Hewan yang Ditemukan di Kuburan Ini Punya Suara Jeritan Mengerikan, Hoaks?

Terungkap bahwa binatang dalam video tersebut adalah alligator snapping turtle atau kura-kura buaya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Rabu, 26 Juni 2019 | 08:00 WIB
Video hewan dengan suara jeritan mengerikan. (twitter/luaneyap31)

Video hewan dengan suara jeritan mengerikan. (twitter/luaneyap31)

Hitekno.com - Belum lama ini, Twitter dihebohkan dengan sebuah video yang menampilkan seekor hewan mirip kura-kura yang ditemukan di kuburan di Arab Saudi. Makin aneh, dalam video tersebut, hewan ini mengeluarkan suara jeritan yang mengerikan.

Video ini menjadi viral di Twitter usai diunggah @luaneyap31 pada Sabtu (22/6/2019) lalu hingga membuat netizen berdebat mengenai keaslian video tersebut.

Dalam video terlihat seorang pria tengah memegang seekor hewan berbentuk kura-kura yang menurut cuitan netizen ini adalah Suppon. Makin aneh, hewan ini mengeluarkan suara jeritan mengerikan yang disebut sebagai siksa kubur.

''Believe it or not: Sejenis binatang di negara Arab yang suka tinggal di perkuburan, banyak orang menyangka suara ini datang dari suara orang tersiksa di dalam KUBUR. Inilah suaranya menyerupai suara jeritan SIKSA. Menurut teman yg tinggal di Jepang, binatang ini namanya Suppon dn dimakan..'' tulis cuitan yang dibuat @luaneyap31.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun BJ Habibie, Netizen Ramaikan #HBDHabibie

Terdengar beberapa kali, hewan ini mengeluarkan suara mirip jeritan mengerikan dalam video 15 detik yang diunggah @luaneyap31.

Setelah sempat berdebat, netizen yang super penasaran lalu melakukan cek fakta untuk mengetahui dengan pasti apakah video ini hanyalah hoaks atau benar terjadi.

Baca Juga: Singa Jadi-jadian Berkeliaran, Hewan Ini Bikin Netizen Terkejut dan Geli

CEK FAKTA: Hewan ini adalah Alligator Snapping Turtle

Dari kolom balasan unggahan @luaneyap31, terungkap bahwa binatang dalam video tersebut adalah alligator snapping turtle atau kura-kura buaya.

''Itu Alligator snapping turtle.. asli amerika.. ko di klaim asli arab.. Kalo mo liat ada tuh di taman mini, di akuarium air tawar TMII, dan taman reptil.. Makanya pikniknya jangan ke monas doang.. biar pinteran dikit..'' tulis @meow_leader.

Baca Juga: Asyik Boomerang di Toilet, Gadis Ini Temui Penampakan Seram

Dilansir dari National Geographic, alligator snapping turtle ini merupakan reptil purba yang sudah hidup sejak zaman dinosaurus. Hewan ini mampu hidup hingga 200 tahun di alam liar.

Alligator snapping turtle. (Wikipedia/Norbert Nagel, Mörfelden-Walldorf, Germany)
Alligator snapping turtle. (Wikipedia/Norbert Nagel, Mörfelden-Walldorf, Germany)

Secara fisik, hewan ini memiliki bagian kepala yang mirip dengan seekor alligator. Hal ini terlihat dari ujung bibirnya yang runcing dan rahang yang kuat.

Di bagian tempurungnya terlihat tiga scute dorsal yang berukuran besar dan berjumlah banyak. Di bagian belakang, hewan ini memiliki ekor yang panjang yang membuatnya berbeda dari kura-kura pada umumnya.

Baca Juga: Customer Salah Kaprah karena Hal Sepele, Driver Ojol Panen Bintang Satu

Alligator snapping turtle ini hidup di daerah Amerika Serikat seperti Texas hingga Florida, Indiana, hingga Kansas. Hewan ini juga senang hidup di perairan dangkal yang tidak terlalu dalam untuk memudahkannya mengambil udara di permukaan air.

Jika pengunggah video tersebut menyebut bahwa hewan ini hidup di kuburan, kabar tersebut adalah hoaks ya. Pasalnya, hewan ini butuh hidup di perairan.

Fakta lainnya yang terungkap dari berbagai komentar netizen adalah bahwa suara jeritan mengerikan yang dikeluarkan oleh hewan ini adalah hoaks dan bagian dari editing.

Video hewan dengan suara jeritan mengerikan. (twitter/luaneyap31)
Video hewan dengan suara jeritan mengerikan. (twitter/luaneyap31)

''hoax bro, suaranya editan, kocak sih..'' tulis @MurtadhaOne dalam cuitannya.

Daripada harus mengeluarkan suara jeritan mengerikan, hewan ini justru akan langsung menggigit siapa saja saat dirinya merasa terancam.

Melansir Wikipedia, alligator snapping turtle ini ternyata masuk dalam daftar merah IUCN dengan kategori 'Vulnerable' yang menjelaskan jika kura-kura ini telah memasuki masa-masa rentan punah.

Melihat berbagai sumber, dapat sangat dipastikan jika video mengenai hewan yang ditemukan di kuburan dan memiliki suara jeritan mengerikan ini hanyalah hoaks ya.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak