Geek

7 Rekomendasi Aplikasi Video Call untuk Mudik Virtual, Praktis dan Hemat Biaya

Bagi yang belum bisa pulang kampung, manfaatkan aplikasi video call ini untuk mudik virtual.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi video call. (Pixabay/ mohamed Hassan)
Ilustrasi video call. (Pixabay/ mohamed Hassan)

Hitekno.com - Masih belum bisa mudik, bukan berarti menghalangi untuk silaturahmi. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum rekomendasi aplikasi video call untuk mudik virtual.

Tak seperti tahun sebelumnya, kali ini pemerintah membolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Meski begitu, tidak semua orang bisa mudik di tahun 2022 ini karena satu dan lain hal. Bagi kamu yang tidak bisa mudik, kamu bisa melakukan mudik virtual.

Rekomendasi aplikasi video call untuk mudik virtual banyak tersedia secara gratis di Play Store, App Store, bahkan aplikasi untuk PC. Mudik virtual adalah silaturahmi dengan keluarga, sanak saudara dan teman di Lebaran ini menggunakan video call. Bertatap muka dengan menggunakan aplikasi.

Dengan kemajuan teknologi saat ini siapa saja dalam berinteraksi. Hanya dengan modal koneksi internet kencang dan perangkat canggih, kamu sudah dapat melakukan video call ke segala penjuru dunia.

Berikut rekomendasi aplikasi video call untuk mudik virtual yang Hitekno.com rangkum untuk kamu.

1. WhatsApp Messenger

Panggilan video via WhatsApp dekstop. (Blog WhatsApp)
Panggilan video via WhatsApp dekstop. (Blog WhatsApp)

WhatsApp adalah aplikasi yang sudah banyak digunakan diseluruh dunia. Aplikasi ini paling sering digunakan untuk berkomunikasi. WhatsApp memiliki fitur video call dengan 8 orang dalam satu panggilan.

Caranya, telepon orang ingin dihubungi lewat video call, setelah tersambung ketuk ikon '+' lalu tambahkan peserta video call.

2. Zoom

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan video call hingga 1.000 orang sekaligus. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk merekam aktivitas video call.

Dengan begitu, kamu dapat menyimpan kenangan saat mudik virtual. Sayangnya kamu harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan akses video call dengan durasi yang lebih lama.

3. Google Meet

Google Meet di laptop. (Google)
Google Meet di laptop. (Google)

Aplikasi ini  memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan rekan dan keluarga melalui video call. Melalui Google Meet kamu dapat melakukan video call bersama banyak orang hingga 350 orang.

Kamu bisa mudik virtual bersama keluarga besar dan saling mengucapkan maaf lahir batin pada lebaran nanti.

4. Discord

Aplikasi Discord. (discordapp.com)
Aplikasi Discord. (discordapp.com)

Discord sebenarnya dibuat khusus untuk para gamer. Di aplikasi video call ini kamu bisa menemukan komunitas game untuk berbagai pengalaman dan membahas berbagai cara atau strategi dengan gamer lain.

Menariknya, kamu juga bisa menelepon dan melakukan chatting di dalam game melalui aplikasi ini. Discord mendukung berbagai game online seperti LoL, CS GO, dan masih banyak lagi.

5. Google Duo

Fitur baru Google Duo. (blog.Google)
Fitur baru Google Duo. (blog.Google)

Aplikasi ini bisa menampung 12 orang dalam satu kali panggilan. Cara memakai aplikasi masuk ke aplikasi kemudian pilih "Create Group" dan undang orang yang ingin diajak ngobrol.

Bila Google Duo ditautkan dengan Gmail, mereka yang punya alamat email kamu juga bisa menghubungi via Google Duo.

6. LINE: Calls & Messages

Cara Pakai Line di PC. (LINE)
Cara Pakai Line di PC. (LINE)

Rekomendasi aplikasi video call ini bukan hanya menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat cocok untuk kalangan muda. Namun, pengguna juga memiliki hak penuh untuk mengamankan data personal dengan cara disable acces melalui menu pengaturan.

Line memiliki beberapa fitur standar aplikasi chatting, mulai dari voice call, video call, berbagi foto dan video, mengirim pesan suara, sticker, timeline, Line today, Line opencart, dan beragam filter wajah terbaru yang dapat digunakan secara gratis.

7. Facebook Messenger

Facebook Messenger Rooms. (Facebook)
Facebook Messenger Rooms. (Facebook)

Facebook Messenger merupakan salah satu yang satu perusahaan dengan WhatsApp. Platform ini bisa dijadikan alternatif lain jika WhatsApp sedang mengalami down.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, kamu juga bisa berkirim pesan chat, dan melakukan video call. Satu hal yang berbeda, pada Facebook Messenger kamu tidak perlu tahu nomor telepon seseorang yang akan kamu kirimi pesan.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi video call untuk mudik virtual yang bisa menjadi obat rindu untuk kamu yang tidak bisa mudik tahun 2022 ini. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait