Internet

Kreatif, Pria Ini Buat Font dari Bentuk Tulisan Tangan Jokowi

Duh keren juga, unduh yuk.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Font Jekawe. (twitter/arwanOD)
Font Jekawe. (twitter/arwanOD)

Hitekno.com - Pada Jumat (31/08/2018) akun Twitter dengan username @arwanOD mengunggah font buatannya dari bentuk tulisan tangan Presiden Jokowi.

Font yang ia beri nama Jekawe ini diakuinya tanpa ada muatan politis apapun, dan merupakan bentuk apresiasinya pada Presiden Republik Indonesia.

Arwan juga menegaskan bahwa siapa saja bisa menggunakan font yang bisa diunduh secara gratis di akhir thread Twitter yang ia buat.

Dalam thread-nya, Arwan juga menjelaskan asal mula dirinya mendapat tulisan tangan Jokowi.

Menurutnya, ia hanya menggunakan Google dan mencari tulisan tangan Jokowi untuk menjadi acuan pembuatan basic character font Jekawe.

Menjelaskan sedikit mengenai prosesnya, Arwan pada mulanya mendapat 6 varian dari tiap karakter lowercase Jekawe.

Terkendala dengan referensi, pembuata uppercase, number, symbol, dan punctuation dibuatnya dengan sedikit improvisasi yang tidak terlalu melenceng dari basic tulisan Jokowi.

Beberapa huruf dari tulisan tangan Jokowi seperti a, b, d, i, m, 2, 5, dan 7 dianggapnya memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk memberikan kesan tulisan tangan, font Jekawe ini dibekali dengan fitur opentype yang membuatnya menjadi auto-random.

Di akhir cuitannya, Arwan mengunggah situs agar pengikut Twitter-nya bisa langsung mengunduh font resmi tulisan tangan Jokowi bernama Jekawa yang adalah buatannya.

Menambah fiturnya, Arwan juga menyertakan tipe file TTF agar pengguna Android dapat menggunakan font Jekawe ini.

Banyak netizen yang mengapresiasi kreatifitas Arwan ini dan langsung ingin mencoba font berbentuk tulisan tangan Presiden Jokowi ini.

''Saya bangga dan memutuskan menjadi fan anda'' tulis @dex_tunggu.

''Jadi pak jokowi enak nih klo lg males nulis tangan bisa pake font ini... Udah kaya tulisan dia bener.. Keren mas arman'' komentar @just_iema.

Ada juga netizen yang langsung mencoba font Jekawe buatan Arwan ini lho. Keren nggak?

Yang penasaran untuk mencoba font dari bentuk tulisan tangan Presiden Jokowi, langsung masuk ke thread Arwan dan unduh ya.

Berita Terkait