Prabowo Bisa Pidato Lama Tanpa Baca Teks? Ini Rahasia Sebenarnya

Sebuah alat canggih di baliknya.

Agung Pratnyawan
Selasa, 15 Januari 2019 | 19:24 WIB
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam pidato kebangsaannya bertajuk 'Indonesia Menang' di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Suara.com/ Ria Rizki)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam pidato kebangsaannya bertajuk 'Indonesia Menang' di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Suara.com/ Ria Rizki)

Hitekno.com - Akun Twitter @zarazettirazr mengungkapkan kekagumannya pada kemampuan calon presiden Prabowo Subianto ketika pidato. Menurutnya, Prabowo bisa pidato lama tanpa teks.

Apakah benar Prabowo bisa hafal teks pidatonya yang panjang? Seorang akun Twitter @duniadian pun mengungkap rahasia di balik pidato Prabowo ini.

Menurut Dian Widiyanarko pemilik akun @duniadian tersebut, Prabowo memakai alat canggih yang dinamakan Telepromter dalam berpidato.

Baca Juga: Lagunya Dipakai Kampanye Tim Prabowo, Kill The DJ Murka

Pidato calon presiden Prabowo Subianto. (YouTube/DIGDAYA TV)
Pidato calon presiden Prabowo Subianto. (YouTube/DIGDAYA TV)

Telepromter ini adalah dua layar transparan yang diletakkan di depan atau samping depan tokoh yang sedang berpidato.

Nampak dari foto lain, ada dua layar transparan yang diletakkan di samping depan Prabowo Subianto saat pidato. Tidak lain, alat canggih itu adalah Telepromter.

Kenapa bisa Telepromter ini jadi kunci rahasia pidato Prabowo yang berjam-jam? Karena dari alat inilah bisa ditampilkan teks pidato.

Baca Juga: Meninggalnya Nukman Luthfie Dikaitkan ke Politik, Netizen Marah Besar

Dian widiyanarko menjelaskan Telepromter di Twitter. (Twitter/@duniadian)
Dian widiyanarko menjelaskan Telepromter di Twitter. (Twitter/@duniadian)

''Bisa dibilang contekan atau kerpekan (bahasa Jawa) yang canggih, pengganti teks pidato. Sehingga orang yang sedang pidato tampak seperti pidato tanpa teks.'' tulis Dian Widiyanarko di Twitter.

Dari kedua kaca atau layar transparan inilah terpantul teks pidato yang sudah disiapkan dari layar yang berada di bawahnya.

Kerennya, teks pidato ini bisa tampak jelas dari sisi orang tersebut. Namun tidak tampak apa-apa dari sisi sebaliknya, atau sisi penonton.

Baca Juga: Pantau Perbaikan Jalan Raya Gubeng, Bu Risma Pakai Alat Canggih Ini

Alat canggih ini juga membutuhkan bantuan orang lain sebagai operator. Ia mengendalikan jalannya teks seirama dengan tempo pidato.

Menurut Dian Widiyanarko, alat seperti ini sudah lumrah digunakan di negara maju. Para tokoh menggunakannya untuk pidato maupun public speaking.

Pidato Prabowo memakai Telepromter ini. (YouTube/DIGDAYA TV)
Pidato Prabowo Subianto memakai Telepromter ini. (YouTube/DIGDAYA TV)

Dalam rangkaian tweetnya, Dian Widiyanarko ini juga memberikan contoh beberapa tokoh yang telah memakai Telepromter semacam ini.

Baca Juga: Bongkar Kebohongan mengenai Orang Indonesia Pertama di Everest

''Di Indonesia sendiri masih jarang tokoh yang memakai teleprompter. Yang sering pakai sih selama ini Pak @AburizalBakrie. Bu Megawati juga sering terlihat pakai, tapi terlihat masih kaku atau belum jago, karena sering hanya melihat ke satu sisi. '' tulisnya di Twiiter.

''Bahkan presiden kita pun masih belum terbiasa. Dulu zaman Pak SBY, sempat memakai, dikenalkan oleh timnya Andi Mallarangeng, tapi tidak bertahan lama. Akhirnya kembali ke kerpekan kertas. Pak Jokowi juga memakai contekan kertas atau teks.'' lanjutnya.

Meski dibuat untuk memudahkan, namun ternyata baca teks pidato di Telepromter tidaklah mudah. Karena harus membaca teks yang berjalan.

Selain itu, juga harus bisa kompak dengan operator Telepromter. Tempo gerakan teks dan pidato haruslah bisa seirama.

Karena jika ketinggalan, maka pidato bisa buyar. Begitu juga jika terlalu lamban, orang yang dipato harus mengunggu-nunggu teksnya muncul baru bisa melanjutkan.

Ini penampakan Telepromter dari sisi yang sedang Pidato. (Twitter/@globalsystemAV)
Ini penampakan Telepromter dari sisi yang sedang Pidato. (Twitter/@globalsystemAV)

''Belum lagi kalau ada masalah teknis. Misalnya alatnya rusak. Macet. Atau monitor tiba-tiba blank. Untuk antisipasi ini sih biasanya disediakan teks juga di podium. Tapi susah juga nyambunginnya atau beralihnya. '' ungkapnya dalam akun @duniadian.

Menurut Dian Widiyanarko, bagi operator telepromter pun tidaklah mudah. Apalagi jika bertemu dengan tokoh yang gemar melakukan improvisasi saat pidato.

Operator Telepromter juga harus bisa mengikuti irama pidato. Juga harus paham menyambung ke bagian mana, dan sigap mengubah teks kalau ada revisi dadakan.

Alat canggih seperti Telepromter ini juga berguna untuk menjaga pidato tersebut tidak melebar ke mana-mana. Agar pidato bisa sesuai dengan yang telah direncanakan.

Telepromter ini juga membuat orang yang sedang pidato nampak hafal tanpa mencontek teks. Juga terlihat seolah-olah melihat ke arah penonton terus.

Pidato semacam ini jadi enak untuk dilihat. Dan menurut Dian Widiyanarko, bonusnya dapat pujian ''hebat bisa pidato berjam-jam tanpa teks''.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pidato kebangsaanya di JCC, Senayan, Jakarta. (Suara.com/Walda Marison)
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan pidato kebangsaanya di JCC, Senayan, Jakarta. (Suara.com/Walda Marison)

''Jadi, yang muji-muji bilang pidato @prabowo hebat berjam jam tanpa teks, keliru. Keliru juga yang meledek hanya karena prabowo pake #teleprompter karena itu juga tidak mudah dan tidak semua orang becus. '' tutup rankaian tweet ini.

Pemakaian Telepromter ini bukan cuma dalam sebuah pidato seperti Prabowo Subianto saja. Namun juga dipakai oleh pembaca berita di TV.

Para pembaca berita ini bisa terlihat hafal beritanya dan tidak melihat ke teks. Padahal ada Telepromter yang dipasang di depan kamera.

Itulah rahasia Prabowo Subianto bisa pidato berjam-jam tanpa teks menurut yang diungkap @duniadian. Yaitu dengan alat canggih yang bernama Telepromter ini.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak