Serunya Hunting Bareng di Canon Photomarathon Indonesia 2018

Tercatat lebih dari 1.700 peserta mengikuti Canon Photomarathon Indonesia 2018.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 29 Oktober 2018 | 19:00 WIB
Canon Photomarathon Indonesia 2018. (Canon)

Canon Photomarathon Indonesia 2018. (Canon)

Hitekno.com - Kota Yogyakarta mendapatkan keistimewaan ke delapan kalinya penyelenggara Canon Photomaraton Indonesia 2018.

Even yang diikuti ribuan peserta ini tampak dari animo dan antusiasme para pencinta fotografi dalam memeriahkan ajang tahunan Canon PhotoMarathon Indonesia yang telah dihelat di Yogyakarta sejak tahun 2011.

Baca Juga: - Bisa Obesitas, Pemerintah Korea Selatan Larang Tren Mukbang - Halloween Jadi Seru dengan Ide Cosplay Bertema Video Game Ini - Ramai Beri Doa di Postingan Terakhir Facebook Pramugari Lion Air - Ini Lima Penyebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi - Suka Foto, 10 Kamera Smartphone Ini Punya Skor DxOMark Tinggi

Setelah Jakarta, Canon PhotoMarathon Indonesia 2018 diadakan di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma. Sebanyak 1.713 tercatat datang dan berkumpul untuk memperebutkan total hadiah senilai ratusan juta rupiah, trip foto klinik ke destinasi wisata eksotis di Indonesia, serta hadiah utama Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang.

Canon Photomarathon Indonesia 2018. (Canon)
Canon Photomarathon Indonesia 2018. (Canon)

Tidak hanya dari Yogyakarta, para peserta datang dari berbagai penjuru daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera. Wanita dan pria, tua dan muda, semua ikut memeriahkan kompetisi fotografi paling akbar se-Asia ini. Peserta dipersilakan menggunakan berbagai merek kamera digital yang mereka miliki, baik DSLR, mirorrless ataupun kamera saku.

Selain Kategori Umum, para pelajar diberi kesempatan khusus untuk berkompetisi dengan rekan sebayanya di Kategori Pelajar. Para peserta di kategori ini adalah pelajar SD/sederajat hingga tingkat SMA/sederajat.

Selain menguji kemampuan fotografinya, mereka mendapatkan pengalaman baru sembari memperebutkan hadiah menarik di antara rekan sebayanya.

“Yogyakarta begitu istimewa karena memiliki daya tarik yang membuat banyak orang datang ke kota ini. Begitu juga dengan sambutan dan animo peserta yang luar biasa pada setiap penyelenggaraan Canon PhotoMarathon Indonesia di kota ini. Selain untuk mengasah kreativitas fotografi dan berburu hadiah, ajang ini menjadi sarana berkumpul para pecinta foto dari berbagai latar belakang dan daerah. Acara ini merupakan wujud komitmen Canon dalam mendukung kreativitas dan kemajuan fotografi di tanah air,” ujar Merry Harun – Canon Division Director pt. Datascrip.

Setelah tata tertib dan peraturan dibacakan, panitia langsung mengumumkan tema 1, yaitu “Presisi”. Seusai sesi tema 1, panitia mengumumkan tema 2, yaitu “Bersatu”, dilanjutkan dengan sesi terakhir yang mengusung tema “Tak Lekang oleh Waktu”. Dengan waktu yang terbatas, para peserta ditantang kreativitasnya untuk mengekspresikan masing-masing tema lewat bidikan foto terbaiknya.

Di akhir sesi, bagi yang menyelesaikan tiga tema akan mendapatkan medali layaknya marathon sesungguhnya.

Foto-foto terbaik karya para peserta langsung dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para fotografer ternama dari beragam latar belakang fotografi, yaitu: Dudi Sugandi, Fachry Latief, Rarindra Prakarsa, Sambodo, Sandriani Permani, dan Sutomo.

Canon Photomarathon Indonesia 2018. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Canon Photomarathon Indonesia 2018. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Di sela menanti pengumuman juri, para peserta disuguhi wawasan dan pengalaman fotografi dari para fotografer terkenal di sesi ProTalk bersama WS. Pramono, Mancil Harsoyo dan Monica Anantyowati.

Peserta juga disuguhi berbagai permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara. Tak ketinggalan, penampilan aktris layar kaca dan layar lebar sekaligus penyanyi rap Adila Fitri yang menghibur dengan lagu-lagunya yang memberikan semangat para peserta yang sedang menunggu hasil keputusan dewan juri.

Rangkaian acara diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah. Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2018 – Yogyakarta diraih oleh Muhana Syafiqudarry.

Pemenang Canon Photomarathon Indonesia 2018. (Canon)
Pemenang Canon Photomarathon Indonesia 2018. (Canon)

Ia berhak membawa pulang Kamera DSLR Canon EOS 750D dan lensa Canon EF-S 18-55mm, serta mengikuti Trip PhotoMarathon Asia Championship ke Jepang bersama dengan juara umum dari Canon PhotoMarathon Indonesia – Tangerang, yang akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2018 lainnya.

Berita Terkait

TERKINI

Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Meski usaia kandungan sudah lima bulan, Nella Kharisma tetap nekat Pargoy.
internet | 11:45 WIB
Untuk pembelian Kids Combo, pelanggan malah akan mendapat buku alih-alih mainan.
internet | 19:55 WIB
Der Leyen menyatakan dalam sebuah video yang diterbitkan di Twitter bahwa lebih dari 100.000 perwira militer Ukraina telah terbunuh.
internet | 19:49 WIB
"Detik-detik terciptanya anak sultan," kata netizen.
internet | 17:55 WIB
Lukaku nampak kecewa dan menangis karena tak bisa mencetak gol.
internet | 16:26 WIB
Pintu anti mainstream ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 15:55 WIB
Meme Lukaku beredar viral di media sosial.
internet | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak