IESF 2022: Indonesia Juara DOTA 2

Pada babak grand final yang di gelar di Earth Stage, panggung utama terbesar di area Indonesia Esports Summit, Tim Nasional Indonesia DOTA 2 mengalahkan tim kuat Filipina dengan skor ketat 3-2.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 10 Desember 2022 | 16:30 WIB
IESF 2022: Indonesia Juara DOTA 2. (PB ESI)

IESF 2022: Indonesia Juara DOTA 2. (PB ESI)

Hitekno.com - Tim Nasional Indonesia untuk game Esports DOTA 2 tampil impresif dan berhasil merebut gelar juara dunia pada Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-14 atau IESF 2022. Indonesia sukses menjadi juara DOTA 2 dalam gelaran IESF 2022 ini.

IESF 2022 yang menjadi ajang kompetisi Esports antar negara ini sendiri menjadi bagian dari perhelatan akbar Indonesia Esports Summit 2022 di Merusaka, Nusa Dua Bali. 

Pada babak grand final yang di gelar di Earth Stage, panggung utama terbesar di area Indonesia Esports Summit, Tim Nasional Indonesia DOTA 2 mengalahkan tim kuat Filipina dengan skor ketat 3-2.

Baca Juga: Link Live Streaming Indonesia vs Argentina di Grand Final eFootball IESF WEC 2022, Tanding Hari Ini!

Keberhasilan Tim Nasional DOTA 2 yang terdiri dari Randy "Dreamocel" Muhammad Sapoetra, Rafli "Mikoto" Fathurrahman, Syaid "Womy" Muhammad Resky, Tri "Jhocam" Kuncoro, Matthew "Whitemon" Filemon, dan Brizio "Hyde" Adiputra Budiana meraih emas, mengantarkan Indonesia untuk sementara berhasil mengoleksi 1 medali emas lewat DOTA 2 dan 1 medali perunggu lewat nomor CS:GO Women.

Indonesia masih berpeluang meraih emas dari 2 nomor lainnya, yaitu dari eFootball yang akan berebut gelar dengan Argentina, dan dari nomor Mobile Legends: Bang Bang yang akan berebut gelar dengan Filipina.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Bambang Sunarwibowo, menyambut dengan penuh kebanggaan atas prestasi hebat yang diraih Tim Nasional Indonesia nomor DOTA 2.

Baca Juga: Bracket IESF World Esports Championship Cabang eFootball, Indonesia Tembus Grand Final

"Indonesia sangat bangga dengan perjuangan yang telah ditunjukkan oleh talenta-talenta terbaik esports Indonesia ini. Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang telah mendarmabaktikan kemampuan terbaiknya demi kejayaan bangsa dan negara, Indonesia. Gelar juara dunia sangat layak mereka sandang."  kata Bambang Sunarwibowo.

Laga Grand Final yang Seru dan Ketat

IESF 2022: Indonesia Juara DOTA 2. (PB ESI)
IESF 2022: Indonesia Juara DOTA 2. (PB ESI)

Pertemuan di grand final menjadi pertemuan kedua antara Indonesia dan Filipina di Indonesia Esports Summit ini. Pada pertemuan pertama, Indonesia kalah dramatis dari Filipina sehingga harus turun ke posisi lower bracket.

Baca Juga: Jadwal IESF World Esports Championship Mobile Legends: Indonesia Akan Melawan Filipina/Kamboja di Grand Final

Filipina tampil di grand final dengan langsung mengantongi keunggulan satu poin sebagai keuntungan berada di posisi Upper Bracket. Walau begitu, Tim Nasional Indonesia tidak ragu dengan memberikan permainan yang menekan. Pada menit ke-21 di babak pertama, Tim Nasional Indonesia sudah mengantongi 18 kills dan Aegis of Immortal.

Permainan yang sempurna ditunjukkan oleh Tim Nasional Indonesia hingga meraih kemenangan pertama di menit ke- 45 dengan poin 51-19 untuk kemenangan Indonesia. Skor 1-1 untuk Indonesia dan Filipina.

Babak kedua, Tim Nasional Indonesia sudah mengungguli Filipina dengan poin 4-1. Akan tetapi, memasuki late game, potensi hero dari Filipina berhasil tampil maksimal dengan mengamankan satu tower pada top barrack. Permainan pada babak ini berakhir dengan kemenagan Filipina di menit ke-60 dengan poin 51-45. Sementara, Indonesia tertinggal dari Filipina dengan skor 1-2.

Baca Juga: Official Device di IESF 2022, Timnas Mobile Legends Filipina Keluhkan Samsung Galaxy S22 Ultra

Babak ketiga, Tim Nasional Indonesia memperlihatkan permainan yang agresif dengan menggunakan hero andalan mereka, yakni Beast Master dan Mirana. Permainan Tim Nasional Indonesia dengan winning condition bermain dengan mengulur waktu sehingga mendapatkan peluang sempurna.

Terbukti, Tim Nasional Indonesia meraih Aegis of Immortal dan mengendalikan permainan hingga babak ketiga selesai pada menit ke-31. Tim Nasional Indonesia berhasil comeback dengan memenangkan pertandingan di babak ini dengan skor 2-2.

Babak keempat, Filipina bermain agresif sehingga unggul dengan 20 kills. Namun, penampilan memukau dari "Mikoto" membuat Tim Nasional Indonesia bangkit. Tim Nasional Indonesia berhasil meraih 5 kills menggunakan smoke gang pada menit ke-26 sehingga berhasil mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan. Permainan di babak ini berakhir dengan poin 34-28 untuk kemenangan Indonesia.

Pertandingan grand final DOTA 2 yang berlangsung sengit berhasil dimenangkan oleh Tim Nasional Indonesia dengan skor akhir 3-2. Kemenangan ini menghasilkan emas pertama bagi Indonesia dari kejuaraan dunia esports 2022 yang saat ini masih berlangsung.

Itulah kesuksesan timnas DOTA 2 Indonesia yang berhasil menjadi juara di cabang game tersebut dalam gelaran IESF 2022.

Berita Terkait
TERKINI

Acara Khusus Fan Art Genshin Impact HoYoFair2024 akan disiarkan secara langsung pada 13 April 2024....

games | 10:21 WIB

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB
Tampilkan lebih banyak