Geek

Moon Knight: Siapa Khonshu? Dewa Mesir Kuno yang Mencuri Perhatian

Lantas siapa sebenarnya Khonshu dalam mitologi Mesir?

Agung Pratnyawan

Moon Knight - Khonshu. (fandom)
Moon Knight - Khonshu. (fandom)

Hitekno.com - Bagi kamu pecinta serial Moon Knight pasti sudah tidak asing dengan nama Khonshu. Sosok karakter yang memegang perang penting dalam serial Marvel tersebut. Siapa Khonshu sebenarnya?

Nama Khonshu muncul dalam serial Marvel Cinematic Universe (MCU) yaitu Moon Knight. Serial Marvel ini menghadirkan konsep supernatural dengan membawa mitologi Mesir Kuno sebagai salah satu elemen ceritanya.

Tokoh utama dari serial ini adalah Marc Spector atau Steven Grant yang memiliki alter ego sebagai superhero bernama Moon Knight. Namun, ada satu karakter yang terbilang sukses mengalihkan perhatian penonton, yaitu Khonshu.

Hal ini karena karakter yang merupakan Dewa Mesir Kuno tersebut memiliki penampilan yang cukup berbeda ketimbang sejumlah tokoh lainnya.

Lantas siapa sebenarnya Khonshu dalam mitologi Mesir? Berikut penjelasan tentang Khonshu yang HiTekno.com rangkum dari situs resmi Marvel.

Khonshu berasal dari kata "Khons" dan "Chons" adalah dewa bulan Mesir kuno, muncul dalam teks-teks sejauh 2350 SM. Kota pemujaan utama dewa tampaknya adalah Thebes (saat ini sekitar 400 mil selatan ibu kota, Kairo).

Pada zaman dulu, Khonshu adalah dewa kesuburan. Dia juga dianggap sebagai dewa yang kejam dan haus darah, serta dianggap menguasai roh-roh jahat.

Moon Knight - Khonshu. (Marvel)
Moon Knight - Khonshu. (Marvel)

Banyak cendekiawan setuju bahwa namanya berasal dari kata yang berarti "menyeberang" atau "berjalan". Dia juga dianggap sebagai pelindung raja dan rakyat jelata.

Dalam MCU, Khonshu adalah putra Amon Ra, Dewa Matahari. Latar belakang Khonshu sebagai dewa dalam semesta Marvel sedikit berbeda dengan mitologi aslinya.

Hal ini karena selain mendapat julukan Dewa Bulan, Khonshu juga mendapat sebutan sebagai Dewa Pembalasan Dendam dalam semesta Marvel.

Sebutan ini muncul karena Khonshu suka membasmi kejahatan demi melindungi orang lain atau pengikutnya. Meski dapat menunjukkan wujudnya selama beberapa waktu, Khonshu tak bisa turun tangan langsung buat membasmi kejahatan yang terjadi pada muka Bumi.

Akibatnya, Khonshu harus menggunakan avatar atau wadah buat melakukan hal tersebut.

Avatar Khonshu yang paling dikenal oleh penggemar Marvel adalah Marc Spector yang kemudian membasmi kejahatan dengan alter ego Moon Knight.

Namun, dalam versi serialnya terungkap bahwa Arthur Harrow ternyata dulunya juga merupakan avatar Khonshu. Khonshu adalah Dewa Mesir yang mewakili bulan dan berperan melindungi mereka yang bepergian di malam hari.

Moon Knight.(IMDB)
Moon Knight.(IMDB)

Khonshu mempunyai beberapa nama julukan seperti God of the Moon, God of Vengeance, hingga God of Time karena mampu melakukan time travel tanpa batas.

Di sisi lain, Khonshu terus-menerus berperang melawan ayahnya, Ammon Ra sang Dewa Matahari. Pertarungan menggunakan avatar yang terjadi selama berabad-abad ini pun ujungnya selalu dimenangkan Khonshu.

Lantas saat kecewa tidak diundang jadi anggota Stone Age Avengers, Khonshu akhirnya memilih avatar dari ras manusia. Tujuannya, supaya Khonshu dapat mewujudkan kehendaknya di Bumi dan mendatangkan masalah bagi Avengers.

Menariknya, Khonshu dan para Moon Knight pimpinannya sering melawan Kang the Conqueror, villain kuat spesialisas time travel. Dalam pertarungan selama ratusan tahun itu, para Moon Knight berjuang menghentikan Kang yang berambisi merebut artefak berkekuatan dahsyat. 

Itulah penjelasan siapa Khonshu dalam serial Moon Knight. Buat kamu yang menonton serial Marvel ini pasti penasaran dengan sosok Dewa Mesir Kuno tersebut.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait