One Piece: Tanda Bekas Luka di Badan Luffy Ternyata Petunjuk dari Eiichiro Oda

Ada beberapa tanda bekas lupa pada tubuh Luffy, masing-masing ada kisah ceritanya.

Agung Pratnyawan
Kamis, 03 November 2022 | 14:46 WIB
One Piece - Luffy. (IMDB)

One Piece - Luffy. (IMDB)

Hitekno.com - Eiichiro Oda kerap memberikan petunjuk yang tak terduga dari karakter One Piece. Seperti salah satunya adalah tanda bekas luka di dada Luffy yang sering menjadikan pertanyaan bagi para fans.

Monkey D Luffy sebagai karakter protagonis utama serial One Piece ini terkenal karena ciri khas topi jerami yang dikenakannya. Yakni topi yang diberikan Shanks sejak awal seri One Piece.

Baca Juga: - One Piece: Luffy Mendapat Wilayah Baru, Begini Skenarionya - One Piece: 3 Tanda Jika Dr Vegapunk adalah Ibu Luffy - Teori One Piece: Im Sama adalah Ibu Luffy? Simak Bukti-buktinya - One Piece: Jadikan Luffy Eksperiment, Dr Vegapunk Ingin Membuat Senjata dengan kekuatan Nika?

Sejak saat itu, topi jerami ini seolah sudah menjadi ciri khas dari Luffy seiring perjalanan karakter One Piece tersebut. 

Bahkan, topi jerami sendiri menjadi salah satu elemen menarik dalam ceritanya. Tetapi, selain topi jerami, Luffy juga memiliki ciri khas lainnya.

Ciri khas lainnya dari sosok Luffy adalah bekas luka yang ada di tubuhnya. Sejauh ini Luffy memiliki dua bekas luka di tubuhnya, pertama adalah di bawah pelipis matanya. Luka ini dia dapatkan ketika Luffy masih kecil. 

Monkey D Luffy, pada saat itu, berusaha membuktikan kepada Shanks bahwa dirinya sudah dewasa dan sudah cukup pantas untuk bergabung dengan kelompok Shanks. Meskipun begitu, Shanks tentunya menolak permintaan Luffy karena usia Luffy yang masih sangat kecil.

Selanjutnya, luka yang kedua ada di bagian dadanya. Luka ini berbentuk silang atau berbentuk huruf ‘X’ dengan ukuran yang sangat besar.

Monkey D. Luffy. (Fandom)
Monkey D. Luffy. (Fandom)

Hal ini pertama kali diketahui pasca Luffy menjalankan time-skip di Rusukaina Bersama Rayleigh. Luka ini merupakan efek yang Luffy terima pasca pertempuran epik di Marineford.

Dalam cerita One Piece, memiliki bekas luka merupakan hal yang sangat wajar. Biasanya bekas luka yang ada di beberapa bagian tubuh mereka memiliki makna yang sangat spesial dan mendalam.

Bekas luka tersebut bukan hanya sekedar hiasan atau sekedar untuk menunjukan sisi maskulinitas para karakter One Piece tersebut. 

Bekas luka itu menjadi "trofi" atau penghargaan atau bisa juga menjadi pengingat mereka terhadap konflik atau pertarungan yang pernah mereka hadapi.

Berbagai Bekas Luka Karakter One Piece Lainnya

One Piece - Roronoa Zoro. (fandom)
One Piece - Roronoa Zoro. (fandom)

Namun, jika diperhatikan sebenarnya bukan hanya Luffy yang memiliki bekas luka ikonik di tubuhnya. Berbagai karakter lainnya juga memiliki bekas luka yang masih ada di beberapa bagian tubuh mereka.

Misalnya bekas luka ikonik di dada Zoro merupakan hasil pertarungannya melawan Mihawk. Pertarungan tersebut membukakan mata Zoro kalau masih ada yang lebih hebat di dunia itu.

Zoro juga sempat berjanji akan menjadi lebih kuat, dan akan mengalahkan Mihawk. Sementara itu bekas luka di mata Shanks diakibatkan oleh Blackbeard (ada juga yang berpendapat jika luka tersebut akibat pertarungannya dengan Mihawk). 

Para fans sendiri berpendapat kalau bekas luka itu menjadi petunjuk kalau mereka akan saling bertarung.

Contoh lainnya adalah bekas luka pada tubuh Kaido, yang menjadi pengingat peristiwa 20 tahun lalu. Kozuki Oden merupakan orang yang bertanggung jawab dalam memberikan bekas luka ditubuh Kaido. 

Selain menjadi pengingat, tanda di tubuh Kaido juga nyatanya bisa dimanfaatkan sebagai titik lemah yang bisa kemudian diserang oleh Red Scabbards.

Arti Bekas Luka Tersebut Bagi Cerita One Piece?

One Piece - Luffy dan Yamato. (HiTekno.com
One Piece - Luffy dan Yamato. (HiTekno.com

Lalu, apa arti berbagai bekas luka di tubuh Luffy dan juga karakter lainnya bagi akhir cerita One Piece? Terdapat sebuah teori yang menarik mengenai hal ini. Pada intinya, bekas luka yang ada di bagian tubuh karakter bisa diartikan bahwa mereka masih punya urusan yang belum selesai. 

Misalnya, dua bekas luka di tubuh Luffy yang menjadi penanda bahwa dia masih memiliki urusan yang belum selesai dengan Shanks dan Sakazuki.

Untuk Shanks, Luffy masih memiliki urusan yang belum selesai di mana dia akan mengembalikan topi jerami ikonik tersebut ketika dia kembali bertemu, ketika dia sudah menjadi kuat. Kemudian, momen tersebut juga menjadi bukti bahwa Luffy sudah "dewasa" dan sudah mewujudkan janjinya untuk menjadi seorang raja bajak laut. Bagaimana dengan bekas luka akibat Sakazuki?

Kemungkinan, Luffy akan membalas dendam atas kematian Ace suatu hari nanti. Terdapat teori bahwa Luffy akan membunuh Sakazuki akibat hal ini. Namun, ada juga yang berpendapat justru Sabo yang akan melakukannya. Karena, buah iblis Mera Mera milik Ace ada di tangan Sabo saat ini. 

Tetapi, dia gagal untuk melakukannya dan hampir saja kehilangan nyawanya. Tetapi, Luffy berhasil mencegah hal tersebut terjadi karena dia tidak ingin kehilangan sosok penting lainnya.

Hal yang sama juga berlaku terhadap karakter lain, misalnya bekas luka di tubuh Zoro yang mungkin menjadi petunjuk bahwa pertarungan mereka akan kembali terjadi pada masa depan. Dan tentunya, salah satu yang dinantikan adalah pertarungan epik antara Shanks dan Blackbeard, yang mana Shanks nampak masih menaruh dendam besar terhadap sang Yonko.

Tidak Ada Bekas Luka Lainnya?

One Piece: Gear keempat Luffy - Snakeman. (Fandom)
One Piece: Gear keempat Luffy - Snakeman. (Fandom)

Selama dua dekade lebih berjalan, Luffy dan para karakter lainnya tentu sudah mengalami banyak pertarungan. Dan sudah pastinya mereka juga akan "mengoleksi" bekas luka dari pertarungan tersebut.

Logikanya, jika kemudian mereka sudah sering bertarung menghadapi musuh, seharusnya ada banyak juga bekas luka yang mereka terima. Namun, mengapa kemudian hanya beberapa saja yang kemudian menjadi "ikonik"?

Hal sebaliknya justru terjadi, ketika urusan atau konflik diantara kedua karakter tidak berkelanjutan. Contohnya adalah Luffy terluka parah akibat pertarungan melawan Katakuri. 

Tetapi, tidak ada bekas luka yang muncul. Artinya tidak ada lagi konflik diantara mereka berdua. Hal ini karena mereka berdua sama-sama menghargai satu sama lain sebagai sosok yang kuat, meskipun sama-sama saling mengalahkan.

Teori ini tentunya menarik jika kemudian benar. Kemudian, yang juga tidak kalah menarik adalah konsep ini kemungkinan terinspirasi dari cerita Rurouni Kenshin karya Nobuhiro Watsuki. 

Pasalnya, Eiichiro Oda pernah bekerja sebagai asisten dari Watsuki Sensei dalam seri tersebut, yang mana kemudian beberapa elemen dari ceritanya dia aplikasikan dalam cerita One Piece, termasuk tentang luka.

Itulah pembahasan tanda bekas luka di badan Luffy yang disebut-sebut sebagai pertanda yang diberikan Eiichiro Oda pada karakter One Piece tersebut. (Depok.Suara.com)

Berita Terkait

TERKINI

Mengapa Itachi harus repot-repot membuat adiknya membencinya? Ternyata ini asal sebabnya.
geek | 18:00 WIB
Banyak yang salah mengira bahwa klan Uchiha lebih kuat dari Uzumaki, tapi faktanya tak demikian. Kok bisa?
geek | 15:50 WIB
Spoiler One Piece 1069 ini mengklaim akan adanya rahasia Rocks D Xebec yang terungkap.
geek | 15:10 WIB
Ternyata Buah Iblis juga ada penangkalnya lho. Berikut adalah senjata anti-buah iblis di One Piece yang mungkin belum kamu tahu.
geek | 13:59 WIB
Deretan tokoh anime ini punya banyak potensi yang bisa bikin cerita makin menarik, tapi gagal terdelivery dengan baik pada cerita masing-masing. Siapa saja selain Sakura?
geek | 13:51 WIB
Daftar nama karakter Tokyo Revengers ini mencapai puluhan, cocok untuk kamu yang mengikuti anime dan manga ini.
geek | 13:34 WIB
Isagi Yoichi, Bachira Meguru, atau Kunigami Rensuke. Siapa striker terbaik dan terkuat di Blue Lock.
geek | 10:59 WIB
Lihat bagaimana Jepang mencetak gol di gawang Spanyol, ternyata mirip apa yang ada di anime Blue Lock.
geek | 10:30 WIB
Pertemuan Luffy dan Rob Lucci menjadi sorotan utama spoiler One Piece 1069.
geek | 08:25 WIB
Walau jarang punya screen time, sebetulnya Shino Aburame adalah salah satu karakter seangkatan Naruto yang punya kekuatan mengerikan. Berikut 10 di antaranya.
geek | 19:43 WIB
Penggemar DC harus siap-siap, kali aja tak mau ketinggalan dengan keluarnya serial animasi baru.
geek | 15:35 WIB
Spoiler One Piece 1068 sudah bermunculan soal kelanjutan Luffy dan Dr Vegapunk, dan kehadiran CP0 di Egghead.
geek | 14:19 WIB
Lihat bagaimana Natasha Wilona duduk dalam pelukan Jiraiya si Petapa Genit.
geek | 10:51 WIB
Lihat Eimi Fukada Cosplay Makima Chainsaw Man, mendadak ramai kolom komentar minta dipelihara.
geek | 15:53 WIB
Sumbuer kekuatan misterius yang membuat Dr Vegapunk ingin dihabisi Pemerintah Dunia.
geek | 11:39 WIB
Dr Vegapunk yang mengetahui banyak rahasia buah iblis akan membantu Luffy dalam mendapatkan kekuatan baru.
geek | 09:42 WIB
Apakah Rocks D Xebec adalah ayah kandung Monkey D Dragon?
geek | 15:34 WIB
Bagaimana cara buah iblis awakening yang mengeluarkan kekuatan aslinya?
geek | 15:10 WIB
Tampilkan lebih banyak