Geek

Apa Itu Conqueror Haki? Kekuatan Selain Buah Iblis yang Menakutkan di One Piece

Shanks disebut-sebut sebagai pengguna Conqueror Haki terkuat di One Piece.

Agung Pratnyawan

Pengguna Haoshoku Haki di One Piece. (Fandom)
Pengguna Haoshoku Haki di One Piece. (Fandom)

Hitekno.com - Apa itu Conqueror Haki, kekuatan yang digunakan karakter One Pice dalam pertempuran selain buah iblis. Conqueror Haki atau Haki penakluk menjadi salah satu bentuk kekuatan yang langka di anime dan manga One Piece.

Terlehih Hali penakluk ini bukan kekuatan yang bisa dicapai melalui pelatihan. Karenanya hanya ada beberapa karakter One Piece yang bisa menggunakan Conqueror Haki.

Jenis Haki di One Piece ini memungkinkan pengguna untuk mengerahkan kemauan mereka atas orang lain. Dikatakan bahwa siapa pun yang memiliki Haki jenis ini memiliki kualitas seorang raja.

Di dalam manga versi Jepang, kekuatan ini dinamakan Haoshoku Haki. Sedangkan nama Conqueror Haki  adalah versi bahasa Inggris, atau Haki penakluk dalam bahasa Indonesia.

Berikut uraian lebih lanjut mengenai apa itu Conqueror Haki dalam anime dan manga One Piece. 

Latar belakang Conqueror Haki

One Piece - Shanks. (fandom)
One Piece - Shanks. (fandom)

Conqueor Haki pertama kalinya didemonstrasikan di manga One Piece melalui karakter Shanks, ketika dia menggunakannya untuk menakut-nakuti Raja Laut.

Meskipun begitu, sampai sekarang Conqueror Haki tidak sepenuhnya dijelaskan dan diungkapkan. Kemudian, selama pertemuan dengan Shirohige, Shanks menggunakannya untuk melumpuhkan sebagian besar kru.

Sementara Luffy, pertama kali menampilkan efek Haki jenis ini terhadap banteng Duval, Motobaro, yang membuat semua orang bingung. Dia menampilkannya lagi di Amazon Lily saat melawan Sandersonia dan Marigold, melumpuhkan sebagian besar penonton yang mengamati pertandingan.

Pada momen itulah kekuatan tersebut disebutkan dengan nama 'Haki'. Kemampuan Luffy selama Perang Marineford sudah cukup bagi para laksamana Angkatan Laut untuk menjadi cukup waspada terhadapnya sehingga mereka memprioritaskan eliminasinya setelahnya. 

Setelah timeskip, Luffy cukup mahir untuk menjinakkan monster, serta melumpuhkan sekelompok individu yang dipilih tanpa mempengaruhi pengamat di sekitarnya menggunakan Haki Conqueror, menunjukkan kemahirannya yang baru ditemukan dalam skill tersebut.

Berikut adalah lima pengguna Conqueror Haki terkuat yang diketahui di One Piece sejauh ini.

1. Monkey D. Luffy

One Piece - Luffy menggunakan Haoshoku Haki. (fandom)
One Piece - Luffy menggunakan Haoshoku Haki. (fandom)

Luffy merupakan kapten bajak laut Topi Jerami dan salah satu orang terkuat di Dunia Baru dalam serial One Piece saat ini. Tindakannya telah membuatnya diburu dengan hadiah 1,5 miliar buah beri dan gelar 'Kaisar Kelima Laut.'

Luffy mengetahui ketiga tipe Haki dan kemampuannya untuk menggunakan Haki Conqueror berarti ia memiliki power spiritual sebagai seorang King. Haki Sang Penakluknya terus tumbuh lebih kuat.

2. Boa Hancock

One Piece - Boa Hancock. (fandom)
One Piece - Boa Hancock. (fandom)

Boa Hancock juga dikenal sebagai Putri Ular, Boa Hancock adalah pemimpin Suku Kuja dan salah satu karakter terkuat dalam seri ini. Menjadi seorang Ratu, tidak mengherankan kalau kita melihat bahwa dia memiliki kekuatan yang besar untuk menggunakan Haki Sang Penakluk atau Conqueror Haki ini.

Keseluruhan Suku Kuja dikenal karena keterampilannya yang luar biasa dengan Haki. Dengan mengingat hal itu, tidak sulit untuk melihat bahwa Hancock adalah pengguna Haki Sang penakluk yang luar biasa juga. Seberapa kuat tepatnya dia, belum diketahui.

3. Silvers Rayleigh

One Piece - Silvers Rayleigh. (fandom)
One Piece - Silvers Rayleigh. (fandom)

Terkenal sebagai 'Raja Kegelapan,' Silvers Rayleigh adalah mantan Tangan Kanan Bajak Laut Gold D. Roger. Dia adalah pengguna Haki yang sangat kuat dan tidak bergantung pada Buah Iblis apa pun dalam pertempuran.

Haki Rayleigh cukup kuat untuk melumpuhkan beberapa orang sekaligus selama alur Kepulauan Sabaody. Karena Haki Conqueror tumbuh lebih kuat seiring dengan pertumbuhan kekuatan karakter, dapat diasumsikan bahwa Haki Conqueror Rayleigh juga sangat kuat.

4. Sengoku

One Piece - Sengoku dengan kekuatan buah iblis Hito-Hito no Mi, Daibutsu. (fandom)
One Piece - Sengoku dengan kekuatan buah iblis Hito-Hito no Mi, Daibutsu. (fandom)

Sengoku adalah mantan Laksamana Armada Angkatan Laut dan legenda era yang lalu. Julukannya "Sang Buddha," merujuk pada referensi bahwa dia adalah seorang Mitos Zoan Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu.

Sebagai pengguna Haki, Sengoku dikenal cukup kuat, terbukti dari fakta bahwa ia juga menduduki posisi sebagai Fleet Admiral. Selain itu, karakter One Piece ini satu-satunya perwira Angkatan Laut yang diketahui memiliki Haki jenis ini.

5. Kozuki Oden

One Piece - Kozuki Oden. (fandom)
One Piece - Kozuki Oden. (fandom)

Oden adalah Daimyo dari wilayah Kuri di Wano dan pewaris sah posisi Shogun di negeri itu. Sebagai seorang samurai, keterampilan Oden melampaui apa pun yang pernah dilihat negara sebelumnya.

Kekuatannya cukup besar untuk membuatnya melawan orang-orang seperti Kaido dan hampir menang. Menjadi roh bebas dan orang yang kuat, mudah untuk melihat bahwa Haki Penakluk Oden sangat kuat.

Demikian itu uraian berkaitan dengan apa itu conqueror haki dalam serial One Piece. Informasi di atas disarikan dari dua sumber berbeda, yakni onepiecefairytail.fandom.com dan cbr.com.

Semoga dapat dipahami penjelasan soal apa itu Conqueror Haki dan karakter One Piece siapa saja yang bisa menggunakan. (Suara.com/ Mutaya Saroh).

Berita Terkait