Modern, Beberapa Hal Ini Sudah Digantikan Smartphone

Nomor 3 paling dibutuhkan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Senin, 17 September 2018 | 14:30 WIB
Ilustrasi smartphone. (Pixabay)

Ilustrasi smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Semakin modernnya zaman, teknologi juga semakin berkembang dan memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu hasil dari perkembangan zaman yang modern adalah teknologi smartphone.

Smartphone kini hadir dengan macam-macam fitur menarik yang semakin memudahkan pekerjaan manusia. Belum lagi dengan berbagai media sosial yang semakin membuatmu susah terpisah dari perangkat satu ini.

Smartphone berubah fungsi menjadi sumber pencari informasi, kamera, penerjemah, hingga berbagai hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan olehmu.

Baca Juga: Xiaomi Mi 8 Youth Bakal Hadir dengan 2 Warna Gradasi

Hanya dengan satu perangkat yang ada dalam genggamanmu, beberapa hal sebelumnya yang membutuhkan perangkat lainnya kini dapat tergantikan.

Berikut beberapa hal yang sudah digantikan oleh smartphone.

1. Menghitung Kalori

Baca Juga: Unik dan Aneh, Deretan Gadget Ini Hanya Kamu Temukan di Jepang

Calorie Counter. (Google Play Store)
Calorie Counter. (Google Play Store)

Untuk perempuan yang terbebani dengan program diet, memakan makanan dengan jumlah kalori besar tentu adalah mimpi buruk.

Namun, kamu tidak bisa selalu menghitung jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi. Menangani hal ini, sekarang ada aplikasi yang berfungsi menghitung kalori makanan.

Aplikasi tersebut adalah Calorie Counter yang mampu memberikanmu informasi mengenai kadar kalori dari makanan yang akan kamu konsumsi.

Baca Juga: Smartphone Gaming Razer Phone 2 Akan Diungkap Pada Oktober 2018

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu memotret makanan yang akan kamu konsumsi, dan Calorie Counter langsung secara otomatis menghitungnya untukmu.

2. Mesin Scanner

CamScanner-Phone PDF Creator. (Google Play Store)
CamScanner-Phone PDF Creator. (Google Play Store)

Dulu, jika ingin melakukan scan, kamu perlu memiliki mesin scan yang terhubung dengan laptop dan komputer. Cara lama ini tentu sangat ribet.

Baca Juga: Tampil Cantik dengan Poni Mungil, Ini Spesifikasi Vivo V11 Pro

Saat sedang terburu-buru dan harus melakukan scan dokumen penting sekarang bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi CamScanner-Phone PDF Creator.

Aplikasi ini membantumu melakukan scan dokumen, kartu nama, dan tagihan.

Kamu hanya perlu mengarahkan kamera dari aplikasi ini ke buku atau tulisan yang ingin kamu scan. Dan secara otomatis aplikasi ini akan memberikan file buku dan tulisan itu ke smartphone kamu.

3. Dompet

Jenius. (Google Play Store)
Jenius. (Google Play Store)

Dompet sering kali menjadi hal krusial yang wajib kamu bawa setiap saat. Jika ketinggalan atau hilang, tentu akan banyak kerugian yang akan kamu dapati.

Sekarang, seluruh masalah keuanganmu dapat diatur melalui smartphone. Ketinggalan dompet atau kehilangan dompet sudah tidak lagi menjadi masalah.

Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Jenius dari BTPN di smartphone. Dengan aplikasi ini, kamu akan secara otomatis membuat rekening baru dan mendapat kartu debit Jenius yang bisa digunakan untuk semua transaksi. Transaksi ini akan langsung tercatat di aplikasi Jenius.

Tenang saja, kartu debit ini sudah berlabel VISA yang memungkinkan kamu untuk melakukan penarikan tunai dari seluruh ATM dan transaksi di luar negeri.

Jika kartu debitmu hilang, kamu bisa langsung melakukan pemblokiran melalui aplikasi di smartphone. Tidak perlu repot menghubungi bank yang bersangkutan dong.

4. P3K

First Aid. (Google Play Store)
First Aid. (Google Play Store)

Sekarang, jangan panik jika menghadapi keadaan genting yang membutuhkan pertolongan cepat pada kecelakaan. Kamu bisa mengetahui beberapa pertolongan dengan menggunakan aplikasi smartphone.

Kini di Play Store, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi P3K bernama First Aid. Aplikasi ini tentu sangat membantumu dalam keadaan darurat.

Kamu akan menemukan beberapa panduan sederhana yang akan sangat berguna sebagai pertolongan pertama dalam keadaan genting.

5. Universal Remote

Easy Universal TV Remote. (Google Play Store)
Easy Universal TV Remote. (Google Play Store)

Salah satu masalah yang sering kamu temui saat berada di rumah adalah mencari remote TV. Perangkat ini sering kali terselip dan sulit ditemukan.

Namun, itu dulu. Sekarang kamu dapat melakukan kontrol melalui smartphone untuk seluruh perangkat elektronik yang menggunakan remote.

Beberapa perangkat seperti televisi, DVD player, AC, hingga game konsol dapat dikendalikan dalam satu aplikasi bernama Easy Universal TV Remote.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena bisa menggunakan IR port di smartphone.

Deretan aplikasi di atas yang sudah mampu menggantikan beberapa hal dengan smartphone ini memang multifungsi dan serba praktis. Kamu pernah mencobanya?

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak