Internet

Jangan Sampai Terjebak, Penipuan WhatsApp Gold Kembali Muncul

Waspadalah, waspadalah!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi WhatsApp (HiTekno.com)
Ilustrasi aplikasi WhatsApp (HiTekno.com)

Hitekno.com - Sebelumnya sempat marak aksi penipuan dengan nama WhatsApp Gold. Penipuan ini beredar melalui WhatsApp yang menjanjikan versi premium daari aplikasi chatting yang dinamakan WhatsApp Gold.

Jika kamu siap membayarnya, maka akan terbuka kunci versi khusus WhatsApp yang mencakup fitur tambahan. Padahal WhatsApp Gold ini hanya penipuan belaka.

Awal mulanya, WhatsApp yang dimiliki Facebook membebankan biaya tahunan bagi penggunanya.

Penipuan WhatsApp. (WhatsApp Gold)
Penipuan WhatsApp. (WhatsApp Gold)

 

Tapi dua tahun lalu, scammer tersebar di mana menyarankan ada pembaruan rahasia untuk WhatsApp yang memberi fitur sempurna bagi pengguna yang bisa dibagikan.

Para scammer menyediakan tautan yang seharusnya memungkinkan orang untuk menginstal WhatsApp Gold. Pada kenyataannya, tautan tersebut justru mambawa mereka mengunduh malware.

Penipuan itu mereda setelah beberapa media mengungkapkannya. Namun, scammer lain terus bermunculan dan menggunakan kembali atau memodifikasi trik yang ada.

Penipuan WhatsApp Gold. [Twitter]
Penipuan WhatsApp Gold. [Twitter]

 

Seperti diketahui, WhatsApp memang memperkenalkan fitur-fitur baru akhir-akhir ini. Setiap pembaruan akan terjadi melalui pembaruan aplikasi itu sendiri dan tidak melalui mengklik tautan yang tertanam dalam pesan.

Jika kamu melihat pesan yang menjanjikan fitur tambahan atau peningkatan dan meminta kamu mengisi detail atau mengklik tautan, kamu harus mengabaikan pesan itu dan langsung menghapusnya.

Saran yang sama berlaku sekarang seperti yang terjadi saat ini. Abaikan referensi untuk WhatsApp Gold dan beroperasi dengan WhatsApp biasa kamu! (Suara.com/Dythia Novianty)

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Tipuan WhatsApp Gold Kembali, Jangan Tertipu!

Berita Terkait