Internet

Dua Pekan Berlalu, Kominfo Masih Blokir Internet di Papua

Pembukaan blokir internet di Papua akan dilakukan secara bertahap, tergantung dengan situasi dan kondisi di lapangan.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi jaringan internet. (unsplash/ Thomas Jensen)
Ilustrasi jaringan internet. (unsplash/ Thomas Jensen)

Hitekno.com - Telah dua pekan berlangsung, blokir internet di Papua dan Papua Barat masih saja diberlakukan. Masyarakat setempat masih belum bisa merasakan akses internet.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang dibantu operator seluler tengah merencanakan untuk mengakhiri pemblokiran akses internet di ujung timur Nusantara.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan, blokir internet di Papua menjadi agenda pembahasan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam rapat internal yang berlangsung pada Senin (2/9/2019).

"Menteri memimpin rapat dengan para operator seluler, Telkomsel, Telkom, XL, dan Indosat untuk membahas pembukaan pemblokiran (internet). Di sana juga ada perwakilan dari aparat keamanan," kata Ferdinandus.

Dari rapat terbatas tersebut, Ferdinandus menyampaikan bahwa sudah ada wacana untuk mengakhiri pemblokiran akses internet di Papua yang akan dilakukan secara bertahap, tergantung dengan situasi dan kondisi di lapangan.

"Jadi, tergantung kondusifitas dan stabilitas di wilayah kota atau kabupaten tersebut. Dan, penilaian ini dikoordinasikan Menkominfo dengan penegak hukum dan pihak keamanan," imbuhnya.

Sayangnya, pria yang akrab disapa Nando ini belum bisa mengungkap waktu pembukaan kembali akses internet di Bumi Cenderawasih.

Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)
Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

 

Artinya, hingga kini masyarakat di Papua dan Papua Barat hanya bisa memanfaatkan layanan SMS dan telepon saja.

Sampai kapan Kominfo blokir internet di Papua dan Papua Barat ini? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait