Sederet Alasan Mengapa Serial Boruto Seharusnya Tidak Pernah Ada

Kenapa serial Boruto seharusnya tidak pernah ada? Dilihat dari karakter dan ceritanya.

Agung Pratnyawan
Senin, 14 November 2022 | 06:30 WIB
Naruto, Himawari dan Boruto Uzumaki. (HiTekno.com)

Naruto, Himawari dan Boruto Uzumaki. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Mau tahu apa saja alasan mengapa serial Boruto seharusnya tidak pernah ada? berikut tim Hitekno.com telah merangkum kekurangannya.

Tak dapat dipungkiri jika Boruto menjadi salah satu anime yang penuh kontroversi. Hal tersebut lantaran anime ini menawarkan episode lanjutan dari anime Naruto.

Baca Juga: - Daftar Karakter Naruto yang Menghela Nafas Terakhir di Boruto, Siapa Saja? - Boruto vs Kawaki: Siapa yang akan Menang Jika Bertarung 1 Lawan 1? - Naruto: Perubahan Sakura di Boruto, Masihkah Jadi Beban? - Popularitas Sasuke Retsuden Melampaui Boruto pada Hari Perilisannya

Yang membuat penggemar sedikit kecewa, porsi Naruto dan kawan-kawan di anime ini sangat kecil karena fokus cerita ada pada perjalanan Boruto dan kawan-kawannya.

Di sisi lain, tahun ini menandai peringatan 20 tahun pemutaran perdana anime Naruto. Karena itu, penggemar di seluruh dunia telah merayakannya dengan menonton ulang momen favorit mereka dan menikmati nostalgia. 

Anehnya, hanya sedikit orang yang melakukan hal yang sama dengan sekuel acara tersebut, Boruto. Ini tentu menimbulkan pertanyaan, apakah Boruto tidak dicintai?

Boruto telah menjadi entri yang memecah belah dalam waralaba. Memang, manganya telah dipuji secara luas, namun animenya telah banyak dikritik, memberikan sekuelnya secara keseluruhan reputasi yang sangat aneh. 

Setelah studio animasi yang menangani franchise Naruto dengan merilis video khusus untuk merayakan hari jadi, banyak penggemar yang merasa bahwa mereka lebih suka mendapatkan remake dari Naruto daripada lebih Boruto.

Inilah beberapa alasan mengapa anime Boruto seharusnya tidak pernah ada versi penggemar.

Cerita di Anime Boruto Dianggap Tidak Terlalu Bagus

Naruto Uzumaki lawan Boruto. (fandom)
Naruto Uzumaki lawan Boruto. (fandom)

Salah satu aspek mengapa Naruto begitu dicintai penggemarnya adalah ceritanya yang menarik.Naruto adalah seorang anak yatim piatu dengan monster di dalam dirinya, menyebabkan dia dikucilkan dari desa tempat dia dibesarkan. 

Meskipun begitu, dia sangat ingin diterima dan bersedia melakukan apa pun untuk suatu hari menjadi Hokage. Mimpi itu kekanak-kanakan dan Naruto adalah motivasi besar yang membuat cerita kian menarik, dan nilai ini tidak dimiliki oleh anime Boruto.

Cerita Boruto sama sekali tidak buruk, tapi jelas tidak memiliki bobot dan nilai yang sama dengan yang ada di Naruto.

Di Naruto, dunia adalah tempat yang benar-benar berbahaya, dengan setiap negara berselisih satu sama lain karena satu dan lain alasan dan jarang ada damai yang bertahan lama di anime ini.

Shinobi yang berbeda dari seluruh dunia akan bertindak sebagai musuh berbahaya yang bisa dihadapi Naruto dan Tim 7 lainnya kapan saja, terutama selama ujian Chunin . Ini tidak hanya menetapkan tingkat bahaya dalam serial ini, tetapi juga membantu membangun dunia secara keseluruhan.

Pada saat Boruto dimulai, sebagian besar bahaya yang awalnya terlihat di Naruto telah diberantas. Setelah perang, semua negara besar berkumpul untuk membantu mengantar era baru perdamaian di dunia shinobi. 

Alur ini jelas menghilangkan sebagian besar ancaman yang harus dihadapi Naruto dan teman-temannya ketika mereka masih muda, yang merupakan hal yang hebat. 

Ini berarti bahwa dunia yang Naruto perjuangkan dan impikan untuk ciptakan benar-benar terwujud. Pada dasarnya, itu membuat akhir yang sangat memuaskan, tetapi bukan titik awal yang bagus untuk sekuel baru semacam Boruto.

Lebih buruk lagi, beberapa alur cerita utama lainnya masih belum terselesaikan, terutama mata Jougan Boruto. Berbagai masalah soal alur inilah yang membuat penggemar sering merasa kecewa.

Karakternya Tak Benar-benar Diberi Kesempatan untuk Berkembang

Boruto Uzumaki. (HiTekno.com)
Boruto Uzumaki. (HiTekno.com)

Tak seperti Naruto, sebagai protagonis Boruto tidak terlalu disukai. Keduanya nakal dan menjengkelkan, tetapi dalam kasus Naruto, seri ini menetapkan alasan yang terasa lebih dibenarkan daripada untuk Boruto. 

Naruto adalah orang iseng karena dia sangat membutuhkan segala bentuk validasi, karena tidak ada yang mau mengakui bahwa dia masih hidup.

Sebaliknya, Boruto terlihat hanya terlalu percaya diri dan bersembunyi di balik nama besar ayahnya sebagai Hokage.

Meskipun wajar bagi seorang anak laki-laki untuk menginginkan perhatian ayahnya yang terlalu banyak bekerja, namun itu seharusnya bukan menjadi satu-satunya alasan dia menjadi nakal.

Boruto juga telah diberikan "monster batin" sendiri dalam bentuk Momoshiki Otsutsuki. Ini telah menjadi utas cerita yang menarik sejauh ini dan menjelaskan aspek-aspek tertentu dari Otsutsuki, tetapi pada saat yang sama, ini agak berlebihan. 

Adapun karakter lain, sangat sedikit dari mereka yang diberi waktu untuk berkembang, bahkan yang ada di tim Boruto. 

Sarada Uchiha adalah putri Sasuke dan Sakura. Ia menjadi satu-satunya Uchiha lain yang masih hidup selain ayahnya. 

Sayangnya, perkembangannya terasa agak stagnan. Dia adalah karakter yang sangat kuat, dengan kekuatan fisik ibunya dan teknik ayahnya memberinya keunggulan dalam banyak situasi, tetapi meskipun demikian, dia mendapat sangat sedikit kesempatan untuk benar-benar bersinar. 

Ayahnya bahkan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melatih Boruto daripada dia, membuatnya merasa sekunder dan tidak penting.

Namun, korban pengabaian terbesar dalam seri ini mungkin adalah Mitsuki. Sebagai "putra" Orochimaru, Mitsuki dengan mudah menjadi salah satu karakter paling menarik dan kuat di seluruh seri. 

Bahkan, tersirat bahwa potensinya bahkan lebih tinggi dari Orochimaru, karena ia mampu mencapai Mode Sage sebagai Genin. 

Apa yang membuat ini sangat frustasi adalah bahwa dia telah diberitahu untuk menekan dan menyembunyikan kekuatan sejatinya dari semua orang oleh Orochimaru. Pada dasarnya, Mitsuki dipaksa untuk bertindak lebih lemah dari dia, yang hanya menghambat perkembangannya sebagai ninja dan karakter.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait

TERKINI

"Dia kalau di Isekai, fix wanita tercantik," kata netizen.
geek | 21:40 WIB
Ternyata ada dosa-dosa Hiruzen Sarutobi yang berujung menyengsarakan warga Konoha.
geek | 12:19 WIB
Mengapa Itachi harus repot-repot membuat adiknya membencinya? Ternyata ini asal sebabnya.
geek | 18:00 WIB
Banyak yang salah mengira bahwa klan Uchiha lebih kuat dari Uzumaki, tapi faktanya tak demikian. Kok bisa?
geek | 15:50 WIB
Spoiler One Piece 1069 ini mengklaim akan adanya rahasia Rocks D Xebec yang terungkap.
geek | 15:10 WIB
Ternyata Buah Iblis juga ada penangkalnya lho. Berikut adalah senjata anti-buah iblis di One Piece yang mungkin belum kamu tahu.
geek | 13:59 WIB
Deretan tokoh anime ini punya banyak potensi yang bisa bikin cerita makin menarik, tapi gagal terdelivery dengan baik pada cerita masing-masing. Siapa saja selain Sakura?
geek | 13:51 WIB
Daftar nama karakter Tokyo Revengers ini mencapai puluhan, cocok untuk kamu yang mengikuti anime dan manga ini.
geek | 13:34 WIB
Isagi Yoichi, Bachira Meguru, atau Kunigami Rensuke. Siapa striker terbaik dan terkuat di Blue Lock.
geek | 10:59 WIB
Lihat bagaimana Jepang mencetak gol di gawang Spanyol, ternyata mirip apa yang ada di anime Blue Lock.
geek | 10:30 WIB
Pertemuan Luffy dan Rob Lucci menjadi sorotan utama spoiler One Piece 1069.
geek | 08:25 WIB
Walau jarang punya screen time, sebetulnya Shino Aburame adalah salah satu karakter seangkatan Naruto yang punya kekuatan mengerikan. Berikut 10 di antaranya.
geek | 19:43 WIB
Penggemar DC harus siap-siap, kali aja tak mau ketinggalan dengan keluarnya serial animasi baru.
geek | 15:35 WIB
Spoiler One Piece 1068 sudah bermunculan soal kelanjutan Luffy dan Dr Vegapunk, dan kehadiran CP0 di Egghead.
geek | 14:19 WIB
Lihat bagaimana Natasha Wilona duduk dalam pelukan Jiraiya si Petapa Genit.
geek | 10:51 WIB
Lihat Eimi Fukada Cosplay Makima Chainsaw Man, mendadak ramai kolom komentar minta dipelihara.
geek | 15:53 WIB
Sumbuer kekuatan misterius yang membuat Dr Vegapunk ingin dihabisi Pemerintah Dunia.
geek | 11:39 WIB
Dr Vegapunk yang mengetahui banyak rahasia buah iblis akan membantu Luffy dalam mendapatkan kekuatan baru.
geek | 09:42 WIB
Tampilkan lebih banyak