup banyak netizen yang juga menyanjung Erwin, sebagai seorang sopir bus yang bertanggung jawab dengan kernetnya.

"Sopir Go*** yang suka jelek-jelekin kernetnya. Dia pikir kernet itu robot yang bisa siaga tiap waktu, yang bisa melek melulu? Robot aja harus dicas biar bisa nyala lagi apalagi manusia. Sopir yang begitu berarti dia nggak (pernah) ngerasa jadi kenek dulunya," kata Andre.

"Betul. Saya menganggap kernet itu adalah rekan kerja Saya. Menurut Saya, tanpa kernet pasti pengemudi agak kerepotan jika terjadi apa-apa di jalan. Seorang kernet pun harus tahu apa yang harusnya dikerjakan. Saya bisa mengemudi mobil besar pun berawal dari kernet," ujar Dana.

Itulah kisah susahnya jadi kernet bus yang viral di Facebook menurut penuturan seorang supir bus. (Suara.com).

Berita Terkait