Internet

Perbandingan Paket Data Internet Unlimited, Mana yang Benar Tanpa Batas?

Operator seluler mana yang memberikan paket data internet yang benar-benar unlimited tanpa batas?

Agung Pratnyawan

Paket data internet unlimited, Indosat Ooredoo vs Smartfren (unsplash/ Luis Villasmil)
Paket data internet unlimited, Indosat Ooredoo vs Smartfren (unsplash/ Luis Villasmil)

Hitekno.com - Beberapa Operator seluler di Tanah Air menawarkan paket data internet unlimited, namun benarkah paket data mereka unlimited tanpa batas?

Dengan mengusung nama Unlimited, paket data ini pasti menarik perhatian pelanggan. Karena pelanggan pasti tergiur akan akses internet tanpa batas.

Pengguna tidak ingin dibatasi kuota atau limit untuk bisa mengakses internet. Mereka ingin selalu bisa terhubung dengan internet kapan pun dan di mana pun.

Saat ini, kata unlimited jadi kata ampuh bagi operator seluler untuk memasarkan paket data internet mereka. Apalagi internet telah jadi kebutuhan pokok banyak orang.

Dari komunikasi chatting, akses media sosial, hiburan, main game, kerja, dan masih banyak kebutuhan lainnya yang memakai internet.

Ilustrasi internet (pixabay)
Ilustrasi internet (pixabay)

 

Saat ini ada dua operator seluler yang tengah gencar memasarkan paket data internet dengan embel-embel unlimited, yaitu Indosat Ooredoo dan Smartfren.

Smartfren sejak September 2018 telah menawarkan paket data internet unlimited 4G bagi semua perangkat. Tak terbas dengan perangkat mereka sendiri.

Seperti diketahui, kini Smartfren telah memakai jaringan 4G yang bisa dipakai di semua smartphone terbaru. Bukan lagi terbatas pada perangkat CDMA seperti dulu.

Smartfren unlimited 4G. (Smartfren)
Smartfren unlimited 4G. (Smartfren)

 

Pesaing Smartfren, ada Indosat Ooredoo yang juga menawarkan paket data internet unlimited. Bahkan memiliki banyak variasi yang bisa dipilih.

Di antara dua operator seluler ini, paket data internet unliminted mana yang benar-benar unlimited? Benar bebas akses internet tanpa batas?

Indosat Ooredoo

Dari situs resmi Indosat Ooredoo, operator seluler ini menawarkan paket data internet ulimited delapan macam. Dari harga Rp 5 ribu, hingga Rp 150 ribu.

Pake data ini tersedia dengan beragam masa aktif 3 hari, 7 hari, dan 30 hari. Dan nampak ramai banyak yang ditawarkan dari paket data ini.

Namun sayangnya, jika dicermati lebih detail, unlimited yang dimaksud Indosat Ooredoo ini adalah tanpa batas untuk beberapa aplikasi saja.

Paket data internet unlimited Indosat Ooredoo Rp 5 ribu dengan masa aktif 3 hari mendapatkan unlimited akses untuk aplikasi YouTube dan Spotify.

Selain itu mendapatkan unlimited sehari-hari untuk aplikasi WhatsApp, Facebook, Twitter, Grab, Gojek, Line, BBM, Telegram, dan Line.

Paket data internet unlimited Indosat Ooredoo. (indosatooredoo.com)
Paket data internet unlimited Indosat Ooredoo. (indosatooredoo.com)

 

Di luar aplikasi tersebut, maka akses internet akan memakan kuota utama. Paket data ini sebenarnya hanya memiliki kuota utama 500 MB saja.

Sama seperti paket data internet unlimited yang seharga Rp 50 ribu dengan masa aktif 30 hari. Paket data ini pakai kuota utama 3 GB saja.

Dengan kata lain, unlimeted yang dimaksud Indosat Ooredoo ini hanya berlaku untuk aplikasi tertentu. Untuk yang lain, harus pakai kuota utama.

Smartfren

Lalu bagaimana dengan Smartfren? Apakah paket data internet unlimited dari Smartfren benar-benar unlimited tanpa batas?

Smartfren hanya menawarkan paket data internet unlimited bulanan seharga Rp 65 ribu dan Rp 100 ribu, juga harian mulai dari Rp 2 ribu perhari.

Bedanya, Smartfren tidak membatasi akses internet apa saja yang masuk ke unlimited ini. Mau Aplikasi, browsing, bahkan game tetap unlimited.

Dalam situs resminya, Smartfren hanya membatasi paket data internet unlimited ini secara masa aktif dan FUP harian saja.

Misalnya, paket data dengan harga Rp 65 ribu, bebas akses internet selama sebulan dengan FUP harian 1 GB saja perhari.

Paket data internet unlimited Smartfren. (Smartfren)
Paket data internet unlimited Smartfren. (Smartfren)

 

Yang dimaksud FUP (Fair Usage Policy) adalah batas pemakaian wajar, jika melampai 1 GB makan kecepatan internet akan disesuaikan bukan diputus.

Walau telah melampaui FUP, pelanggan tetap bisa mengakses internet. Dan keesokan harinya, FUP akan direset ulang ke 0 lagi dan internet kembali ke kecepatan semula.

Kesimpulan

Jadi paket data internet unlimited mana yang benar unlimited? Kasih akses internet tanpa batas? Indosat Ooredoo atau Smartfren?

Paket unlimited dari Indosat Ooredoo memang menarik karena beragam, tinggal pilih sesukanya. Namun jadi ribet, karena hanya unlimited untuk beberapa aplikasi saja.

Secara umum, Smartfren memberikan paket data yang lebih sederhana dan nggak ribet. Meski ada FUP, tapi tetap bisa akses internet untuk apapun.

Kamu bisa memilih sendiri mana yang paket data internet unlimited yang lebih cocok. Indosat Ooredoo atau Smartfren.

Berita Terkait