Geek

Naruto: Bisakah Goku dari Dragon Ball terjebak dalam Genjutsu?

Apakah Genjutsu dari dunia Naruto bisa menjerat Goku?

Agung Pratnyawan

Goku dan Genjutsu. (HiTekno.com)
Goku dan Genjutsu. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Pertarungan fandom seringkali menjadi tontonan yang menarik, terutama ketika berkaitan dengan beberapa anime yang lebih populer seperti Naruto, Dragon Ball, One Piece, dan Bleach.

Komunitas senang mengadu satu karakter dengan karakter lain di beberapa seri, sering kali menggunakan media sosial untuk berdebat siapa yang bisa mengalahkan siapa dan mengapa.

Salah satu perdebatan yang telah berkecamuk selama bertahun-tahun di beberapa fandom anime adalah apakah Goku dari Dragon Ball mampu ditangkap dan dikalahkan oleh pengguna Genjutsu yang kuat dari Naruto?

Jika kamu juga penasaran bagaimana para penggemar memperdebatkan hal ini, coba cek informasi yang telah dirangkum tim Hitekno.com di bawah ini.

Debat yang terjadi

Dragon Ball - Goku terserang virus jantung. (fandom)
Dragon Ball - Goku terserang virus jantung. (fandom)

Layaknya debat fandom yang sering terjadi, penggemar Dragon Ball yakin jika Goku tidak akan terpengaruh bahkan terjebak dalam Genjutsu Naruto.

Namun bagi penggemar Naruto, mereka menyebut jika Genjutsu akan membuat Goku tidak berkutik. Dan menurut penilaian, penggemar Goku ada benarnya.

Sangat tidak mungkin bahwa Genjutsu akan memiliki efek apa pun pada Goku, atau bahkan jika itu terjadi, efeknya akan terlalu singkat bagi pengguna untuk memiliki dampak signifikan apapun padanya.

Salah satu dari dua hal yang mengatur efektivitas Genjutsu pada korban adalah Chakra, dan yang lainnya adalah ketabahan mental.

Tentang hal ini, Goku dari Dragon Ball memiliki hal yang lebih murni daripada sekadar chakra milik Naruto

Chakra vs Ki

Dragon Ball Super - Goku. (IMDB)
Dragon Ball Super - Goku. (IMDB)

Di alam semesta, Naruto kekuatan karakternya diatur oleh sesuatu yang disebut Chakra. Sedangkan di alam semesta Dragon Ball memiliki sesuatu yang disebut Chi atau Ki.

Meskipun mereka mungkin merasa seperti konsep yang sama dengan nama yang berbeda, itu jelas bukan masalahnya.

Ki atau Chi adalah energi yang mengalir melalui semua makhluk hidup di alam semesta Dragon Ball.

Ini adalah energi kehidupan itu sendiri yang tidak memiliki sumber asal yang pasti. Itu ada bersama dengan kehidupan dan dikatakan mati dengan kehidupan juga.

Namun, Chakra bukan hanya energi kehidupan yang mengalir melalui semua makhluk hidup, tapi chakra ini memiliki titik asal yang pasti, yang kemudian dijelaskan di Naruto: Shippuden.

Oleh karena itu, konsepnya tidak dapat dipertukarkan, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa banyak komunitas merasa bahwa Goku tidak akan terpengaruh oleh Genjutsu.

Teknik itu sendiri membutuhkan gangguan aliran Chakra. lebih khusus lagi, ini membutuhkan gangguan pada bagian energi spiritual Yin.

Jika Chakra dan Ki keduanya dianggap sebagai konsep yang sama oleh beberapa orang, maka Goku memiliki energi Yin dan Yang, spiritual dan fisik.

Selain itu, ia memiliki penguasaan penuh Ki, dan diketahui bahwa salah satu cara terbaik untuk memecahkan Genjutsu di Naruto adalah dengan menghentikan aliran Chakra sepenuhnya.

Selain itu, Goku dengan sangat mudah untuk memanipulasi Ki di tubuhnya sesuka hati.

Jadi, jika Genjutsu benar-benar mempengaruhinya, di dunia di mana Chakra dan Ki adalah konstruksi yang dapat dipertukarkan, maka itu hanya untuk sesaat.

Ketabahan mental dan image training

Naruto - Itachi Uchiha mengeluarkan Genjutsu Tsukuyomi ke Kakashi Hatake. (fandom)
Naruto - Itachi Uchiha mengeluarkan Genjutsu Tsukuyomi ke Kakashi Hatake. (fandom)

Goku sendiri telah melawan ilusi sejak dia menginjak usia remaja. Dia harus menghadapi banyak kemampuan seperti Genjutsu saat tumbuh dewasa.

Bahkan kemudian di Dragon Ball Z, penggemar bisa melihat banyak teknik kuat dari Chiaotzu dan Bibidi, di mana serangan mereka terlihat untuk mengendalikan pikiran orang yang mereka pengaruhi, yaitu Majin Vegeta.

Goku telah mengembangkan ketabahan mental yang kuat melawan ilusi, dan sangat tidak mungkin dia atau sayan lain dalam seri ini akan terpengaruh oleh Genjutsu.

Selain itu, Image Training adalah konsep lain yang diperkenalkan Dragon Ball sebagai bagian dari pelatihan harian karakter.

Di sini, karakter dibuat untuk menggunakan pikiran mereka untuk memainkan bagaimana pertempuran akan berjalan.

Selama arc Namek, penonton diperlihatkan bagaimana Gohan dan Krillin menguji Image Training.

Bulma tanpa sadar mengamati mereka saat kedua karakter berduel dengan pikiran mereka, dengan demikian melatih kekuatan mental dan teknik mereka.

Image Training adalah sesuatu yang telah digunakan Goku sebagai bentuk pelatihan selama bertahun-tahun, dan karena itu, sangat kecil kemungkinannya dia akan diganggu bahkan oleh Genjutsu terkuat di Naruto.

Itulah jawaban apakah Goku dari Dragon Ball bisa terjebak dalam Genjutsu yang ada di Naruto. Kuncinya adalah kekuatan metal bertarung Goku.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait