Geek

Berdasarkan MBTI, Ini Karakter Naruto yang Cocok Jadi Guru Kamu

Berdasarkan hasil tes MBTI, cek siapa karakter Naruto yang cocok sebagai guru kamu.

Agung Pratnyawan

Karakter Naruto. (HiTekno.com)
Karakter Naruto. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Banyak penggemar Naruto dari seluruh dunia membayangkan bagaimana kehidupan mereka di dalam Dunia Shinobi. Berlatih menjadi ninja seperti karakter Naruto favorit memang terasa sangat mengesankan. Terlebih jika kamu dilatih oleh salah satu karakter ninja di universe Naruto.

Namun, tidak semua orang sama, dan metode pengajaran yang digunakan oleh beberapa karakter dalam serial tersebut belum tentu efektif untuk beberapa orang. Uniknya para penggemar menyusun daftar karakter Naruto sesuai dengan MBTI seseorang.

Karakter Naruto ini bisa cocok sebagai guru ninja kamu sesuai dengan MBTI kamu. Penasaran siapa yang cocok berdasarkan hasil tes kecenderungan  MBTI kamu?

Berikut karakter Naruto yang cocok jadi guru kamu berdasarkan MBTI seperti HiTekno.com rangkum dari Sportskeeda untuk kamu.

1. ESTJ (The Executives) – Jiraiya

Naruto - Jiraiya. (fandom)
Naruto - Jiraiya. (fandom)

ESTJ adalah orang yang suka fokus pada sisi logis dari hal-hal yang mereka pelajari. Jika mereka tertarik pada suatu subjek, mereka akan mencari beberapa solusi praktis untuk masalah sebanyak mungkin. Dengan demikian, mereka akan membutuhkan seorang guru yang akan sesuai dengan antusiasme mereka untuk belajar langsung.

Jiraiya telah terbukti meninggalkan teori ketika bertindak seperti sensei. Bagi Sanin, pengalaman adalah guru terbaik yang bisa dimiliki seseorang, sebuah ideologi yang akan bekerja dengan sempurna untuk ESTJ. Dengan guru yang dinamis dan serba bisa seperti Jiraiya, kamu tidak akan pernah bosan belajar lagi.

2. ISTJ (The Logisticians) – Sasuke Uchiha

Sasuke Uchiha. (Fandom)
Sasuke Uchiha. (Fandom)

ISTJ adalah orang-orang yang paling tertarik untuk mempelajari mata pelajaran yang terbukti bermanfaat bagi mereka di masa depan. Mereka suka dipersiapkan sebaik mungkin untuk situasi apa pun yang mungkin mereka hadapi, jadi sensei dengan banyak pengalaman adalah suatu keharusan.

Orang yang paling mengerti kebutuhan mereka akan perbaikan adalah Sasuke Uchiha. Hokage Bayangan menghabiskan bertahun-tahun mencari Jutsu dan kemampuan yang akan membantunya mencapai tujuannya. Dia akan melihat dirinya tercermin pada siswa ISTJ-nya, menjadikannya misinya untuk menjadi sensei terbaik bagi mereka.

3. ENTJ (The Commanders) – Shikamaru Nara

Shikamaru Nara. (Fandom)
Shikamaru Nara. (Fandom)

Untuk ENTJ, mengetahui setiap detail masalah yang mereka coba selesaikan sangat penting untuk kesuksesan mereka. Mereka tidak suka bekerja tanpa memikirkan strategi yang jelas, sehingga mereka sering meluangkan waktu sebelum menangani masalah apa pun.

Shikamaru mungkin malas, tapi dia tahu lebih baik dari siapapun betapa pentingnya untuk sepenuhnya memahami tugas sebelum terjun ke tindakan. Metode pengajarannya sebagai sensei akan bekerja dengan sempurna untuk siswanya.

4. INTJ (The Architects) – Orochimaru

Naruto - Orochimaru. (fandom)
Naruto - Orochimaru. (fandom)

Mengetahui bagaimana memecahkan masalah tidak penting bagi INTJ seperti mempelajari mengapa itu terjadi. Mereka adalah orang-orang yang suka memahami subjek sebanyak mungkin. Jika mereka bisa, mereka akan mendedikasikan hidup mereka untuk menemukan semua rahasia alam semesta, karena mereka percaya pengetahuan sebagai senjata terbaik.

Bahkan jika metodenya sering terlalu ekstrim, Orochimaru jelas merupakan guru terbaik untuk seorang INTJ. Ular Sannin menghabiskan sebagian besar hidupnya mencoba memahami setiap Jutsu, Kinjutsu, dan Dojutsu di alam semesta Naruto.

Murid-muridnya akan merasa betah ketika mendiskusikan temuan mereka dengan sensei baru mereka, karena dia akan menunjukkan minat yang tulus pada topik yang mereka sukai.

5. ESTP (The Entrepreneurs) – Minato Namikaze

Hokage keempat - Minato Namikaze. (fandom)
Hokage keempat - Minato Namikaze. (fandom)

Cara terbaik untuk memotivasi ESTP adalah dengan memberi tahu mereka bahwa mempelajari sesuatu akan membuat mereka lebih efisien di masa depan. Mereka suka menjadi efisien dalam apa pun yang mereka lakukan, jadi mereka sama-sama membutuhkan sensei dengan keinginan yang sama untuk peningkatan pribadi.

Hokage Keempat, Minato, adalah seorang pria dengan misi tanpa akhir untuk meningkatkan dirinya dan kondisi desanya. Minato bekerja keras untuk meningkatkan jutsu yang dibuat oleh orang lain agar menjadi lebih efektif dalam pertempuran.

Bersama dengan murid ESTP-nya, Minato akan memodifikasi dan mengembangkan lebih banyak jutsu yang akan mengubah Dunia Shinobi untuk selamanya.

6. ISTP (The Virtuosos) – Hiruzen Sarutobi

Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)
Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)

Penasaran dengan alam, ISTP dikenal karena minat mereka yang mendalam tentang bagaimana dunia bekerja. Mereka suka mempraktikkan teori yang mereka pelajari dan menerapkannya untuk pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan mereka. Semakin banyak mereka dapat belajar, semakin baik perasaan memotivasi mereka untuk belajar lebih banyak lagi.

Sering disebut sebagai guru untuk sejumlah besar jutsu yang dia tahu, Hiruzen akan menjadi sensei yang sempurna untuk ISTP. Semangatnya untuk belajar dan mengajar hanya akan ditingkatkan oleh murid-muridnya.

Ini akan membantu mereka berdua menjadi lebih proaktif dalam studi mereka, mengubah mereka menjadi duo yang tak terhentikan.

7. ENTP (The Debater) – Naruto Uzumaki

Naruto Uzumaki. (fandom)
Naruto Uzumaki. (fandom)

ENTP dikenal karena pola pikir yang cerdik dan keterampilan improvisasi yang luar biasa. Setiap kali mereka menghadapi masalah, ENTP akan mencoba mencari semua kemungkinan solusi sebelum bertindak.

Apapun yang terjadi, mereka selalu berencana untuk keluar dari tempat yang sulit, yang mampu mereka lakukan karena kreativitas mereka yang tak tertandingi.

Sensei sempurna mereka tidak lain adalah ninja tak terduga nomor satu di Konoha, Naruto Uzumaki. Setiap kali menghadapi masalah, Naruto selalu mengandalkan insting dan perilakunya yang tidak terduga untuk menemukan solusi. Cukuplah untuk mengatakan, murid-muridnya akan sangat senang mempelajari taktik seperti itu darinya.

8. INTP (The Logicians) – Asuma Sarutobi

Asuma Sarutobi. (fandom)
Asuma Sarutobi. (fandom)

Orang-orang dalam tipe INTP sangat pragmatis dan suka memiliki lebih dari satu solusi untuk masalah apa pun. Mereka suka menganalisis situasi sampai mereka yakin bahwa tidak ada yang luput dari genggaman mereka. Memecahkan masalah seperti permainan bagi mereka, yang ingin mereka kuasai.

Asuma memiliki lebih dari cukup pengalaman mengajar siswa seperti Ahli Logika. Dia akan tahu persis apa yang harus dilakukan untuk memicu mereka agar memberikan yang terbaik pada setiap tugas yang diberikan dan untuk merangsang pikiran mereka.

Dia juga akan menikmati segala jenis permainan atau teka-teki yang ingin dimainkan INTP untuk menghabiskan waktu, seperti yang biasa dia lakukan ketika dia menjadi sensei Shikamaru.

9. ESFJ (The Consuls) – Kiba Inuzuka

Kiba Inuzuka dari anime naruto. (.ist)
Kiba Inuzuka dari anime naruto. (.ist)

Kerja sama tim adalah hal terpenting bagi seorang ESFJ ketika diajari sesuatu. Mereka adalah individu yang sangat sosial yang benci harus bekerja sendiri. Karena mereka berkembang dikelilingi oleh orang-orang, memiliki sensei yang tahu bagaimana bekerja selaras sempurna dengan orang lain akan ideal untuk mereka.

Itulah mengapa Kiba Inuzuka, yang selalu bekerja dalam harmoni yang sempurna dengan Akamaru, akan menjadi sensei terbaik untuk para siswa. Kiba akan senang memiliki murid yang senang bekerja dengan orang lain seperti dia. Dia akan mengajar murid-muridnya bagaimana menjadi unggul dalam kerja tim dengan cara yang seefisien mungkin.

10. ISFJ (The Defenders) – Kurenai Yuhi

Kurenai Yuhi. (Fandom)
Kurenai Yuhi. (Fandom)

ISFJ adalah beberapa orang yang paling rajin dan disiplin yang pernah ada. Bagi mereka, belajar adalah tentang bagaimana menjadi lebih baik dalam apa yang mereka lakukan, baik sebagai pelajar maupun sebagai pekerja. Jika suatu mata pelajaran dapat membantu mereka meningkatkan pekerjaan mereka, mereka akan mencoba mempelajarinya apa pun yang terjadi.

Oleh karena itu, mereka membutuhkan sensei yang bertanggung jawab dan terdorong untuk mengimbangi tekad mereka untuk berkembang. Sebagai salah satu anggota yang paling ketat dan paling cerdas di Konoha, Kurenai akan menjadi guru yang sempurna untuk para ISFJ. Metode Kurenai mungkin terlalu ketat untuk tipe MBTI lainnya, tetapi metode ini sempurna untuk individu ISFJ.

11. ENFJ (The Protagonists) – Nagato Uzumaki

Naruto - Nagato memiliki Rinnegan. (HiTekno.com)
Naruto - Nagato memiliki Rinnegan. (HiTekno.com)

Anggota grup ENFJ hanya memiliki satu tujuan dalam pikiran pada waktu tertentu - membantu semua orang yang mereka bisa. Mereka sangat termotivasi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, sehingga mereka selalu bersedia untuk belajar lebih banyak tentang mata pelajaran yang memungkinkan mereka membantu orang yang membutuhkan.

Meskipun metodenya ekstrim dan kejam, Nagato percaya dalam menciptakan dunia yang lebih baik. Jika bukan karena manipulasi Obito, Nagato akan menjadi ninja yang sangat baik dan perhatian yang akan selalu membantu teman-temannya. Para ENFJ bisa belajar banyak dari Nagato dan mungkin mengajarinya satu atau dua hal tentang belas kasih atas rasa sakit juga.

12. INFJ (The Advocates) – Tsunade Senju

Hokage kelima - Tsunade. (fandom)
Hokage kelima - Tsunade. (fandom)

Alasan utama para advokat untuk terus belajar dan berkembang adalah untuk berguna bagi masyarakat. Bagi mereka, menjadi aset berharga bagi masyarakat adalah sangat penting, sehingga mereka selalu mencari cara untuk melayani.

Dengan Tsunade sebagai sensei mereka, INFJ tidak hanya akan belajar menggunakan Ninjutsu medis tetapi juga memahami bagaimana melayani seluruh desa. Putri siput dianggap sebagai ninja medis terbaik untuk waktu yang lama, serta salah satu Hokage terbaik yang pernah dimiliki Konoha.

Dia lebih dari mampu mempersiapkan para Advokat untuk menggunakan semua karunia mereka untuk membantu dan mendukung komunitas mereka dengan cara terbaik.

13. ESFP (The Entertainers) – Konohamaru Sarutobi

Boruto - Konohamaru Sarutobi. (fandom)
Boruto - Konohamaru Sarutobi. (fandom)

Seperti namanya, ESFP menyukai hiburan dan kesenangan di atas segalanya. Jika suatu subjek tidak menyenangkan untuk mereka pelajari, mereka akan segera menjatuhkannya untuk mencari sesuatu yang lebih pas. Mereka perlu terus-menerus dirangsang dan diberi tugas-tugas yang menarik untuk menjaga diri mereka dari kebosanan sampai mati.

Satu-satunya orang yang akan memahami kebutuhan mereka untuk bersenang-senang lebih baik daripada orang lain adalah Konohamaru. Bahkan sebagai seorang anak, Konohamaru mencari cara menyenangkan untuk menjadi lebih kuat karena dia percaya cara Ebisu terlalu membosankan. Secara alami, dia akan menemukan cara yang paling kreatif dan menghibur bagi siswa ESFP untuk mempelajari mata pelajaran apa pun.

14. ISFP (The Adventurers) – Sai

Naruto - Sai. (fandom)
Naruto - Sai. (fandom)

Jika itu tidak terkait dengan seni atau keindahan dalam beberapa hal, ISFP kemungkinan besar tidak akan tertarik padanya. Orang-orang yang termasuk dalam kelompok ini sangat kreatif dan berpikiran terbuka.

Agar mereka tetap termotivasi untuk mempelajari topik baru, sensei mereka harus terus menunjukkan kepada mereka hal-hal indah yang dapat mereka capai dengan pengetahuan itu.

Sai, yang alat utamanya sebagai ninja adalah kreativitas dan keterampilan menggambarnya, akan menjadi sensei yang luar biasa untuk ISFP. Dia akan mampu menunjukkan kepada mereka keindahan hidup yang tersembunyi dengan setiap pelajaran baru, memotivasi mereka untuk terus belajar dan meningkatkan diri dan seni mereka.

15. ENFP (The Campaigners) – Kakashi Hatake

Kakashi Hatake memberikan ujian lonceng pada tim 7. (Fandom)
Kakashi Hatake memberikan ujian lonceng pada tim 7. (Fandom)

Para ENTP didorong oleh kebutuhan mereka untuk membuat orang-orang di sekitar mereka bahagia. Karena itu, sebagian besar mata pelajaran yang mereka pelajari terkait dengan individu tertentu yang ingin mereka bagikan kebahagiaannya.

Mereka senang merasa dihargai atas tindakan mereka, jadi menunjukkan kepada mereka betapa kamu peduli adalah cara terbaik bagi mereka untuk termotivasi.

Meskipun Kakashi jelas bukan seorang ENFP, dia memang memiliki pengalaman mengajar salah satu Juru Kampanye paling terkenal di anime.

Waktunya sebagai sensei Naruto telah mengajarkan semua yang perlu dia ketahui untuk membuat siswa ENFPnya tetap puas dan termotivasi. Kakashi akan senang membantu Juru Kampanye dalam misi mereka untuk membuat orang-orang di sekitar mereka bahagia.

16. INFP (The Mediator) – Hinata Hyuga

Hinata Hyuga menggunakan Byakugan. (Fandom)
Hinata Hyuga menggunakan Byakugan. (Fandom)

INFP lebih tertarik untuk belajar tentang cara-cara untuk memberi manfaat bagi umat manusia daripada peduli tentang topik yang ada. Mediator selalu bertanya-tanya apakah yang mereka lakukan adalah yang terbaik, jadi meyakinkan mereka saat mereka bekerja adalah salah satu cara paling efisien untuk memotivasi mereka.

Hinata bukanlah kunoichi terkuat di Konoha, tapi dia yang paling baik hati. Hinata akan menjadi sensei yang hebat bagi setiap siswa INFP, karena sifatnya yang penyayang akan sangat cocok dengan siswanya. Dia juga seorang individu yang sangat jeli, yang akan memudahkannya untuk mengetahui kapan murid-muridnya membutuhkan kepastian.

Itulah karakter Naruto yang cocok sebagai guru kamu berdasarkan kecenderungan MBTI.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait