Geek

Jujutsu Kaisen: Kenapa Satoru Gojo Memakai Penutup Mata?

Ini penjelasan kreator Jujutsu Kaisen soal penutup mata Satoru Gojo.

Agung Pratnyawan

Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (HiTekno.com)
Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Kenapa Satoru Gojo memakai penutup mata dalam setiap kemunculannya? Karakter anime Jujutsu Kaisen  ini memang mencolok perhatian dengan penutup mata yang dikenakannya.

Berikut ini adalah alasan paling masuk akal mengapa Satoru Gojo memakai penutup mata di sepanjang seri anime Jujutsu Kaisen seperti dirangkum tim HiTekno.com dari Sportskeeda.

Jujutsu Kaisen menjadi salah satu anime yang populer sejak kemunculannya. Diangkat dari manga yang memang sudah punya penggemar sendiri, popularitas anime ini pun langsung melejit.

Dan pada musim kedua, yang diperkirakan akan tayang sekitar tahun 2023, penonton akan diajak lebih dekat beberapa misteri yang masih tersisa dari set episode pertama.

Apa yang paling membuat para penggemar penasaran hingga saat ini adalah mengapa Satoru Gojo, salah satu protagonis utama dari serial ini, mengenakan penutup mata dan bagaimana dia melihat dunia?

Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)
Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)

Untuk memahami mengapa Satoru memilih untuk memakai penutup mata di anime, penggemar tak perlu memeriksa beberapa teori yang pernah muncul di situs Reddit.

Sebab Gege Akutami, sang pencipta sendiri, telah menjawab rasa penasaran penonton dalam fanbook resmi Jujutsu Kaisen.

Jadi, kenapa Satoru Gojo memakai penutup mata?

Berikut ini adalah jawaban dari Gege Akutami:

"Terus terang, Six Eyes adalah mata yang menunjukkan energi terkutuk dengan sangat detail. Dia bahkan bisa melihat seperti termografi resolusi tinggi saat memakai penutup mata. Dia bahkan dapat mengenali hal-hal yang tidak memiliki energi terkutuk, seperti bangunan, melalui residu dan aliran energi terkutuk."

Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)
Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)

Dengan kata lain, Satoru Gojo menjadi karakter yang tak ingin hanya melihat karakter lain dengan mata fisiknya saja. Sebab kemampuan mata fisik sangatlah terbatas.

Oleh sebab itu, Satoru Gojo memilih menutup matanya dan menggunakan mata keenam untuk melihat energi dari seseorang.

Sebab mata keenam justru memperlihatkan energi terkutuk dari karakter tertentu dengan sangat detail dan terperinci.

Lebih lanjut kata Akutami

"Di sisi lain, jika dia tidak memakai penutup mata, dia akan mudah lelah, meskipun dia menggunakan teknik kutukan terbalik untuk menjaga otaknya tetap segar. Jika orang biasa memakai kacamata hitam Gojo, mereka tidak akan bisa melihat apa pun selain kegelapan pekat."

Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)
Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)

Artinya, Satoru Gojo diklaim bisa menghemat energi ketika mata fisiknya ditutup. Sebab melihat hal-hal yang tidak terlalu penting bisa menguras energi.

Sebagai informasi, terkhusus buat kamu yang belum sepenuhnya mengenal Satoru Gojo.

Satoru Gojo memiliki Enam Mata dan tak terbatas, yang merupakan teknik kutukan yang diwariskan keluarganya.

Ini terbukti menjadi salah satu kemampuan paling kuat dalam seri, dan terus-menerus menggunakan penglihatannya yang tinggi membuat Satoru mudah lelah ketika dia tidak secara langsung menghalangi penglihatannya dengan sesuatu yang buram.

Dengan menggunakan penutup mata, atau kacamata hitam, Satoru diklaim mampu melumpuhkan sebagian besar kekuatan dan intensitas kemampuannya. 

Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)
Jujutsu Kaisen - Satoru Gojo. (fandom)

Sebab dengan mata tertutup pun, sejatinya Satoru mampu merasakan segalanya karena kekuatannya membuat indra dan persepsinya terasa seperti sesuatu yang mirip dengan termografi.

Itulah alasan kenapa Satoru Gojo memakai penutup mata. Para penggemar anime Jujutsu Kaisen harus mengetahuinya.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait