Internet

Pastikan Pesawat Lepas Landas, Petugas ATC Jadi Korban Gempa Palu

Selalu ada pahlawan di balik musibah.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)
Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)

Hitekno.com - Gempa berkekuatan 7,7 SR baru saja mengguncang Sulawesi bagian Barat. Gempa Sulawesi ini membuat Palu, Sulawesi Tengah dihantam tsunami yang sukses melumpuhkan aktivitas di kota tersebut.

Pasca gempa, Bandara Mutiara Sis Al Jufri resmi ditutup sementara hingga 29 September 2018. Selain ditutupnya bandara, bencana tsunami ini juga memakan sejumlah korban jiwa dan melumpuhkan komunikasi di kota Palu.

Salah satu korban dari musibah ini adalah Anthonius Gunawan Agung, petugas Air Trafic Controller (ATC) AirNav Indonesia cabang Palu.

Hal ini disampaikan oleh akun resmi AirNav Indonesia @AirNav_Official dalam cuitannya Jumat (28/09/2018).

Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)
Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)

 

Anthonius Gunawan Agung yang sedang bertugas saat terjadi guncangan gempa yang disusul tsunami ini sempat memastikan pesawat Batik Air lepas landas hingga pesawat tersebut airbrone dengan selamat sebelum akhirnya meninggalkan cabin tower ATC.

Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6231 ini terbang dari Bandara Mutiara AI Jufri, Palu, sesuai jadwal, yaitu pada pukul 17:55 WITA.

Pada saat yang sama, gempa yang disusul tsunami terjadi di Palu. Anthonius tetap duduk dikursinya, memastikan tugasnya selesai, dan gugur dalam tugas.

Bersama cuitannya ini, AirNav Indonesia menyampaikan rasa duka mendalam dan mendoakan agar Almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Banyak ucapan bela sungkawa disampaikan oleh netizen sesama pengguna Twitter. Di antaranya menyampaikan rasa kagum terhadap sosok Anthonius Gunawan Agung.

''Turut berduka cita...Saya dengar Saudara Anthonius sedang memandu pesawat yg sedang Take Off dan Dia bertahan sampai pesawat selamat take off. Sungguh heroik. Salut..semoga Tuhan memberi tempat yg mulia di sisi Nya.Amin'' tulis pemilik akun dengan nama @infallibilti1.

''Allahu Akbar.... ia bukan hanya menyelamatkan penerbangan yg sdg dipandunya tetapi ia juga menjalankan tugas dgn sempurna... itulah PAHLAWAN Penerbangan yg sejati.... semoga Tuhan memberikan tempat yg paling layak... Amiin....!'' tulis @dkarhita.

''RIP saudara Anthonius Agung.. Semoga diterima di pangkuan Bapa. Dan untuk keluarga yg ditinggalkan, diberi ketabahan.. Amin'' komentar @Mei27301K.

''Turut Berduka cita, kepahlawananmu, spiritmu, nasionalismu atas nama kemanusiaan akan selalu kami ingat. Anthon, Tempatmu indah di Sorga'' tulis @sometheese.

Aktris Kirana Larasati juga turut menyampaikan pesan bela sungkawanya. Menurutnya, Anthonius Gunawan Agung adalah anak muda yang penuh tanggung jawab yang rela mengorbankan nyawanya demi keselamatan banyak orang.

Gempa dan Tsunami Palu. (twitter/_kiranalara)
Gempa dan Tsunami Palu. (twitter/_kiranalara)

 

Selain Anthonius Gunawan Agung, hingga tulisan ini selesai dibuat, BNPB mengonfirmasi bahwa tercatat sudah ada 384 orang menjadi korban jiwa dari gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi ini.

Berita Terkait