Internet

Kini Kecerdasan Buatan Bisa Melucu Hingga Bikin Meme Sendiri

Insiyur Jepang mengembangkan kecerdasan buatan yang bisa melucu hingga membuat meme sendiri

Agung Pratnyawan

Artificial Intelligence/memegenerator
Artificial Intelligence/memegenerator

Hitekno.com - Lelucon dan meme lucu biasa dibuat oleh seseorang yang punya bakat melucu. Lalu apa jadinya jika semua itu dilakukan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)?

Para ilmuwan telah merancang komputer menulis lelucon yang juga bisa membuat meme yang lucu. Insinyur Jepang ingin melihat apakah komputer dapat diprogram untuk menghasilkan tawa, yang merupakan 'fungsi khusus yang lebih tinggi yang hanya dimiliki manusia'.

Mereka melatih jaringan saraf dengan memaparkan ratusan meme dari situs web Jepang Reddit yang disebut Bokete Ogiri. Kecerdasan buatan itu belajar apa yang dianggap lucu dengan menganalisis peringkat bintang yang diberikan kepada meme, sebelum secara otomatis memproduksi sendiri.

Seperti diketahui, sebuah meme adalah gambar lucu yang sering memuat teks lucu. Meme pun menggambarkan sesuatu yang dekat dengan keseharian kita.

Namun, meme yang dibuat kecerdasan buatan tampaknya agak sulit dibayangkan karena pada dasarnya tingkat humor tiap orang di setiap wilayah pun berbeda-beda. Meskipun begitu, para ilmuwan ini masih terus berusaha untuk menghasilkan teks yang bisa membuat tertawa.

"Kami mengusulkan metode untuk menghasilkan teks yang membuat tawa. Kami secara efektif melatih generator teks lucu," tulisnya.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Kecerdasan Buatan Kini Bisa Bikin Meme dan Lelucon?

Berita Terkait