Pastikan Pesawat Lepas Landas, Petugas ATC Jadi Korban Gempa Palu

Selalu ada pahlawan di balik musibah.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Sabtu, 29 September 2018 | 18:43 WIB
Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)

Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)

Hitekno.com - Gempa berkekuatan 7,7 SR baru saja mengguncang Sulawesi bagian Barat. Gempa Sulawesi ini membuat Palu, Sulawesi Tengah dihantam tsunami yang sukses melumpuhkan aktivitas di kota tersebut.

Pasca gempa, Bandara Mutiara Sis Al Jufri resmi ditutup sementara hingga 29 September 2018. Selain ditutupnya bandara, bencana tsunami ini juga memakan sejumlah korban jiwa dan melumpuhkan komunikasi di kota Palu.

Salah satu korban dari musibah ini adalah Anthonius Gunawan Agung, petugas Air Trafic Controller (ATC) AirNav Indonesia cabang Palu.

Baca Juga: Curhatan Sedih Anak Driver Ojol yang Ayahnya Sering Terima Cancel

Hal ini disampaikan oleh akun resmi AirNav Indonesia @AirNav_Official dalam cuitannya Jumat (28/09/2018).

Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)
Anthonius Gunawan Agung. (twitter/AirNav_Official)

Anthonius Gunawan Agung yang sedang bertugas saat terjadi guncangan gempa yang disusul tsunami ini sempat memastikan pesawat Batik Air lepas landas hingga pesawat tersebut airbrone dengan selamat sebelum akhirnya meninggalkan cabin tower ATC.

Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6231 ini terbang dari Bandara Mutiara AI Jufri, Palu, sesuai jadwal, yaitu pada pukul 17:55 WITA.

Baca Juga: Kirimi Tulisan Najwa Shihab tentang PNS, Pria Ini Malah Kena Omel

Pada saat yang sama, gempa yang disusul tsunami terjadi di Palu. Anthonius tetap duduk dikursinya, memastikan tugasnya selesai, dan gugur dalam tugas.

Bersama cuitannya ini, AirNav Indonesia menyampaikan rasa duka mendalam dan mendoakan agar Almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Banyak ucapan bela sungkawa disampaikan oleh netizen sesama pengguna Twitter. Di antaranya menyampaikan rasa kagum terhadap sosok Anthonius Gunawan Agung.

Baca Juga: Dapat Penumpang Asal Spanyol, Driver Ojol Ini Postingkan Hal Lucu

''Turut berduka cita...Saya dengar Saudara Anthonius sedang memandu pesawat yg sedang Take Off dan Dia bertahan sampai pesawat selamat take off. Sungguh heroik. Salut..semoga Tuhan memberi tempat yg mulia di sisi Nya.Amin'' tulis pemilik akun dengan nama @infallibilti1.

''Allahu Akbar.... ia bukan hanya menyelamatkan penerbangan yg sdg dipandunya tetapi ia juga menjalankan tugas dgn sempurna... itulah PAHLAWAN Penerbangan yg sejati.... semoga Tuhan memberikan tempat yg paling layak... Amiin....!'' tulis @dkarhita.

''RIP saudara Anthonius Agung.. Semoga diterima di pangkuan Bapa. Dan untuk keluarga yg ditinggalkan, diberi ketabahan.. Amin'' komentar @Mei27301K.

Baca Juga: Jangan Tukar Password dengan Pacar, Ini Alasannya

''Turut Berduka cita, kepahlawananmu, spiritmu, nasionalismu atas nama kemanusiaan akan selalu kami ingat. Anthon, Tempatmu indah di Sorga'' tulis @sometheese.

Aktris Kirana Larasati juga turut menyampaikan pesan bela sungkawanya. Menurutnya, Anthonius Gunawan Agung adalah anak muda yang penuh tanggung jawab yang rela mengorbankan nyawanya demi keselamatan banyak orang.

Gempa dan Tsunami Palu. (twitter/_kiranalara)
Gempa dan Tsunami Palu. (twitter/_kiranalara)

Selain Anthonius Gunawan Agung, hingga tulisan ini selesai dibuat, BNPB mengonfirmasi bahwa tercatat sudah ada 384 orang menjadi korban jiwa dari gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi ini.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak