Internet

Nota Mini Market Pakai Aksara Jawa, Netizen: Itu Bukan Thailand Woy!

Netizen sebut ini nota mini market era Majapahit.

Agung Pratnyawan

Nota mini market dengan aksara Jawa. (Facebook/ Nuril Hidayat).
Nota mini market dengan aksara Jawa. (Facebook/ Nuril Hidayat).

Hitekno.com - Sebuah nota mini market menjadi viral di Facebook karena memakai tulisan unik. Tulisan dalam nota belanja ini memakai aksara Jawa.

Note mini market ini dipostingkan oleh Nuril Hidayat di Facebook pada 21 Juli 2019 kemarin. Dalam waktu singkat, langsung viral di Facebook.

Sayangnya, saat awal postingan ini beredar banyak yang mengira kalau ini huruf Thailand. Namun bukan, nota mini market tersebut memakai aksara Jawa.

Sempat terjadi perdebatan antar netizen yang mengira kalau tulisan tersebut bahasa Thailand dengan netizen lain yang mengetahui kalau itu aksara Jawa.

Namun situasi mulai cair, setelah tahu itu bukan mini market Tanah Air yang buka cabang di Thailand. Namun tidak diketahui juga apakah nota ini asli dari mini market.

Dalam nota tersebut nampak seseorang membeli sebuah barang dengan harga Rp 17.500 dan ia membayarnya dengan uang Rp 50 ribu. Dan kembaliannya pun Rp 32.500.

Menariknya, dalam pojok kanan atas nota ini lengkap dengan logo mini market yang mirip dengan Indomaret namun tertulis dalam aksara Jawa.

Nota mini market dengan aksara Jawa. (Facebook/ Nuril Hidayat).
Nota mini market dengan aksara Jawa. (Facebook/ Nuril Hidayat).

 

Di nota ini pula tertera nomor telepon dengan kode area 0274, alias kode area telepon untuk wilayah Yogyakarta. Apakah benar ada mini market dengan nota seperti ini?

Netizen pun menyebutnya sebagai mini market di Majapahit, ada pula yang menyebutnya sebagai mini market di Singasari era Ken Arok memerintah.

Terungkap, nota unik ini merupakan salah satu karya kreator yang digunakan untuk sebuah pameran event di inkotober 2016 lalu. 

Karena uniknya, netizen membanjiri kolom komentar postingan yang viral di Facebook ini. Beragam komentar maupun perdebatan ada.

"Struk belanjanya angling dharma saat belanja di NuswantoroMarto," kata Nur Rokhiem.

"Indomaret era Majapahit," tulis Nuril Hidayat.

"TERKUTUKLAH KALIAN YANG NYEBUT ITU BAHASA THAILAND!!!!," emosi Faisal Hendrik.

"Dayang Sumbi beli skincare di Indomaret," tulis Reandy Taqwa A.

Itulah nota belanja mini market dengan aksara Jawa yang viral di Facebook. Apakah kamu tahu lokasi mini market ini?

Berita Terkait