Geek

Naruto: Mengapa Jiraiya Tidak Dihidupkan Kembali dalam Perang Ninja Besar Keempat? Tak Seperti Hokage Lainnya

Keempat Hokage yang telah meninggal dihidupkan dengan Edo Tensei untuk membantu dalam peperangan, namun kenapa Jiraiya tidak?

Agung Pratnyawan

Naruto - Jiraiya. (fandom)
Naruto - Jiraiya. (fandom)

Hitekno.com - Dalam perang besar Ninja, digunakan Jutsu Edo Tensei untuk menghindupkan kembali beberapa Hokage untuk membantu dalam peperangan. Namun kenapa sosok sebesar Jiraiya tidak dihidupkan kembali?

Ternyata ini alasan mengapa Jiraiya tidak dihidupkan kembali dalam perang ninja besar keempat. Alasannya cukup krusial.

Jiraiya adalah salah satu karakter paling populer di Naruto. Dia dikenal karena perilaku mesum dalam seri ini.

Selain itu, Jiraiya juga dikenal sebagai karakter yang lucu dan kocak, sehingga banyak penggemar terhibur dengan kehadirannya dalam seri.

Selama hidupnya, Jiraiya baik kepada orang-orang dengan niat baik dan terutama kepada anak baptisnya, Naruto.

Namun, musuh-musuhnya takut padanya, karena dia adalah salah satu Shinobi terkuat Konoha.

Bahkan orang seperti Itachi Uchiha memilih untuk melarikan diri dari Jiraiya, daripada melawannya.

Jiraiya dari anime Naruto. (Fandom)
Jiraiya dari anime Naruto. (Fandom)

Kematian Jiraiya sangat merugikan setiap penggemar Naruto. Ketika Kabuto memprakarsai Perang Ninja Besar Keempat, dia menghidupkan kembali setiap shinobi yang kuat, tetapi penggemar bingung ketika mereka tidak melihat Jiraiya di antara shinobi yang bereinkarnasi.

Dilansir dari Sportskeeda, inilah alasan mengapa Jiraiya tidak pernah dihidupkan lagi untuk membantu perang Konoha.

Edo Tensei atau Reinkarnasi Dunia Tidak Murni adalah salah satu teknik paling kuat dan terlarang di Naruto yang bahkan penciptanya, Tobirama Senju, tidak mampu menguasainya.

Namun, setelah beberapa dekade, Kabuto Yakushi adalah satu-satunya orang yang berhasil melakukannya dengan kemampuan luar biasa.

Selama Perang Ninja Besar Keempat, Kabuto menggunakan Edo Tensei menghidupkan kembali setiap shinobi yang kuat, termasuk mantan Kage terhebat.

Setiap penggemar Naruto berharap melihat Jiraiya dalam versi reinkarnasinya. Namun, keinginan mereka tidak terwujud, karena Jiraiya tidak pernah bereinkarnasi oleh Kabuto.

Naruto - Jiraiya. (fandom)
Naruto - Jiraiya. (fandom)

Sebelum Perang Ninja Besar Keempat, Kabuto menjelaskan kepada Obito (dalam penyamaran Madara Uchiha) bagaimana Edo Tensei bekerja.

Untuk bisa mereinkarnasi individu tertentu, pengguna memerlukan DNA atau sampel darah orang tersebut. 

Sampel DNA ini akan dioleskan pada gulungan khusus yang akan berfungsi sebagai media untuk mengaktifkan teknik tersebut.

Namun sayangnya, Jiraiya tidak memiliki darah atau DNA Jiraiya sebab dia tenggelam di laut Amegakure setelah dikalahkan oleh Pain. 

Meskipun mengambil tubuh Jiraiya bisa menjadi bagian tersulit bagi Kabuto, dia mampu melakukannya. 

Namun, Obito menyela pembicaraan, dan sepertinya dia tidak ingin Jiraiya bereinkarnasi.

Kenapa?

Naruto - Jiraiya. (fandom)
Naruto - Jiraiya. (fandom)

Ada alasan masuk akal yang bisa menjawab pertanyaan ini. Keputusan untuk tidak mereinkarnasi Jiraiya adalah untuk kebaikan Naruto sendiri.

Setelah Jiraiya, sosok ayah Naruto meninggal. Ini membuat Naruto memperoleh kedewasaan dan tingkat wawasan yang tinggi, akhirnya menjadikannya pahlawan Konoha dan, kemudian, seluruh dunia shinobi.

Ini juga merupakan ide dari pencipta Naruto, Masashi Kishimoto, yang tidak ingin Jiraiya menjadi penghalang bagi usaha Naruto.

Membunuh Jiraiya sangat penting untuk pengembangan plot. Selanjutnya, Masashi Kishimoto tidak ingin merusak integritas karakter Jiraiya.

Itulah alasan Jiraiya tidak dihidupkan kembali dengan Edo Tensei, tak seperti keempat Hokage yang dimintai tolong dalam peperangan.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait