Kisah Selamat dari Bom Nuklir Hiroshima Karena Tali Sepatu

"My grandpa might not have gone to high school, but high school saved his life.."

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Selasa, 18 September 2018 | 17:00 WIB
Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)

Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)

Hitekno.com - Sebuah video dari akun YouTube Kento Bento menjadi viral. Dalam video tersebut, Kento bercerita mengenai pengalaman kakeknya bernama Hiroharu yang selamat dari bom nuklir Hiroshima-Nagasaki.

YouTuber dengan total subscriber 365.000 ini mengungkap kisah lain dari kejadian bersejarah dan mengerikan yang terjadi di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 tersebut.

Saat itu, kakeknya yang berumur 18 tahun, tinggal di Miyazaki, Jepang sejak 1930. Sang kakek memilih menjadi seorang tukang kayu dan tidak melanjutkan sekolahnya.

Baca Juga: Fans Berkreasi dengan Fitur AR di Idolmaster Cinderella Girls

Sebagai pria Jepang yang sedang berada di situasi perang, kakeknya diharuskan mengikuti wajib militer. Ia lalu ditempatkan di Hiroshima.

Dalam pasukan tempatnya bertugas, Hiroharu menjadi yang termuda yang membuatnya menggantungkan seluruh harapan pada rekan satu timnya.

Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)
Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)

Tepat pada pukul 8:00 AM di Hiroshima, ia dan pasukannya melakukan patroli. Salah satu dari mereka lalu melihat pesawat Enola Gay B-29 milik Amerika Serikat sedang terbang di atas kota tersebut pada pukul 8:10 AM.

Baca Juga: Masih Alay, Jejak Digital Postingan Para Atlet di Media Sosial

Beberapa warga Hiroshima yang sedang melakukan kegiatan di pagi hari, merasa tidak curiga dan menganggap bahwa pesawat tersebut sedang melakukan patroli.

Namun, pada pukul 8:15 AM, seseorang melihat pesawat tersebut melepas sesuatu dari badan pesawat. Perintah untuk segera berlindung langsung disuarakan.

Seluruh warga yang berada di lokasi tersebut lalu berlari menyelamatkan diri, termasuk tim Hiroharu.

Baca Juga: Thread Majikan Pergoki Grup ART untuk Share Barang Curian

Karena bertubuh pendek, si kakek sering tertinggal dari timnya. Saat sedang berlari, tali sepatu miliknya terlepas sehingga membuatnya harus berhenti berlari dan mengikatnya ulang.

Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)
Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)

Menurut Kento, kakeknya tidak mengingat berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk mengikat tali sepatu. Namun, saat ia berdiri, yang ia temukan malah seluruh anggota tim sudah tidak bersama dengannya.

Ia lalu buru-buru mencari anggota grupnya yang lain hingga tiba di sebuah jalan bercabang. Hiroharu lalu memilih untuk mengikuti jalan ke kiri.

Baca Juga: Koleksi Barang Antik, Netizen Ini Buat Thread Rumah Berhantu

Melewati perumahan warga hingga sebuah sekolah, ia masih belum juga bertemu dengan anggota tim.

Tepat saat ia berada di sisi bangunan sekolah tersebut, bom nuklir dari Enola Gay B-29 meledak menghancurkan seluruh Hiroshima.

Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)
Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)

Sesaat setelah bom tersebut menghancurkan Hiroshima, si kakek terbangun dan menemukan seluruh kota hancur lebur dan beberapa korban terbakar hangus. Beberapa lainnya terluka parah dengan kulit mengelupas meleleh karena efek radiasi.

Ia lalu mencoba menolong beberapa korban radiasi yang hanya mampu bertahan beberapa hari setelah kejadian tersebut.

Setelah keadaan membaik, Hiroharu lalu menelusuri jalan saat dirinya kehilangan anggota timnya. Ketika sampai di jalan bercabang yang saat kejadian ia temui, ia memilih untuk ke arah kanan.

Yang ia temukan malah tubuh anggota timnya yang hangus karena ledakan hebat tersebut.

Satu hal yang membuat dirinya selamat adalah tembok play ground yang berada di lingkungan sekolah tersebut. Tembok itu melindungi tubuhnya dari ledakan. Sedangkan warna tembok yang cerah, membuat radiasi dari bom nuklir tersebut memantul dan tidak memberikan efek apapun padanya.

Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)
Kisah kakeknya selamat dari kejadian Hiroshima. (youtube/kentobento)

Setelah kejadian tersebut, Hiroharu memilih untuk menata hidupnya, menikah, dan menjadi tukang kayu seperti yang pernah ia jalani.

''My grandpa might not have gone to high school, but high school saved his life..'' ungkapnya mengenai si kakek yang tidak menyelesaikan sekolahnya, namun sebuah sekolah berhasil menyelamatkan nyawanya.

Video dengan judul ''How My Grandpa Survived The HIROSHIMA ATOMIC BOMB'' ini sudah ditonton oleh sebanyak 2.394.266 viewers. Simak videonya di bawah ini ya.

Video Kento mengenai Hiroharu yang selamat dari bom nuklir Hiroshima karena tali sepatu ini dibuatnya sebagai untuk mengenang si kakek yang sudah meninggal di usia 88 tahun karena tumor.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak