TipTip Gelar Kompetisi Komik dengan Total Hadiah Mencapai Rp 35 juta

Kompetisi komik Komikin diTipTip, jadi kolaborasi TipTip dengan komunitas komik Kimikin.

Agung Pratnyawan
Kamis, 12 Januari 2023 | 14:20 WIB
Kompetisi Komik - Komikin di TipTip. (TipTip)

Kompetisi Komik - Komikin di TipTip. (TipTip)

Hitekno.com - Platform konten kreator TipTip mengelar kompetisi komik dengan nama "Komikin di TipTip" dengan total hadiah mencapai Rp 35.000.000. 

Komikin di TipTip sendiri menjadi kompetisi digital pertama yang digelar TipTip bersama Komunitas Komik Indonesia, Komikin.

Kompetisi komik ini bertujuan tidak hanya untuk memberikan wadah bagi para komikus di Indonesia memamerkan karyanya secara digital serta menuangkan ide-ide kreatif mereka di bidang komik tetapi juga membantu mereka untuk lebih mudah me-monetisasi hasil karyanya. 

Baca Juga: 4 Situs Baca Komik Legal Lengkap dengan Link, Ada yang Gratisan Juga

Kompetisi Komik digital yang diadakan khusus di TipTip ini berlangsung dari 6 Januari hingga 6 Februari 2023 ini, menawarkan total hadiah sejumlah Rp 35.000.000,00. 

Paulina Purnomowati, Chief Marketing Officer TipTip, menyatakan, "Komikin di TipTip - merupakan kompetisi komik digital pertama yang diadakan di TipTip. Kami berharap kompetisi ini menjadi kesempatan agar para kreator komik di Indonesia makin semangat untuk selalu berkarya, TipTip pun tidak hanya menjadi media untuk berkompetisi tetapi juga menjadi tempat untuk mempublikasikan-nya serta menjual karyanya. Hal ini sejalan dengan visi misi kami yang berkomitmen untuk membangun creator economy ecosystem di Indonesia."

Bekerjasama dengan salah satu komunitas komik Indonesia, Komikin Ajah, Kompetisi ini diharapkan menjadi salah satu ruang berkarya dan monetisasi tidak hanya bagi para kreator komik kenamaan Indonesia, tetapi terbuka untuk mereka yang baru memulai di industri komik ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Situs Baca Komik Manga Berbahasa Indonesia Gratis dan Legal, Bikin Auto Betah di Rumah

Tidak hanya itu, para pecinta komik pun juga memiliki wadah untuk mendukung dan menikmati karya komik favorit mereka secara digital. 

Aruga Perbawa - Ketua Umum Komikin, mengungkapkan "Kami melihat ini sebagai kesempatan memajukan komunitas dan ekosistem komik secara digital. Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan TipTip dan mewujudkan kompetisi komik ini. Saya berharap melalui kompetisi ini semua yang ter-korelasi dengan komik dapat berpartisipasi, tidak hanya mensukseskan kompetisi ini tapi juga mendorong memajukan industri komik agar menjadi lebih semarak lagi."

Kompetisi "Komikin di TipTip" yang diselenggarakan di Platform Tiptip ini menawarkan hadiah kompetisi dengan nilai total Rp 35.000.000,00. Juara 1 akan mendapatkan Rp 20.000.000,00, juara 2 akan mendapatkan RP 10.000.000,00 dan Juara 3 akan mendapatkan Rp 5.000.000.000,00.

Baca Juga: Kolonel Sanders KFC Muncul Dua Kali di Komik Buatan DC Universe

Para juri dari kompetisi ini adalah para komikus berpengalaman, yaitu kartunis ternama Indonesia, Mice Cartoon, Sheila Roswitha Putri, seorang komikus yang mengambil inspirasi dari kehidupan keluarganya sehari-hari untuk dijadikan tema komik-nya dan Aruga Perbawa - Ketua Umum Komikin. 

Kompetisi ini terbuka bagi kreator komik atau siapa saja yang dapat membuat karya komik, dimana semua karya yang dikompetisikan adalah merupakan karya sendiri yang orisinil serta karya mereka ini juga belum pernah dijual dan dimonetisasi melalui platform digital manapun. 

"Tiptip melihat bahwa masih banyak talenta di luar sana yang dapat memproduksi konten berkualitas namun masih terbentur dengan berbagai kendala. Dengan visi misi membangun ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia, melalui kompetisi ini kami juga ingin memotivasi sekaligus mengedukasi para konten kreator serta ekosistemnya di Indonesia bahwa karya digital itu tidak melulu hanya berupa video tetapi banyak hal yang dapat dikreasikan dan salah satunya adalah karya visual berupa komik ini. Dengan TipTip, kami ingin semua  ekosistem kreator menjadi lebih giat dan produktif dalam hal berkarya dan monetisasi." tambah Paulina Purnomowati - Chief Marketing Officer TipTip.

Baca Juga: Masih Ingat Komik Jadul Ini, Netizen Baca Sejak Masih SD

Para kreator komik yang ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini dapat langsung membuat akun mereka di platform Tiptip. Kompetisi ini mengusung tiga tema menarik yang akan mendorong kreativitas para komikus Indonesia, yaitu : Kehidupan sehari-hari, Harapan serta Cinta.  

Salah satu syarat mengikuti kompetisi ini adalah, karya komik yang dikompetisikan harus merupakan karya komik yang pertama kali dipublikasikan dan pertama kali diperjualbelikan. Selama kompetisi ini berlangsung, diberlakukan syarat dan ketentuan baik bagi para kreator komik maupun karya yang dikompetisikan, hal ini bertujuan agar kompetisi ini berjalan dengan baik bagi semua pihak yang terlibat. 

Saat ini para kreator sudah dapat mengikuti kompetisi ini dan bisa mendaftarkan serta menjual karya yang mereka kompetisikan di TipTip sampai dengan tanggal 6 Februari 2023. Semua peraturan kompetisi dapat dibaca secara detail di TipTip.  

Para komikus yang telah berpartisipasi dan mengikuti kompetisi "Komikin di TipTip" pun dapat mempromosikan karya mereka melalui akun sosial media mereka lainnya dan mendorong para supporters atau followers mereka untuk turut mendorong monetisasi karya yang mereka kompetisikan di TipTip.  

Rangkaian akhir dari kompetisi ini nantinya akan dilanjutkan dengan penjurian serta pemilihan pemenang. Ayo mari segera berpartisipasi di "Komikin di TipTip."

Berita Terkait

TERKINI

Siapa Saint Jay Garcia Saturn sebenarnya? Satu dari lima Gorosei yang akhirnya diungkap.
geek | 13:19 WIB
Tidak hanya punya Luffy yang paling menarik, cek lima buah iblis paling istimewa ini.
geek | 10:38 WIB
Jewelry Bonney bukan putri Bartholomew Kuma, namun kloning Big Mom yang dibuat Dr Vegapunk?
geek | 19:37 WIB
Bukan rahasia lagi jika beberapa karakter di Naruto terinspirasi dari mitologi Jepang.
geek | 14:31 WIB
Kong adalah Panglima Angkatan Laut, karakter kuat di One Piece. Lebih tinggi dari Akainu?
geek | 17:12 WIB
Ingin jadi VTuber seperti Kobo Kanaeru? Ikuti audisi Audisi VTuber Hololive Indonesia ini.
geek | 15:51 WIB
Organisasi rahasia yang bertindak jahat untuk mengambil alih dunia, seperti apa Akatsuki ini?
geek | 13:16 WIB
Cek apa perbedaan Monkey D Luffy di Live Action One Piece Netflix dengan anime dan manga.
geek | 18:01 WIB
Dewa lawan manusia, simak siapa saja pemenanga dari pertarungan Record of Ragnarok ini.
geek | 15:28 WIB
Berikut adalah lima anime dengan kisah pelik yang bisa bikin penontonnya keluar air mata.
geek | 19:09 WIB
Lima anime ini punya kisah epik, di mana sang heroin selalu sukses melelehkan hati penonton dan bikin ngefans berat.
geek | 17:06 WIB
Apa yang disembunyikan Gorosei dan Pemerintah Dunia, simak dalam Spoiler One Piece 1074.
geek | 16:45 WIB
Bukan tontonan anak kecil, Huggy Wuggy dan Mommy Long Legs, dua karakter kartun yang meresahkan. Kenapa?
geek | 18:48 WIB
Dari Spoiler One Piece 1074 ini, apa yang akan terjadi pada Monkey D Garp dan Blackbeard?
geek | 18:15 WIB
Tondemo Skill de Isekai Horo Meshi jadi anime isekai terbaru yang layak untuk diikuti.
geek | 18:04 WIB
Setting Sail 2023, kapan live action One Piece 2023 mulai ditayangkan di Netflix tahun ini?
geek | 14:35 WIB
Ini yang perlu kamu tahu tentang jamur Cordyceps, apakah berbahaya untuk manusia?
geek | 10:25 WIB
Road Poneglyph menjadi jalan menuju Laugh Tale, Lokasi One Piece paling diburu bajak laut.
geek | 20:50 WIB
Tampilkan lebih banyak