Internet

Hotel di China Gunakan Kode QR untuk Mengecek Sprei Sudah Dicuci atau Belum

Tamu hotel dapat mengakses informasi apakah seprei dan handuk yang akan mereka gunakan sudah dicuci atau belum dengan memindai kode QR.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Christopher Jolly)
Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Christopher Jolly)

Hitekno.com - Teknologi memang membantu kita untuk melakukan hal yang mudah, seperti yang dilakukan jasa cuci di China yang menyertakan barcode QR pada handuk dan seprei hotel yang mereka cuci.

Chip yang tahan air dan panas ini dapat merekam waktu saat lembaran tersebut dicuci. Tamu hotel dapat mengakses informasi apakah seprei dan handuk yang akan mereka gunakan sudah dicuci atau belum dengan memindai kode QR pada setiap item.

Teknologi semacam ini telah digunakan di beberapa kota besar karena sanitasi fasilitas hotel telah menarik perhatian masyarakat setelah serangkaian investigasi online.

Dalam investigasi tersebut ditemukan beberapa hotel, bahkan mewah tidak mencuci seprai, mereka hanya merapikannya.

Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Rhema Kallianpur)
Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Rhema Kallianpur)

 

Dilansir dari program TV lokal, sekitar 50 hotel di provinsi Shaanxi telah menempatkan chip dan mencetak kode QR pada tahun lalu.

''Chip di tempat tidur dapat merekam seluruh proses pencucian, termasuk mencuci, sterilisasi, menghilangkan alkali dan menyetrika. Semua otomatis dan dipantau oleh kamera. Dengan memindai kode QR, tamu hotel dapat melihat waktu setiap operasi," kata Pu Jinyong, manajer Bluesky Qingke, pangkalan binatu di Beijing.

Dia mengatakan bahwa tidak sulit untuk mempromosikannya secara nasional karena setiap chip dapat digunakan selama sekitar tiga tahun dan biayanya rendah.

Menurut Komisi Pengembangan dan Reformasi Provinsi Hubei, pemerintah mendorong penggunaan teknologi tetapi tidak menegakkannya.

Berita Terkait