Internet

Pakai Komputer Jadul Apple, Pinot Buat Animasi Donald Glover

Pinot yang tinggal di New York, Amerika Serikat ini membuat animasi dari Donald Glover, penyanyi yang melantunkan lagu This Is America yang juga dikenal dengan nama panggung Childish Gambino.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Animasi Childish Gambino/Pinot Twitter
Animasi Childish Gambino/Pinot Twitter

Hitekno.com - Pada Jumat (06/07), seorang animator asal Indonesia bernama Wahyu Ichwandardi atau yang dikenal di media sosial dengan nama Pinot, mengunggah sebuah animasi Donald Glover karyanya yang dibuat menggunakan komputer jadul milik Apple.

Pinot yang tinggal di New York, Amerika Serikat ini membuat animasi Donald Glover, penyanyi yang melantunkan lagu This Is America yang juga dikenal dengan nama panggung Childish Gambino.

Bulan Mei lalu, video musik dari Childish Gambino yang berjudul This Is America memang sangat mencuri perhatian pengguna media sosial.

Pasalnya, musik easy listening dan lirik lagu epic ini dipadukan dengan konsep video musik yang simple namun memiliki banyak pesan tersirat yang merupakan kritikan.

Video klip milik pria bernama asli Donald Glover ini sukses mendapat lebih dari 300 juta viewers dan 6 juta likers hanya dalam waktu 2 bulan sejak dirilis.

Untuk membuat karyanya yang super keren ini, Pinot menggunakan komputer Apple jadul keluaran tahun 1985.

Dalam karya animasi yang ia buat sejak 9 Juni 2018 ini, Pinot mencoba untuk membuat animasi dari setiap gerak Donald Glover dalam video klip tersebut dengan MacPaint.

twitter.com/pinot
twitter.com/pinot

Setelah melalui proses yang panjang, tepat pada 12 Juni 2018, Pinot mengunggah tes gif pertama dari animasi Donald Glover yang ia buat.

Pada 23 Juni 2018, Pinot mengunggaah perlengkapan dari komputer jadul Apple yang ia gunakan.

Antara lain, Macintosh 128K with MacPaint 1.5 & Summagraphics MacTablet, Macintosh SE with MacroMind VideoWorks & Apple 1GB External SCSI hard drive, serta BMOW Floopy Emu untuk transfer data dari SD card.

twitter.com/pinot
twitter.com/pinot

Pada 26 Juni 2018, seluruh animasi gerakan dance dari Donald Glover berhasil Pinot selesaikan.

twitter.com/pinot
twitter.com/pinot

3 Juli 2018, Pinot mengaku mengalami kesusahan untuk membuat animasi gerak Donald Glover.

Hal ini karena pada video klip tersebut, seluruh tubuh Glover tidak disorot, sehingga Pinot perlu untuk menebak dimana letak kaki Glover saat melakukan gerakan tersebut.

"One of the challenge for traditional motion capture: need to create the motion based on the suggestion. In this part, Donald's feet are out frame. Need to suggest where his feet land, spin & stop." tulisnya dalam akun Twitter miliknya.

Tepat 9 Juli 2018, setelah satu bulan dengan karyanya ini, Pinot berhasil membuat animasi dengan 470 frames dan 38 detik tarian Donald Glover.

Dalam akun Instagram miliknya @pinot, video animasi yang ia unggah berhasil ditonton sebanyak 3 juta kali dan mendapat 5000 komentar.

Tidak hanya di Instagram, berbagai pengguna Twitter juga membanjiri kolom komentar dari mahakarya milik Pinot. Membanggakan sekali ya karya anak bangsa ini.

Untuk kamu yang belum melihat hasil animasi video This Is America milik Childish Gambino, simak di bawah ini ya.

 

Itulah video animasi Childish Gambino yang dibuat Pinot dengan Macintosh jadul ini. Bagaimana? Keren kan?

Berita Terkait