Internet

Ingin Sasar Pasar yang Lebih Luas, Google Tutup Aplikasi YouTube Gaming

Sebelumnya rencana ini pernah dibicarakan pada tahun 2018. Sayangnya, hal tersebut baru terlaksana pada Mei 2019 ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Hitekno.com - Baru dirilis pada tahun 2015 lalu, Google kini telah sepakat untuk menutup aplikasi YouTube Gaming. Hal ini dilakukan demi keinginan Google menyasar pasar yang lebih luas.

YouTube Gaming sendiri dibuat dulu untuk para konten kreator yang berkecimpung di dunia game untuk dapat melakukan siaran langsung saat menggunakan platform tersebut.

Resmi pada Kamis (30/5/2019), Google menutup YouTube Gaming. Lebih lanjut, Google ingin agar konten game tidak hanya tertutup dan terkhusus untuk orang-orang yang menyukai game saja.

Hal ini tidak terlepas dari hasil riset Google yang menemukan fakta bahwa ada 200 juta pengguna YouTube yang menonton dan menikmati konten game.

Hanya dalam waktu 12 bulan, para pengguna ini menghabiskan waktu hingga 50 miliar jam untuk menyaksikan konten gaming.

Ilustrasi gamer PC. (unsplash/ Emmanuel)
Ilustrasi gamer PC. (unsplash/ Emmanuel)

Aktivitas ini dilakukan dengan tidak menggunakan aplikasi YouTube Gaming, namun langsung menggunakan aplikasi YouTube. Merasa tidak berfungsi dengan semestinya, Google lalu memutuskan untuk menutup aplikasi YouTube Gaming.

Sebelumnya rencana ini pernah dibicarakan pada tahun 2018. Rumor menyebutkan bahwa Google akan menutup layanan YouTube Gaming pada Maret 2019. Sayangnya, hal tersebut baru terlaksana pada Mei 2019 ini.

Sesaat setelah Google mengumumkan hal tersebut, aplikasi YouTube Gaming ini langsung sepi popularitas dan mulai ditinggalkan konten kreator game.

Lebih lanjut, Google memutuskan untuk menutup aplikasi YouTube Gaming dan memfokuskan seluruh konten gaming di YouTube. YouTube dirasa lebih kompatibel untuk pengguna dapat menemukan berbagai video.

Ilustrasi YouTube. (unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTube. (unsplash/Christian Wiediger)

Masih belum diketahui apa rencana Google ke depannya untuk berbagai komunitas gaming di YouTube. Namun, dapat dipastikan jika Google tidak akan menyediakan aplikasi khusus yang terpisah untuk komunitas.

Kemungkinan, Google akan menyematkan kolom atau tab khusus di laman YouTube untuk konten game. Kolom gaming ini sudah bisa kamu akses di laman depan YouTube.

Resmi tutup aplikasi YouTube Gaming, gamer yang sempat menggunakan aplikasi ini sudah dipastikan pindah lapak ke YouTube ya.

Berita Terkait