Internet

Foto Pria Indonesia Ini Diklaim Shanghai, Fakta Sebenarnya Bikin Heran

Pria dengan akun @baswisnuaji ini rupanya berfoto di Kampung Ketandan yang berada di Yogyakarta.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2019. (Suara.com/Arendya Nariswari)
Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta 2019. (Suara.com/Arendya Nariswari)

Hitekno.com - Foto seorang pria asal Indonesia dengan akun @baswisnuaji belum lama ini diklaim Shanghai melalui akun @shanghai.explore di Instagram. Aksi klaim foto ini rupanya menyimpan fakta sebenarnya yang cukup mengejutkan serta buat netizen heran jika diperhatikan dengan teliti.

Pria dengan akun @baswisnuaji ini mengunggah fotonya tersebut di akun Instagram pribadinya sambil menandai lokasi unggahan tersebut yang berada di Shanghai.

Entah ingin mempromosikan wisata di negaranya atau apa, foto pria ini lalu diunggah oleh akun @shanghai.explore. Dalam caption-nya, akun ini mempromosikan wisata Shanghai.

''Hari yang damai di Shanghai..'' tulsi caption dalam unggahan @shanghai.explore.

Dalam foto terlihat @baswisnuaji sedang berpotret dengan sebuah sepeda sambil tersenyum manis di depan sebuah gapura yang desainnya begitu menunjukan suasana Shanghai.

Namun, lokasi sebenarnya dari foto ini cukup mengejutkan. Pria dengan akun @baswisnuaji ini rupanya berfoto di Kampung Ketandan yang berada di Yogyakarta.

Foto @baswisnuaji di Ketandan, Yogyakarta. (instagram/shanghai.explore)
Foto @baswisnuaji di Ketandan, Yogyakarta. (instagram/shanghai.explore)

 

Desain jalan kecil di tengah Malioboro ini memang hampir serupa dengan kota Shanghai. Wajar jika akun promosi wisata Shanghai mengira jika foto ini diambil di salah satu sudut Shanghai.

Menjadi viral di Instagram, unggahan ini lalu mendapat berbagai komentar dari netizen Indonesia yang dibuat heran karena foto asli Indonesia ini diklaim Shanghai.

''So, shangai have 'discount Lebaran 80 persen' ?'' tulis @gabriella.alma salah fokus dengan poster diskon di foto tersebut.

''NENEKMU SHANGHAI. Itu di indonesia, belum kau rasa nyinyiran netijen +62 kau yah, jan macam2 kau, ku retak kan empedu mu!'' komentar akun @0cang.

''Alhamdullilah ramayana go internasional ya..'' ungkap akun @mahaputravito salah fokus dengan department store di daerah tersebut.

''Alhamdulillah aku sering ke Shanghai..'' tulis pemilik akun @fnxxdy.

Tidak diketahui dengan pasti apakah unggahan akun wisata Shanghai ini sudah sadar dengan kesalahan yang dibuatnya ini apa belum.

Namun, banyak yang menduga jika hal ini terjadi karena si pemilik foto, @baswisnuaji sengaja memasukan lokasi Shanghai dalam unggahannya.

Sejak empat hari setelah dibuat, unggahan foto yang diklaim Shanghai ini sudah mendapat 5.554 likes dan 3.691 komentar dari netizen. Jadi, netizen Yogyakarta sudah pernah berkunjung ke Shanghai di tengah Malioboro ini belum?

Berita Terkait