Geek

Naruto: Mengapa Kakashi Memilih Melatih Sasuke Daripada Naruto di Final Ujian Chunin

Kenapa Kakashi tidak melatih Naruto? Malah memilih Sasuke?

Agung Pratnyawan

Naruto - Team 7: Sasuke Uchiha, Kakashi Hatake, Sakura Haruno, Naruto Uzumaki. (Fandom)
Naruto - Team 7: Sasuke Uchiha, Kakashi Hatake, Sakura Haruno, Naruto Uzumaki. (Fandom)

Hitekno.com - Ternyata, inilah alasan mengapa Kakashi memilih melatih Sasuke daripada Naruto di babak final Ujian Chunin dirangkum dari CBR.com.

Busur "Ujian Chunin" Naruto adalah salah satu babak yang cukup menarik di serial Naruto.

Ditawarkan kepada shinobi peringkat Genin, ujian tersebut adalah serangkaian tes mental dan fisik yang dirancang untuk menentukan siapa yang mampu naik ke peringkat Chunin.

Sesuai dengan sifatnya, Ujian Chunin sangat melelahkan, dirancang untuk mendorong peserta mencapai batas kemampuan mereka.

Namun ada yang menarik dari busuk Ujian Chunin ini. Pada saat final, Kakashi Hatake lebih memilih melatih Sasuke Uchiha daripada Naruto.

Ya, pada bulan antara akhir penyisihan dan putaran final Ujian Chunin, Sasuke menjalani pelatihan intensif dengan instruktur dan pemimpin Tim 7, elit Copy Ninja Hatake Kakashi.

Hal ini pun menimbulkan beragam pertanyaan dari pecinta animasi Naruto.

Game PC Naruto to Boruto: Shinobi Striker. (Bandai Namco)
Game PC Naruto to Boruto: Shinobi Striker. (Bandai Namco)

Lantas, mengapa Kakashi lebih memilih melatih Sasuke daripada Naruto?

Alasan utama di balik pelatihan Kakashi Hatake dengan Sasuke Uchiha berkaitan erat dengan teknik Sharingan.

Dalam episode 39, "Bushy Brow's Jealousy: Lions Barrage Unleashed!," Sasuke menggunakan Sharingan untuk meniru gaya taijutsu Rock Lee yang sangat kuat, meskipun hanya pernah menyaksikannya sekali. 

Pada saat itu, Kakashi Hatake menyadari bahwa penguasaan Sasuke Uchiha atas Sharingan telah meningkat pesat selama Ujian Chunin.

Baik Kakashi dan Sasuke memiliki jutsu Sharingan yang misterius. Mata Sharingan Kakashi adalah yang membantunya menyalin lebih dari 1.000 jutsu, sementara Sasuke adalah yang membantunya menyalin lebih dari 1.000 jutsu.

Sementara Sasuke dapat menggunakan teknik berdasarkan garis keturunannya. 

Karena Sasuke adalah satu-satunya Uchiha yang masih hidup di Desa Konoha dan Kakashi adalah satu-satunya pemilik kemampuan Sharingan di desa tersebut, masuk akal jika Kakashi menginstruksikan Sasuke secara pribadi.

Naruto - Kakashi melatih Sasuke. (fandom)
Naruto - Kakashi melatih Sasuke. (fandom)

Selain itu, Kakashi Hatake dan Sasuke keduanya memiliki afinitas untuk transformasi kilat di chakra mereka.

Afinitas inilah yang memungkinkan Kakashi untuk mengajari Sasuke satu-satunya teknik aslinya: Pedang Petir, atau sering disebut Chidori.

Chidori unik karena termasuk dalam kategori ninjutsu dan taijutsu. Sementara Pedang Petir menggabungkan chakra pengguna ke dalam transformasi seperti kilat yang terkonsentrasi, itu juga merupakan serangan jarak dekat.

Itulah alasan masuk akal mengapa Kakashi memilih melatih Sasuke daripada Naruto.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait