Geek

Dragon Ball: Siapa Nama Asli Goku, Banyak yang Salah Sangka

Bukan Kakarot, siapa sebenarnya Goku ini?

Agung Pratnyawan

Dragon Ball - Goku. (fandom)
Dragon Ball - Goku. (fandom)

Hitekno.com - Buat kamu yang suka dengan anime dan manga Dragon Ball pasti akan terkejut dengan nama asli Goku yang ternyata bukan Kakarot.

Nama rahasia Goku secara intrinsik terkait dengan asal-usul yang lahir dari novel besar asal Tiongkok yang berkisah tentang Perjalanan ke Barat (Journey to West).

Dalam draf asli Akira Toriyama untuk Dragon Ball, seperti yang diungkapkan dalam sebuah wawancara untuk  buku panduan Dragon Ball Daizenshuu 2, menggambarkan Goku sebagai bocah monyet.

Draf keduanya lebih dekat dengan seorang anak laki-laki dengan pakaian pelaut yang mengendarai awan Flying Nimbus.

Literasi ketiga dan terakhirnya berada di jalan tengah antara monyet dan anak laki-laki pelaut seperti yang dikenal penggemar hari ini.

Dragon Ball - Draf awal Goku oleh Akira Toriyama . (fandom)
Dragon Ball - Draf awal Goku oleh Akira Toriyama . (fandom)

Draf terakhir ini karena usahanya untuk sedekat mungkin dengan sumber materi adaptasinya, Journey to the West .

Bahan sumber ini nantinya akan terbukti menjadi sumber dari asal usul nama Son Goku, yang dengan sendirinya merupakan terjemahan bahasa Jepang dari yang paling populer Perjalanan ke barat atau Journey to West.

Son Goku adalah terjemahan Jepang dari nama Cina Sun Wukong. Nama Goku, pada dasarnya, adalah Sun Wukong. 

Namun koneksi antara Goku dengan Sun Wukong tidak berakhir di situ, bagaimanapun, sebagai nama alternatif Goku juga memiliki hubungan yang mendalam dengan perjalanannya sebagai seniman bela diri.

Dalam kisah asli Perjalanan ke Barat, seorang biksu Buddha bernama Tang Sangzang ditugaskan melakukan perjalanan ke India untuk mengambil satu set gulungan kitab Buddha.

Dragon Ball - Goku. (fandom)
Dragon Ball - Goku. (fandom)

Sepanjang jalan ia bertemu dengan sekelompok setan yang kemudian menjadi sekutunya yang paling kuat. Salah satu sekutu itu adalah Sun Wukong sendiri, dan namanya sendiri menggambarkan perjalanan panjangnya menuju pencerahan.

Sun Wukong, dan dengan ekstensi nama Son Goku, dapat diterjemahkan sebagai "tercerahkan untuk kekosongan" atau "sadar akan kekosongan."

Ini sangat berpengaruh terhadap sifat dan visi-misi Son Goku yang ingin mencapai level Ultra Instinct yang lebih tinggi dalam cerita anime dan manga Dragon Ball.

Dalam bab 63 Dragon Ball Super, Merus yang sedang berlatih malaikat mengorbankan hidupnya untuk menyegel teknik penyalinan kekuatan Moro.

Kematiannya pada akhirnya memicu kenaikan Goku ke Mastered Ultra Instinct sekali lagi, bukan karena kesedihan atau kemarahan yang luar biasa, tetapi karena Goku telah belajar untuk mengontrol perasaannya dan bahkan menghilangkannya.

Dragon Ball - Goku. (fandom)
Dragon Ball - Goku. (fandom)

Dengan level Ultra Instinct yang lebih besar lagi di cakrawala, tidak diragukan lagi perjalanan Goku akan berlanjut menuju jalan pencerahan ini. 

Pelatihan seni bela diri selama beberapa dekade telah membawanya ke titik ini, namun rahasia dan nama aslinya mengungkapkan tujuan akhir sejak awal.

Itulah nama asli Goku sebenarnya seperti dilansir dari ScreenRant. Manga legendaris karya Akira Toriyama.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait