9 Orang Penyebar Hoax Terkait Gempa Palu Ditangkap Bareskrim

Tersangka akan dikenakan Pasal 14 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 06 Oktober 2018 | 07:00 WIB
Gempa dan tsunami Palu dan Donggala. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Gempa dan tsunami Palu dan Donggala. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Hitekno.com - Di tengah bencana alam di Palu, Sulawesi Tengah, ada pihak-pihak yang menyebarkan berita bohong atau hoax di media sosial. Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Mabes Polri telah melakukan penangkapan pada 9 orang penyebar hoax terkait gempa Palu.

''Kami temukan sembilan tersangka yang melakukan penyebaran berita bohong berkaitan dengan gempa di wilayah Sulawesi,'' ujar Kepala Subdirektorat I Tindak Pidana Siber Polri Komisaris Besar Dani Kustoni di Kantor Bareskrim, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Baca Juga: - Miris, Ramai Modus Penipuan Menjadi Donatur untuk Gempa Palu - Cari Korban Gempa Palu - Donggala, Pakai Google Person Finder - Meletus, Ini Fakta Gunung Soputan dan Kaitannya dengan Gempa Bumi - Bantu Korban Gempa Palu, Google.org Siapkan Rp 15 Miliar - Bikin Resah, Kominfo Rilis 8 Fakta Berita Hoaks Terkait Gempa

Tidak hanya hoax bencana di Palu, para tersangka juga menyebarkan hoax gempa di NTB serta akan terjadi gempa di wilayah Jawa Barat serta Jakarta sehingga meresahkan masyarakat.

Dari sembilan kasus tersebut, dua ditangani Direktorat Tindak Pidana Siber, dua kasus ditangani Polda Jatim, satu kasus di Riau dan sisanya ditangani polda di Sulawesi.

''Bukan merasa prihatin, tetapi malah memanfaatkan dengan menyebarkan berita bohong di tengah masyarakat sehingga menimbulkan keresahan,'' tutur Dani.

Gempa dan tsunami Palu dan Donggala. (Suara.com/Muhammad Yasir)
Gempa dan tsunami Palu dan Donggala. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Para tersangka akan dikenakan Pasal 14 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara telah menyebarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran di masyarakat.

Pihaknya mengimbau masyarakat tidak turut menyebarkan berita yang kebenarannya belum tentu sesuai fakta agar tidak turut menimbulkan keresahan.

Kepolisian pun terus melakukan patroli mengecek akun media sosial, apabila menemukan masyarakat yang menyampaikan hoaks akan dilakukan tindakan tegas.

Berita hoaks yang muncul salah satunya adalah adanya imbauan masyarakat untuk mewaspadai Bendungan Bili-Bili yang retak, padahal setelah Polsek Mamuju Gowa melakukan pengecekan, hasilnya bendungan dalam kondisi baik dan aman.

Hoaks selanjutnya adalah informasi gempa susulan sebesar 8,1 skala richter dan BNPB telah melakukan klarifikasi informasi tersebut tidak benar.

Tulisan mengnai penangkapan penyebar hoax terkait gempa Palu ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Bareskrim Tangkap 9 Penyebar Hoax Terkait Gempa Palu.

Berita Terkait

TERKINI

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
Tampilkan lebih banyak