Internet

Bisa Obesitas, Pemerintah Korea Selatan Larang Tren Mukbang

Kamu setuju atau tidak dengan keputusan ini?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Mukbang. (youtube/Peggie Neo)
Mukbang. (youtube/Peggie Neo)

Hitekno.com - Maraknya tren mukbang di YouTube dan media sosial lainnya membuat pemerintah Korea Selatan khawatir dengan masalah obesitas. Pemerintah Korea Selatan lalu mencoba untuk membatasi penyebaran mukbang ini secara online.

Mukbang memang sedang menjadi tren online yang populer di mana seseorang akan merekam dirinya sedang memakan makanan dengan jumlah yang banyak.

Tak jarang, banyak YouTuber populer yang menjadikan mukbang sebagai konten YouTube miliknya. Salah satu yang begitu diminati oleh penonton YouTube adalah mukbang yang dilakukan oleh orang Korea Selatan.

Menangani hal ini, pemerintah Korea Selatan melalui Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan menyatakan bahwa pada 2019 mendatang, pemerintah akan mengembangkan pedoman mukbang untuk media, siaran TV, dan internet.

Mukbang. (youtube/EriktheElectric)
Mukbang. (youtube/EriktheElectric)

Ketentuan ini akan menjadi bagian dari program anti obesitas yang dirancangkan oleh pemerintah terlebih secara umum sedang dikembangkan oleh negara di Asia Timur.

Mengingat menurut data, pada tahun 2016, sekitar 34,8 persen penduduk Korea Selatan diklasifikasikan sebagai penderita obesitas. Angka ini meningkat sebanyak 26 persen dari tahun 1998.

Tren mukbang awalnya memang bermula dari Korea Selatan pada awal tahun ini. Sudah mendunia, tren ini ternyata disebut mempromosikan kebiasaan makan yang buruk.

Larangan mukbang dari pemerintah Korea Selatan ini ternyata tidak langsung ditanggapi oleh banyak pelaku konten ini.

Yasigi, seorang YouTuber dengan lebih dari 100.000 subscriber menentang aturan ini. Menurutnya, aturan ini adalah sebuah kediktatoran yang bisa menghancurkan kebahagiaan orang-orang.

Mukbang. (youtube/Food Tales)
Mukbang. (youtube/Food Tales)

Pemilik akun YouTube Jungbum juga tidak setuju dengan ini karena ia tidak percaya jika pembatasan akan membuat perbedaan pada epidemi obesitas sebuah penduduk negara.

Menurutnya, teman-temannya merasa bahwa konten mukbang miliknya memberikan kepuasan tersendiri apalagi jika penontonnya itu sedang dalam masa diet.

Walaupun banyak yang tidak setuju, ternyata banyak juga yang setuju dengan ketentuan pemerintah ini. Beberapa di antaranya berpendapat jika mukbang perlu diwaspadai karena dapat dengan mudah mempengaruhi remaja.

Kalau kamu, setuju nggak jika pemerintah Indonesia ikut melarang mukbang seperti pemerintah Korea Selatan?

Berita Terkait