Internet

Tak Bisa Diakses, 4 Fakta Menarik Facebook dan Instagram Down

Facebook dan Instagram kembali down.

Dinar Surya Oktarini

Instagram Down/Pixabay
Instagram Down/Pixabay

Hitekno.com - Dua media sosial raksasa Facebook dan Instagram down sehingga tidak bisa diakses penggunanya pada Selasa malam(21/11/2018).

Segera setelah kedua aplikasi tersebut tak dapat diakses, pihak Facebook nampaknya mengkonfirmasinya bahwa terdapat masalah yang menyebabkan platformnya tak bisa diakses.

Diketahui Instagram bukan saja kali ini mengalami down, beberapa kali di tahun 2018 tercatat kurang lebih tiga kali situs jejaring sosial tersebut tak dapat dinikmati penggunanya beberapa saat.

Kedua platform media sosial Facebook dan Instagram down semalam sempat menggegerkan netizen, berikut empat faktanya.

Pengembang Facebook mengkonfirmasi adanya penurunan

Facebook. (pixabay/geralt)
Facebook. (pixabay/geralt)

 

Marissa Hoek, selaku pengembang Facebook memposting bahwa ada masalah pada perusahannya yang menyebabkan beberapa permintaan API untuk mengakses lebih lama atau kegagalan yang tak terduga, saat ini pihaknya sedang menyelidiki masalah ini.

''Saat ini mengalami masalah yang dapat menyebabkan beberapa permintaan API untuk mengambil lebih lama atau gagal secara tidak terduga, kami sedang menyelidiki masalah ini.''

Bahkan pihak pengembang sudah mengeluarkan pernyataan bahwa isu-isu tersebut dapat mempengaruhi produknya termasuk Facebook dan Instagram.

''Kami sadar bahwa beberapa orang saat ini mengalami kesulitan mengakses aplikasi Facebook dan Instagram, kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini secepatnya'' tambah juru bicara Facebook.

Hastags #FacebookDown dan #InstagramDown jadi trending

Situs Instagram tidak bisa diakses pengguna. (Instagram)
Situs Instagram tidak bisa diakses pengguna. (Instagram)

 

Saat terjadi penurunan pada dua aplikasi media sosial Facebook dan Instagram, netizen beramai-ramai membuat hastags #FacebookDown dan #InstagramDown di Twitter.

Dengan cepat hastags ini menduduki puncak trending topik internasional, sebanyak 75,2 ribu mencuitkan #FacebookDown dan sebanyak 27,4 ribu netizen membicarakan mengenai #InstagramDown.

Dapat diakses di beberapa wilayah saja

Facebook. (pixabay/simon)
Facebook. (pixabay/simon)

 

Dilansir dari USA Today, Facebook memang terasa lebih lambat pada hari Selasa di pukul 9 pagi, namun hal itu tidak dirasakan bagi pengguna yang berada di New York dan Los Angeles.

Tetapi beberapa wilayah di Virginia melaporkan masih mengalami gangguna dengan Instagram.

Situs Web Detector melacak kinerja kedua media sosial tersebut, data tersebut menunjukkan bahwa Facebook memiliki masalah untuk pengguna di sepanjang pantai timur Amerika Serikat dan di sebagian besar Eropa Barat.

Seadangkan Instagram menunjukkan masalah yang serupa, namun Instagram tak bisa diakses untuk pengguna di pantai barat.

WhatsApp tetap stabil

WhatsApp/Pixabay
WhatsApp/Pixabay

 

Seperti yang kita ketahui kedua media sosial ini mengalami beberapa penurunan di sepanjang 2018 ini hingga tadi malam, Facebook dan Instagram bersamaan tak dapat diakses di beberapa wilayah.

Namun, WhatsApp yang juga dikelola Facebook nampaknya baik-baik saja dan stabil.

Tidak ada laporan penurunan performa dari aplikasi chatting satu ini.

Diketahui pihak Facebook saat ini tengah menghapus lebih dari 100 akun untuk mengatasi masalah berita hoax.

Kalu kamu gimana, apa semalam Facebook dan Instagram kamu juga down tak dapat diakses ?

Berita Terkait