Heboh, Warga Temukan Uang Berserakan di Lokasi Gempa Palu

Diduga kuat, uang pecahan Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu ini merupakan milik korban gempa dan tsunami di daerah tersebut.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Sabtu, 08 Juni 2019 | 16:00 WIB
Penemuan uang di lokasi gempa Palu. (instagram/makassar_iinfo)

Penemuan uang di lokasi gempa Palu. (instagram/makassar_iinfo)

Hitekno.com - Pada September 2018 lalu, Indonesia dibuat berduka dengan bencana tsunami disertai gempa di Palu dan Donggala. Berbenah dari musibah besar tersebut, belum lama ini, warga dikejutkan dengan penemuan uang tunai yang berada di lokasi gempa Palu.

Penemuan warga Palu ini diunggah oleh akun @makassar_iinfo pada Sabtu (8/6/2019) lalu dan menjadi viral di Instagram.

Baca Juga: - Unggahan Foto Jokowi dan Jan Ethes saat Jumatan di Jogja Ini Bikin Gemas - Salut, Netizen Galang Dana untuk Bantu Denda Sopir Bus Transjabodetabek - Dikira Prank Orang Gila ala Baim Wong, Tamu Lebaran Netizen Ini Bikin Shock - Disimpan di Amplop, Nasib Duit THR Ini Bikin Netizen Patah Hati

Sejumlah uang ini ditemukan di daerah Petobo yang berada di Palu Selatan. Petobo sendiri turut merasakan dampak besar dari bencana gempa Palu yang terjadi tahun 2018 lalu ini.

Menurut caption dalam unggahan @makassar_iinfo tersebut, warga menemukan sejumlah uang ini usai melakukan penggalian di lokasi gempa Palu ini.

Diduga kuat, uang pecahan Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu ini merupakan milik korban gempa dan tsunami di daerah tersebut.

Gempa Palu. (Suara.com/Muhammad Yasir)
Gempa Palu. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Bersamaan dengan unggahannya, akun @makassar_iinfo juga mengunggah video saat warga tengah mengelilingi penemuan mengejutkan ini. Di tengah tanah yang rusak akibat gempa Palu, uang-uang tersebut berserakkan.

Lembaran uang yang berserakkan ini terlihat masih utuh walaupun terlihat kotor karena terendam dalam lumpur akibat gempa Palu.

Menurut pengakuan perekam video, daerah Petobo merupakan salah satu yang terkena dampak likuifaksi. Likuifaksi sendiri merupakan fenomena saat tanah berubah menjadi lumpur dan kehilangan kekuatannya. Proses likuifaksi muncul akibat getaran yang diakibatkan oleh gempa dan guncangan.

Penemuan ini jelas menghebohkan hingga menjadi viral di Instagram. Netizen lalu ramai-ramai meninggalkan komentarnya dalam unggahan tersebut.

Penemuan uang di lokasi gempa Palu. (instagram/makassar_iinfo)
Penemuan uang di lokasi gempa Palu. (instagram/makassar_iinfo)

''Bukti nyata harta yang ga bisa dibawa mati..'' tulis akun @chrisantyamanda.

''Uang sudah tidak ada artinya lagi di sana :('' komentar pemilik akun @chakraabudjibril.

''Sumbangkan biar yang punya dapat pahala..'' ungkap pemilik akun @rahmawati_ramli.

Sebelumnya, pada Jumat (28/9/2018), di lokasi 0.18 LS dan 119.85 BT pada kedalaman 26 kilometer dari utara Donggala, Sulawesi tengah terjadi gempa dahsyat yang datang bersama tsunami.

Gempa berkekuatan 8,7 SR (skala richter) ini sukses melumpuhkan kota Palu dan Donggala dalam waktu singkat.

Mengenai nasib penemuan uang berserakan di lokasi gempa Palu ini masih belum diketahui. Namun, diduga, hal ini sudah ditangani oleh pihak berwajib di daerah tersebut.

Berita Terkait

TERKINI

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
Tampilkan lebih banyak