Geek

7 Rekomendasi Anime Mecha, Tak Sekadar Perang Robot Belaka

Dari sekian banyak anime mecha yang ada, berikut ini rekomendasi yang harus kamu tonton.

Agung Pratnyawan

Full Metal Panic!. (fandom)
Full Metal Panic!. (fandom)

Hitekno.com - Penyuka perang robot besar? Ada rekomendasi anime mecha yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Anime memang sangat seru untuk diikuti. Salah satu genre anime seru yang banyak ditonton adalah anime mecha. Anime mecha memiliki ciri khas, seperti adanya robot atau pertempuran antar galaksi. Selain menceritakan tentang robot dan teknologi, anime ini juga berisikan tentang perjalanan ke Luar Angkasa dan zaman baru di masa depan.

Rekomendasi anime mecha genre biasanya seringkali dibalut dengan genre lain seperti drama, romance, action, dan sebagainya yang tentunya menambah cita rasa dalam cerita. Sudah menjadi hal yang sangat umum bahwa mecha merupakan genre yang terkadang tidak bisa lepas dari genre lainnya.

Di era 90-an, anime mecha dipopulerkan oleh anime Gundam yang melegenda hingga sekarang. Genre anime ini juga banyak digemari dan terus berkembang hingga kini.

Berikut rekomendasi anime mecha yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Mobile Suit Gundam 00

Mobile Suit Gundam 00. (IMDB)
Mobile Suit Gundam 00. (IMDB)

Mobile Suit Gundam 00 menceritakan tentang kehidupan umat manusia telah pindah ke ruang angkasa. Raja Zeon mengumumkan perang terhadap Federasi Bumi, badan pemerintahan yang sekarang memerintah Bumi. Dengan menggunakan robot humanoid kuat yang dikenal sebagai Mobile Suit.

Sembilan bulan konflik berlangsung, Federasi Bumi telah mengembangkan sebuah Mobile Suit yang kuat disebut Gundam. Ketika Zeon melancarkan serangan ke sebuah koloni yang memegang Gundam, seorang warga sipil 15 tahun bernama Amuro Ray tiba-tiba terlempar ke dalam sebuah konflik tak berujung.

2. Code Geass: Lelouch of the Rebellion

Code Geass: Lelouch of the Rebellion. (IMDB)
Code Geass: Lelouch of the Rebellion. (IMDB)

Code Geass menceritakan usaha Lelouch yang menyamar sebagai Zero dalam usahanya untuk menyelamatkan adiknya, Nunnally. Meskipun memiliki tema yang sangat serius, kelakuan Lelouch sebagai Zero yang sangat teatrikal selalu bisa mengundang tawa. Code Geass juga memiliki ending yang tragis.

3. Neon Genesis Evangelion

Neon Genesis Evangelion. (IMDB)
Neon Genesis Evangelion. (IMDB)

Neon Genesis Evangelion merupakan anime mecha yang diproduksi oleh Gainax dan dianimasikan oleh Tatsunoko. Bisa dikatakan bahwa Neon Genesis Evangelion merupakan salah satu anime mecha terbaik yang pernah ada, bahkan juga sempat direkomendasikan oleh Elon Musk, yang merupakan CEO Tesla melalui akun Twitter resminya.

Evangelion berlatar di lima belas tahun setelah bencana alam di seluruh dunia, khususnya di kota berbenteng futuristik Tokyo-3. Protagonisnya adalah Shinji, seorang remaja laki-laki yang direkrut oleh ayahnya Gendo ke organisasi bayangan Nerv untuk mengemudikan bio-mesin raksasa bernama "Evangelion" ke dalam pertempuran melawan makhluk yang dikenal sebagai "Angels".

4. Tengen Toppa Gurren Lagann

Tengen Toppa Gurren Lagann. (IMDB)
Tengen Toppa Gurren Lagann. (IMDB)

Tengen Toppa Gurren Lagann bercerita mengenai petualangan Simon dan kakak angkatnya Kamina dalam melawan Lordgenome dan pasukannya. Mecha yang ada di sini disebut memiliki ukuran 100 kali lipat dari galaksi Bima Sakti. Banyak kisah pengorbanan di anime ini yang akan membuat kamu menangis.

5. Darling in the FranXX

Darling in the FranXX. (IMDB)
Darling in the FranXX. (IMDB)

Darling in the FranXX merupakan anime mecha yang dibalut dengan genre fiksi ilmiah dan romansa. Cerita Darling in the FranXX  ini berlatar di masa depan distopia, di mana anak-anak dibuat secara artifisial dan indoktrinasi semata-mata untuk membela sisa-sisa peradaban.

Karakter utama dalam anime ini berpusat pada Hiro, seorang anak laki-laki dengan codename "016" dan pernah dikenal sebagai anak ajaib di antara anak-anak lainya. Hiro diceritakan berpartner dengan Zero Two, yang merupakan heroine utama, terutama saat menggunakan mecha tempurnya untuk melawan musuh. Sepanjang jalan ceritanya, Hiro dan Zero Two pun menyimpan rasa yang sama.

6. SSSS.Gridman

SSSS.Gridman. (IMDB)
SSSS.Gridman. (IMDB)

SSSS.Gridman adalah anime mecha 2018 yang diproduksi oleh Studio Trigger dan Tsuburaya Productions. Anime ini berpusat pada karakter bernama Yuta Hibiki, seorang siswa sekolah menengah tahun pertama yang diceritakan amnesia dan kini tinggal di kota fiksi Jepang Tsutsuji Dai.

Suatu hari, Yuta bertemu dengan Hyper Agent Gridman di komputer lama milik temannya, yang menyatakan bahwa bocah itu memiliki misi yang harus dipenuhi. Yuta akhirnya dapat bergabung dengan Gridman untuk melawan kaiju.

7. Full Metal Panic!

Full Metal Panic!. (IMDB)
Full Metal Panic!. (IMDB)

Full Metal Panic! berfokus pada karakter Sousuke, anggota organisasi militer Mithril yang harus menyamar sebagai anak SMA untuk melindungi Kaname. Sousuke sudah hidup sebagai tentara dari kecil yang membuatnya kaku dalam interaksi sosial yang menjadi sumber lelucon di Full Metal Panic!.

Meskipun memiliki unsur komedi yang kental, Full Metal Panic! juga memiliki aksi mecha yang tak kalah asik karena mengusung konsep yang cukup realistis.

Itulah rekomendasi anime mecha yang bisa kamu tonton di waktu luang. Mana yang tertarik kamu tonton? 

Berita Terkait