Hotel di China Gunakan Kode QR untuk Mengecek Sprei Sudah Dicuci atau Belum

Tamu hotel dapat mengakses informasi apakah seprei dan handuk yang akan mereka gunakan sudah dicuci atau belum dengan memindai kode QR.

Dinar Surya Oktarini
Minggu, 14 Juli 2019 | 08:00 WIB
Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Christopher Jolly)

Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Christopher Jolly)

Hitekno.com - Teknologi memang membantu kita untuk melakukan hal yang mudah, seperti yang dilakukan jasa cuci di China yang menyertakan barcode QR pada handuk dan seprei hotel yang mereka cuci.

Chip yang tahan air dan panas ini dapat merekam waktu saat lembaran tersebut dicuci. Tamu hotel dapat mengakses informasi apakah seprei dan handuk yang akan mereka gunakan sudah dicuci atau belum dengan memindai kode QR pada setiap item.

Baca Juga: - Viral Hingga Trending di Twitter, Ada Apa Antara Polka Wars dan Hokben? - Hiu Raksasa Terekam di Pantai Ini, Videonya Bikin Netizen Melongo - Jokowi dan Prabowo Naik MRT Bareng, Ini Cuitan Haru Netizen di Twitter - Asli Timor Leste tapi Cinta Indonesia, Guru Pedalaman Ini Bikin Terharu - Mengenal Mavica, Pionir Kamera Digital Pertama Milik Sony

Teknologi semacam ini telah digunakan di beberapa kota besar karena sanitasi fasilitas hotel telah menarik perhatian masyarakat setelah serangkaian investigasi online.

Dalam investigasi tersebut ditemukan beberapa hotel, bahkan mewah tidak mencuci seprai, mereka hanya merapikannya.

Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Rhema Kallianpur)
Ilustrasi kamar hotel. (Unsplash/ Rhema Kallianpur)

Dilansir dari program TV lokal, sekitar 50 hotel di provinsi Shaanxi telah menempatkan chip dan mencetak kode QR pada tahun lalu.

''Chip di tempat tidur dapat merekam seluruh proses pencucian, termasuk mencuci, sterilisasi, menghilangkan alkali dan menyetrika. Semua otomatis dan dipantau oleh kamera. Dengan memindai kode QR, tamu hotel dapat melihat waktu setiap operasi," kata Pu Jinyong, manajer Bluesky Qingke, pangkalan binatu di Beijing.

Dia mengatakan bahwa tidak sulit untuk mempromosikannya secara nasional karena setiap chip dapat digunakan selama sekitar tiga tahun dan biayanya rendah.

Menurut Komisi Pengembangan dan Reformasi Provinsi Hubei, pemerintah mendorong penggunaan teknologi tetapi tidak menegakkannya.

Berita Terkait

TERKINI

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
Tampilkan lebih banyak