Bukti Filipina Merajai Mobile Legends, M2 hingga M4 Diborong

ECHO sukses menjuarai M4 World Championship, jadi bukti hebatnya Filipina mendominasi turnamen Mobile Legends.

Agung Pratnyawan

Posted: Senin, 16 Januari 2023 | 14:40 WIB
Pemain ECHO di M4. (Instagram/ echophilippines)

Pemain ECHO di M4. (Instagram/ echophilippines)

Hitekno.com - Dengan kemenangan ECHO atas Blacklist International di final M4 World Championship, membuktikan begitu besar dominasi Filipina dalam turnamen esports Mobile Legends.

Dalam laga final M4 World Championship kemarin, kita menyaksikan duel dua tim Filipina yang sebelumnya sukses menghabisi wakil regional lainnya.

Bagaimana kemenangan ECHO 4-0 tanpa balas dengan Blacklist International yang sebelumnya mengalahkannya, memperliihatkan betapa kompetitif mereka.

Baca Juga: Hasil Pertandingan dan Bracket Playoff M4 Mobile Legends, dari Day 1 hingga Grand Final

Keberhasilan dua tim Mobile Legends asal Filipina di M4 World Championship tersebut berbanding terbailik dengan dua wakil Indonesia.

Yakni RRQ Hoshi dan ONIC Esports, yang keduanya harus menerima kekalahan dan puas untuk posisis ketiga dan keempat saja.

Menariknya, langkah keduanya ke final M4 World Championship tersebut juga gegara dikalahkan kedua tim asal Filipina.

Baca Juga: Bantai Blacklist, ECHO Jadi Juara M4 World Championship Mobile Legends

Ini adalah kesekian kalinya tim Filipina mendominasi turnamen Mobile Legends, tepatnya di kancah internasional.

Suara.com merangkum jejak tim Filipina di Mobile Legends, beserta laga yang mereka menangkan. Berikut ulasannya, dikutip dari Liquipedia, Senin (16/1/2023).

M4 World Championship: ECHO

Baca Juga: 6 Item Build Lapu-Lapu Tersakit ala ECHO Sanford, Bikin RRQ Tumbang di M4

ECHO jadi juara M4 World Championship. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)
ECHO jadi juara M4 World Championship. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)

Seperti disebutkan di atas, ECHO sukses menundukkan Blacklist International dengan skor 4-0 tanpa balas. Namun kedua tim ini juga yang menyingkirkan perwakilan Indonesia, RRQ Hoshi dan Onic Esports.

RRQ Hoshi sebelumnya kalah dari Blacklist International di Semifinal Upper Bracket dengan skor 3-2. Setelah turun ke Lower Bracket, mereka juga kalah dari sang juara, ECHO dengan skor 3-1.

Sementara itu Onic Esports juga kalah dari ECHO di Semifinal Upper Bracket dengan skor 3-1. Langkah Onic di M4 terhenti usai kalah dari RRQ Hoshi dengan skor 3-0 tanpa balas.

Baca Juga: Sang Raja Tersingkir di M4, Akun Instagram Pelatih RRQ Tiba-tiba Hilang

Lalu di babak penyisihan grup, RRQ Hoshi juga menelan kekalahan dari ECHO. Saat itu mereka kalah sekali dalam format pertandingan Best of 1 (BO1), yang mana itu membuat mereka ada di peringkat kedua Grup C di bawah ECHO.

MSC 2022: RSG PH

RSG PH juara MSC 2022. (youtube/MPL Indonesia)
RSG PH juara MSC 2022. (youtube/MPL Indonesia)

Juara MSC 2022 atau turnamen Mobile Legends tingkat Asia Tenggara juga diperoleh tim asal Filipina, RSG PH. Kompetisi ini diselenggarakan pada 26 Mei 2022.

Indonesia sendiri diwakili oleh RRQ Hoshi dan Onic Esports. Keduanya adalah juara 1 dan runner up di MPL ID Season 9.

Onic Esports lebih dulu tersingkir karena hanya menempati peringkat ketiga di klasemen Grup A. Di babak penyisihan grup, Onic meraih kekalahan sekali dan imbang sekali, membuatnya ada di posisi bontot dari Falcon Esports dan Todak.

RRQ Hoshi sedikit gemilang di turnamen ini karena berhasil menembus babak Grand Final MSC 2022. Bahkan mereka sempat mengalahkan perwakilan Filipina, RSG PH di babak Final Upper Bracket dengan skor 3-1.

Meski turun ke Final Lower Bracket, RSG PH sukses mengalahkan rekan senegaranya, Omega Esports dengan skor 3-2. Hal ini membuat mereka kembali melaju ke Grand Final dan bertemu lagi dengan RRQ Hoshi.

Namun di babak ini RSG PH sukses membalaskan dendamnya. Mereka menang 4-0 tanpa balas atas RRQ Hoshi, menjadikan RSG PH keluar sebagai juara MSC 2022.

M3 World Championship: Blacklist International

Blacklist International juarai M3 World Championship. (MOONTON Games)
Blacklist International juarai M3 World Championship. (MOONTON Games)

Blacklist International dari Filipina keluar sebagai juara M3 usai mengalahkan rekan senegaranya, Onic PH dengan skor 4-0 tanpa balas. Laga ini digelar pada 6-19 Desember 2021.

Perwakilan Indonesia di sana adalah RRQ Hoshi dan Onic Esports. Keduanya adalah juara dan runner up di MPL ID Season 8.

Namun lagi-lagi mereka disingkirkan oleh tim asal Filipina.

Onic Esports lebih dulu gugur usai dikalahkan Blacklist International dengan skor 2-1. RRQ Hoshi bernasib lebih baik karena mereka sempat mencicipi laga Semifinal Upper Bracket.

Tapi di situ RRQ Hoshi ditumbangkan Onic PH dengan skor 3-0, membuatnya turun ke babak Lower Bracket. Langkah mereka terhenti usai dibantai Blacklist International dengan skor 3-0.

MSC 2021: Execration
Juara MSC 2021 adalah Execration (EXE) yang juga dari Filipina. Mereka juara usai mengalahkan rekan senegaranya, Blacklist International dengan skor 4-1.

Adapun perwakilan Indonesia di turnamen itu adalah Evos Legends dan Bigetron Alpha. Keduanya adalah juara dan runner up MPL ID Season 7.

BTR adalah tim Indonesia pertama yang gugur setelah dikalahkan RSG Malaysia dengan skor 2-1 di Perempat Final Lower Bracket. Namun Evos sedikit lebih baik di sini ketimbang BTR.

Evos sempat mengalahkan Execration di Semifinal Upper Bracket dengan skor 2-1. Hal itu membuat EXE turun ke kategori Lower Bracket.

Tapi Evos juga mesti turun ke Lower Bracket karena dikalahkan Blacklist International dengan skor telak 3-0. Di Final Lower Bracket itulah Evos kembali bertemu dengan EXE.

Jika di pertemuan pertama Evos menang, maka di sini Evos yang kalah. Mereka kalah dengan skor 3-1.

M2 World Championship: Bren Esports

Bren Esports jadi juara di M2 World Championship. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)
Bren Esports jadi juara di M2 World Championship. (YouTube/ Mobile Legends Bang Bang)

Bren Esports dari Filipina adalah juara di M2 World Championship yang dilaksanakan pada Januari 2021. Mereka keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Burmese Ghouls dari Myanmar di Grand Final dengan skor 4-3.

Perwakilan Indonesia di turnamen itu adalah RRQ Hoshi dan Alter Ego. Keduanya adalah juara dan runner up di MPL ID Season 6.

Alter Ego adalah tim Indonesia pertama yang pulang usai kalah dari Bren dengan skor 2-1. RRQ Hoshi tampil lebih baik karena mereka berhasil masuk ke Final Upper Bracket.

Namun di sana mereka kalah dari Burmese Ghouls dengan skor 3-2, mengakibatkan turun ke Lower Bracket. Di situ RRQ Hoshi juga kalah dari Bren dengan skor 3-1.

SEA Games 2021 Vietnam: Filipina

Timnas Filipina juara SEA Games Vietnam. (MOONTON Games)
Timnas Filipina juara SEA Games Vietnam. (MOONTON Games)

Tak hanya di turnamen resmi Moonton, Filipina juga mendominasi di ajang SEA Games. Hal ini terjadi pada SEA Games Vietnam 2021 yang digelar Mei 2022 lalu.

Lagi-lagi Filipina keluar sebagai juara untuk cabor Mobile Legends. Sedangkan Indonesia hanya menempati posisi Runner Up.

Saat itu Timnas Indonesia MLBB diwakilkan oleh punggawa RRQ Hoshi dan Onic Esports seperti R7, Alberttt, Vynnn, Sanz, dan CW. Sedangkan timnas Filipina diisi oleh seluruh roster Blacklist International seperti Soto, Del Rosario, Imam, Gonzales, dan Villaluna.

Di babak Grand Final SEA Games Vietnam, Indonesia harus kalah 3-1 atas Filipina. Alhasil mereka hanya mendapatkan medali perak untuk cabor Mobile Legends.

Jika ditotal, Filipina sudah lima kali juara di turnamen Mobile Legends yang diselenggarakan sejak 2021-2023. Berbanding terbalik dengan Indonesia yang selalu kalah dan menempati posisi runner up ataupun lebih bawah.

Itulah sepak terjang tim esports Filipina yang sukses merajai Mobile Legends di berbagai turnamen internasional. (Suara.com/ Dicky Prastya)

Berita Terkait
Berita Terkini

Berhadiah hingga 3.000 dolar AS dan trofi, cek kompetisi fan art dari Zenless Zone Zero....

games | 10:30 WIB

Beragam game meramaikan Crunchyroll Game Vault....

games | 10:37 WIB

Zenless Zone Zero, game action RPG terbaru HoYoverse dengan 40 juta pra-registrasi global....

games | 11:28 WIB

Tidak hanya dengan DJ Tiesto, Zenless Zone Zero juga berkolaborasi dengan duo DJ Lucas & Steve....

games | 11:42 WIB

100 Activity Grand Launching Honor of Kings berlangsung pada 20 hingga 23 Juni 2024....

games | 13:35 WIB