Geek

Siapa Jane Foster, Apakah Thor versi Cewek?

Kenapa Jane Foster bisa menggunakan palu Mjolnir, ada apa dengan Thor?

Agung Pratnyawan

Thor Love and Thunder - Jane Foster. (Marvel)
Thor Love and Thunder - Jane Foster. (Marvel)

Hitekno.com - Trailer perdana Thor Love and Thunder menyisakan banyak tanda tanya. Salah satunya adalah kemunculan Jane Foster, sosok wanita yang juga membuat Thor kaget. Siapa Jane Foster ini?

Sosok Jane Foster dalam film Thor Love and Thunder ini diperankan oleh Natalie Portman. Dalam trailer perdana Thor tersebut ia muncul di beberapa kesempatan.

Kemunculannya memicu perbincangan para penggemar film superhero Marvel, siapa Jane Foster ini. Apakah Mighty Thor atau Lady Thor yang akan jadi sosok penting.

Sosok Jane Foster sebenarnya pernah muncul di film lama Thor yang rilis pada 2011 silam. Ia adalah wanita yang ditaksir Thor Odinson ketika diasingkan ke Bumi usai dibuat dari Asgard oleh Odin Allfather.

Ia menjadi manusia pertama yang dilihat oleh Thor Odinson saat tiba di Bumi, juga sosok yang membantunya dalam mengambil palu Mjolnir. Saat itu, Mjolnir sedang diamankan oleh S.H.I.E.L.D di Bumi.

Thor Love and Thunder - Jane Foster. (Marvel)
Thor Love and Thunder - Jane Foster. (Marvel)

Hubungan Thor Odinson dan Jane Foster berlanjut dalam film Marvel lainnya, yakni Thor The Dark World yang diluncurkan pada 2013 silam. Ia jadi manusia penting bagi kehidupan superhero Marvel ini.

Setelah itu sosok wanita yang diperankan Natalie Portman ini perannya kecil dalam film Marvel lainnya, hingga kembali lewat trailer perdana Thor Love and Thunder.

Lalu bagaimana seorang wanita biasa memiliki kekuatan khusus seperti superhero, bahkan bisa membawa palu Mjolnir seperti dalam trailer tersebut. Apakah dia Mighty Thor?

Siapa Jane Foster

Thor Love and Thunder - Thor dan Jane Foster. (Marvel)
Thor Love and Thunder - Thor dan Jane Foster. (Marvel)

Sosoknya muncul dalam komik Marvel Journey into Mysteri #83 pada Agustus 1962 silam. Ia disebutkan sebagai sosok perempuan pintar yang berprofesi sebagai ilmuwan astronomi hingga direkrut S.H.I.E.L.D.

Dalam Thor The Dark World, kedekatannya dengan Thor Odinson mengantarkan Jane Foster untuk memahami Konstelasi Penyatuan Sembilan Dunia hingga jadi inang Aether.

Aether sendiri adalah entitas purba yang dimanfaatkan Dark Elf untuk membali membuat semesta dalam era kegelapan. Selain itu, Aether juga dikenal sebagai bentuk cair dari Reality Stone.

Dalam Komik, Jane Foster jadi sosok penting ketika Thor kehilangan kelayakan akan kekuatannya untuk menggunakan Mjolnir ketika berhadapan dengan Gorr the God Butcher.

Ketika Thor tak lagi bisa menggunakan palu Mjolnir, Nick Fury tiba-tiba meminta Jane Foster untuk mencoba mengangkatnya. Mengejutkan, ia bisa mengangkat palu tersebut.

Hal ini seperti sumpah Odin Allfather saat membuat Thor, yang menyebutkan kalau siapapun yang dianggap layak oleh Mjolnir makan bisa mengangkat palu tersebut dan bisa menggunakan kekuatan Thor.

Momen Jane Foster mengangkat palu Mjolnir dan memakai kekuatan Thor ini termuat dalam komik Thor Vol 4 #1 yang diterbitkan Marvel pada Oktober 2014 silam.

Jane Foster dan Thor. (Marvel)
Jane Foster dan Thor. (Marvel)

Jason Aaron selaku penulis komik tersebut, mengatakan kalau Jane Foster bukan sebagai Thor versi perempuan meskipun ia bisa menggunakan Mjolnir dan memiliki kekuatan Thor.

"Ini bukan She-Thor. Bukan Lady Thor. Bukan Thorita. Inilah Thor. Thor dari semesta Marvel. Namun tidak seperti Thor (Thor Odinson) yang kita lihat sebelumnya," kata Jason Aaron di situs resmi Marvel.

Diduga kalau Marvel akan mengangkat kisah Jane Foster sebagai Thor tersebut pada Thor Love and Thunder nanti. Namun tentunya dengan banyak adaptasi dan penyesuaian cerita.

Hal ini senada dengan beberapa hal yang diungkap pada trailer perdana Thor Love and Thunder tersebut. Dari kemunculan Gorr the God Butcher, terus Jane Foster yang menggunakan palu Mjolnir.

Itulah siapa Jane Foster dalam kisah Thor baik dari komik maupun film sebelumnya. Kita nantikan saja sampai Marvel meluncurkan film Thor Love and Thunder pada Juli 2022 mendatang.

Berita Terkait