10 Tips Main Game Android Lancar Tanpa Lag Mudah

Ingin main game Android lancar tanpa lag? Ikuti tips berikut ini.

Agung Pratnyawan
Selasa, 18 Juli 2023 | 08:41 WIB
Main game dengan HP Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Main game dengan HP Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Perkembangan teknologi telah menghadirkan banyak kesempatan bagi para pecinta game untuk menikmati pengalaman bermain game di perangkat seluler mereka. Namun, seringkali kita mengalami masalah yang umum terjadi saat bermain game di Android, yaitu lag atau kelambatan yang mengganggu pengalaman bermain.

Untuk membantu Anda menikmati permainan favorit Anda tanpa hambatan, berikut adalah beberapa tips untuk memainkan game Android dengan lancar tanpa lag sebagaimana yang dilansir dari situs Malas Media dibawah ini :

  1. Perbarui Perangkat Lunak dan Game: Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Android dan pembaruan game terbaru. Pembaruan tersebut sering kali mengatasi masalah performa dan memperbaiki bug yang dapat menyebabkan lag. Terutama jika anda memainkan tipe Game Android Offline.
  2. Kosongkan Ruang Penyimpanan: Kinerja game Android dapat dipengaruhi oleh ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda. Pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia untuk menjalankan game dengan lancar. Hapus aplikasi yang tidak perlu atau pindahkan file-file besar ke penyimpanan eksternal.
  3. Tutup Aplikasi Latar Belakang: Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mempengaruhi kinerja permainan. Pastikan Anda menutup aplikasi yang tidak diperlukan untuk membebaskan sumber daya sistem. Anda dapat menggunakan manajer tugas bawaan perangkat Anda atau aplikasi pihak ketiga untuk memantau dan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  4. Matikan Pemberitahuan: Pemberitahuan yang sering muncul saat bermain game dapat mengganggu konsentrasi dan mempengaruhi performa permainan. Matikan pemberitahuan atau atur mode "Do Not Disturb" untuk menghindari gangguan yang tidak perlu.
  5. Kurangi Pengaturan Grafis: Jika permainan yang Anda mainkan terlalu berat untuk perangkat Anda, pertimbangkan untuk mengurangi pengaturan grafis permainan. Turunkan resolusi, tingkatkan skala render, atau matikan efek-efek visual yang membutuhkan sumber daya yang tinggi. Hal ini akan membantu meningkatkan kecepatan frame per detik (FPS) dan mengurangi lag.
  6. Nonaktifkan Animasi Sistem: Animasi sistem yang indah pada antarmuka Android dapat mempengaruhi kinerja permainan. Nonaktifkan atau kurangi durasi animasi sistem di pengaturan perangkat Anda untuk mengoptimalkan performa game.
  7. Gunakan Mode Permainan: Beberapa perangkat Android memiliki mode permainan bawaan yang dapat meningkatkan performa permainan. Mode ini akan memprioritaskan sumber daya sistem untuk permainan dan menonaktifkan proses latar belakang yang tidak perlu.
  8. Bersihkan Cache Secara Berkala: Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu muat dan mengurangi penggunaan data. Namun, cache yang terlalu banyak dapat menghambat kinerja perangkat. Bersihkan cache secara berkala melalui pengaturan perangkat Anda atau dengan bantuan aplikasi pembersih cache.
  9. Restart Perangkat Secara Teratur: Restart perangkat Anda secara teratur dapat membantu menghapus sementara file-file yang tidak perlu dan memperbaharui sumber daya sistem. Hal ini dapat meningkatkan kinerja permainan dengan menghilangkan lag yang mungkin terjadi akibat penggunaan yang berlebihan.
  10. Perangkat Keras yang Cukup: Terakhir, pastikan perangkat Android Anda memenuhi persyaratan minimum yang diperlukan oleh game yang ingin Anda mainkan. Jika perangkat Anda memiliki spesifikasi yang rendah, Anda mungkin mengalami lag bahkan setelah mengoptimalkan pengaturan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan performa permainan Android Anda dan menikmati pengalaman bermain yang lebih lancar dan tanpa lag. Selamat bermain!

Baca Juga: 6 Kelebihan Vivo V27 Series Sebagai Daily Driver, Cocok buat Main Game?

Berita Terkait
TERKINI

Siapa saja pro player Valoran asal Indonesia yang meramaikan VCT Pacific Stage 2....

games | 11:21 WIB

Apa saja yang ada dari booster pack Topeng Transfigurasi ini?...

games | 11:19 WIB

Pada update Honkai Star Rail kali ini, Stellaron Hunter Firefly dan Jade akan hadir untuk menyaksikan perkembangan selan...

games | 10:05 WIB

Tears of Themis kembali mendapatkan event terbatas, yakni Cherished Memories....

games | 09:50 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 17:07 WIB

Update Genshin Impact terbaru ini menghadirkan tiga Karakter baru yang dapat dimainkan, yaitu Clorinde, Sigewinne, dan S...

games | 09:11 WIB

Aura, Echo dan Team Liquid sangat antusias dengan babak baru ini....

games | 11:12 WIB

Selain kembalinya map legendaris, Call of Duty Mobile juga menghadirkan Machine Pistol baru....

games | 13:50 WIB

Segera rilis global, Pra-registrasi Honor of Kings sudah dibuka....

games | 15:59 WIB

Festival High 5 merayakan kerja sama tim dan para pemain di Honor of Kings....

games | 16:25 WIB

Apa saja yang baru dari update Honkai Star Rail versi 2.2 ini?...

games | 09:47 WIB

Jangan lewatkan pra-registrasi Zenless Zone Zero....

games | 14:14 WIB

Siap-siap, apa saja yang disiapkan dalam event waktu terbatas di Tears of Themis....

games | 16:23 WIB

Melalui update Genshin Impact ini, pemain dapat menantikan Arlecchino, Fatui Harbinger ke-4, sebagai anggota party yang ...

games | 13:07 WIB

Acara Khusus Fan Art Genshin Impact HoYoFair2024 akan disiarkan secara langsung pada 13 April 2024....

games | 10:21 WIB

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB
Tampilkan lebih banyak