Internet

Jumlah Pengguna Facebook di Amerika Serikat Turun 15 Juta, Ini Penyebabnya

Wah pengguna Facebook mulai beralih ke aplikasi ini!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo Facebook. (Pixabay/ FirmBee)
Ilustrasi logo Facebook. (Pixabay/ FirmBee)

Hitekno.com - Sebuah riset terbaru menyebutkan bahwa jumlah pengguna Facebook turun 15 juta. Angkat yang cukup besar itu dari data yang dibandingkan pada tahun 2017 dan 2019.

Dalam sebuah riset yang diterbitkan oleh Edison Research, belasan juta pengguna yang meninggalkan Facebook didominasi kaum muda.

Penurunan terbesar berasal dari kelompok yang berusia 12 hingga 34 tahun. Data juga menunjukkan bahwa hampir 85 persen orang di Amerika Serikat menggunakan media sosial.

Angka belasan juta itu bukan berarti mereka meninggalkan sepenuhnya media sosial, mereka hanya berganti platform saja.

Banyak orang di Amerika Serikat lebih memilih memilih memposting (di Instagram), mencuit (di Twitter), atau me-snapping (melalui aplikasi Snap).

Data pengguna media sosial berusia 12 tahun ke atas. (Edison Research)
Data pengguna media sosial berusia 12 tahun ke atas. (Edison Research)

 

Ironisnya, dalam waktu yang sama, pengguna Instagram tumbuh secara signifikan.

Presentase populasi yang menggunakan Instagram tumbuh dari 9 persen menjadi 16 persen dalam kurun waktu yang sama (2017 hingga 2019).

Edison Research juga menemukan bahwa lebih dari setengah populasi Amerika Serikat berusia 12 tahun ke atas kini telah mendengarkan podcast.

Survei dalam riset itu tidak secara spesifik mengungkapkan alasan mengapa pengguna meninggalkan Facebook.

Presiden Edison Research, Larry Rosin, menjelaskan bahwa mereka tidak secara khusus bertanya "mengapa kamu menggunakan Facebook lebih sedikit?" Atau "mengapa kamu berhenti menggunakan Facebook?".

Jumlah pengguna Facebook berdasarkan usia dari tahun 2017 hingga 2019. (Edison Research)
Jumlah pengguna Facebook berdasarkan usia dari tahun 2017 hingga 2019. (Edison Research)

 

Namun terlepas dari hal itu, data justru menguat melalui media sosial lain. Isu lain juga berkembang terkait dengan belasan juta orang yang meninggalkan Facebook.

Facebook semakin populer di kalangan orang tua, sementara aplikasi seperti Instagram dan Snapchat justru semakin berkembang di anak muda.

Perpindahan platform media sosial (Facebook ke Instagram atau Snapchat), isu iklan politik di Facebook, dan kebosanan pengguna bisa menjadi kemungkinan berkurangnya pengguna Facebook.

ilustrasi aplikasi media sosial. (Pixabay/ Pixelkult)
ilustrasi aplikasi media sosial. (Pixabay/ Pixelkult)

 

''Lima belas juta adalah angka yang sangat banyak. Itu mewakili sekitar 6 persen dari total populasi AS yang berusia 12 tahun atau lebih tua. Apa yang membuatnya sangat penting adalah itu bagian dari tren. Ini adalah tahun kedua berturut-turut kami melihat angka itu turun,'' kata Rosin dikutip dari Marketplace.org.

Pengguna Facebook yang mulai berkurang belasan juta ini menandakan generasi kekinian lebih memilih platform yang sedang tren saat ini.

Berita Terkait