Uni Eropa Larang Meme dan Gunakan Mesin Sensor

Peraturan yang disahkan beberapa hari yang lalu sangat kontroversial di kalangan netizen. Terutama pada peraturan pajak, penerapan mesin sensor, dan pelarangan meme.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
Minggu, 24 Juni 2018 | 15:30 WIB
Sumber: The Next Web

Sumber: The Next Web

Hitekno.com - Komite Parlemen Eropa untuk Urusan Hukum baru saja melakukan voting untuk peraturan baru mengenai Reformasi Hak Cipta. Hal ini menyinggung pula soal penggunaan mesin sensor dan meme.

Hasil dari voting ini dimenangkan oleh pemilih "ya" yang mendukung peraturan tersebut.

Peraturan yang disahkan empat hari yang lalu ini menuai kontroversial di kalangan netizen. Terutama pasal 11 dan 13 yang secara efektif akan menetapkan peraturan pajak, penerapan mesin sensor, dan pelarangan meme.

Baca Juga: Jaringan Wi-Fi Publik di Gelaran Piala Dunia 2018 Rawan Hacker

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, banyak netizen yang menggunakan meme sebagai sarana pengungkapan pendapat, sindiran, dan lelucon sehingga mudah dipahami oleh netizen lainnya.

Sumber: 9gag
Sumber: 9gag

Terdapat perlawanan keras dari para aktivis internet, pelobi bisnis, dan anggota dari Parlemen Eropa (MEPs) sebelum peraturan tersebut lolos.

Baca Juga: Panasonic Toughbook FZ-T1, Si Kecil Cabe Rawit

Namun semuanya sia-sia ketika pasal-pasal itu disahkan dengan sistem voting yang memenangkan suara mayoritas dengan perbandingan 13:12 dan 15:10.

Dilansir dari The Next Web, para penentang yang tidak setuju dengan adanya link tax dan mesin sensor berpendapat bahwa peraturan itu dapat mengancam keterbukaan internet dan membuat netizen kurang bebas mengekspresikan pendapatnya.

Sumber: The Next Web
Sumber: 9gag

Baca Juga: Oppo A3 Sudah Mulai Dijual di Taiwan, Ini Harganya

Pasal 11 (link tax) akan memaksa siapa pun yang menggunakan cuplikan online jurnalistik untuk mendapatkan lisensi dari perbit terlebih dahulu.

Peraturan ini dikkalim oleh pihak oposisi akan mengancam hiperlink dan memberikan kekuatan kepada penerbit untuk mengancam opini publik.

Pasal 13 (mesin sensor) akan membuat platform yang bertanggung jawab untuk memantau perilaku pengguna sehingga dapat menghentikan pelanggaran hak cipta.

Baca Juga: Dukungan VR di Xbox Tidak Lagi Menjadi Fokus Microsoft

Hal ini ditakutkan hanya platform besar saja yang akan memiliki sumber daya untuk membiarkan pengguna berkomentar atau berbagi konten.

Sumber: The Next Web
Sumber: 9gag

Orang-orang yang menentang pasal ini mengkhawatirkan penyensoran lebih luas, sehingga mengancam kebebasan berbicara melalui parodi, sindiran, dan bahkan video yang berisikan protes.

Namun Peraturan tersebut belum final, masih ada cara untuk merubahnya. Pleno adalah alat parlemen Eropa yang akan membawa masalah keluar dari komite dan mempunyai hak suara di Parlemen tersendiri.

Pleno memiliki 751 suara anggota parlemen bukan hanya 25 saja seperti pada Komite Parlemen Eropa untuk Urusan Hukum.

Tapi perlu ada dukungan yang cukup di Parlemen agar hal ini bisa terjadi. Para oposisi sudah memulai menggalang dukungan untuk sesi Pleno.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak