Games

5 Rekomendasi Game Horor Berdasarkan Cerita Rakyat Asia

Berani memainkan game horor Asia ini? Tidak sekadar seram dan menakutkan.

Agung Pratnyawan

The Coma 2: Vicious Sisters. (Steam)
The Coma 2: Vicious Sisters. (Steam)

Hitekno.com - Game horor mengambil banyak ispirasi, bahkan ada yang mengangkat ceirta rakyat. Dampaknya memberikan efek seram dan kengerian yang berbeda. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum beberapa rekomendasi game horor berdasarkan cerita rakyat Asia.

Game horor kini mulai berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan bergerak ke negara-negara Asia lainnya. Banyak dari pengembang game horor Asia mengadaptasi cerita rakyat yang terkenal menyeramkan.

Sebut saja Game horor seperti Detention dan Dreadout mengakar kuat dalam cerita rakyat, tradisi, dan sejarah negara mereka sendiri.

Beberapa video game horor Asia mulai memasukkan tema-tema dari sejarah lokal, mitologi, atau adat istiadat untuk menciptakan pengalaman yang lebih pribadi dan mengakar, memadukan hal-hal biasa dengan takhayul dan yang luar biasa.

Tentu saja, menggunakan makhluk dari mitologi adalah metode sederhana untuk menghubungkan horor dengan budaya.

Berikut rekomendasi game horor berdasarkan cerita rakyat Asia yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Home Sweet Home

Home Sweet Home. (Steam)
Home Sweet Home. (Steam)

Cerita rakyat Thailand belum sepenuhnya dieksplorasi, dan hanya beberapa permainan yang memanfaatkannya untuk menciptakan suasana yang menakutkan. Home Sweet Home, menghadirkan horor yang menakutkan berdasarkan mitologi dan tradisi Thailand.

Alur ceritanya memutar dan menjadi mimpi buruk, bergantian antara mimpi dan kenyataan. Karakter utama adalah pasangan yang terbangun dan menemukan dirinya terkunci di dunia yang menakutkan yang entah bagaimana. Sesuatu terjadi pada istrinya, dan satu-satunya cara untuk menemukannya dan mengetahui apa yang terjadi adalah pergi ke lingkungan yang berbahaya.

Setiap objek dan detail mencerminkan budaya Thailand. Sangat menarik untuk melihat bagaimana estetika dan mitologi pengaturan berlabuh dalam legenda Thailand, dan mengkaitkan dengan masa lalu pribadi karakter utama.

Setiap bagian, mulai dari lukisan gores hingga lukisan dinding, sarat dengan budaya Thailand, memberikan suasana yang unik dan menarik.

Download game PC Home Sweet Home melalui LINK INI.

2. Paper Ghost Stories: 7PM

Paper Ghost Stories: 7PM. (Steam)
Paper Ghost Stories: 7PM. (Steam)

Game horor ini adalah petualangan singkat namun dapat dimainkan ulang yang berfokus pada berbagai opsi dan jalur yang saling tidak berkaitan, yang mengharuskan pemain banyak mencoba untuk menguji setiap jalur.

Permainan berlangsung di sebuah gedung apartemen Melayu kecil di mana sebagian besar penghuninya adalah orang China.

Kaitan menarik antara budaya Melayu dan China digambarkan dengan indah dalam permainan, tidak hanya dalam ucapan karakter, tetapi juga dalam warisan dan elemen lain seperti makanan.

Festival Hantu Lapar adalah perayaan selama sebulan di mana hantu mengunjungi yang hidup, peristiwa menarik yang sarat dengan kepercayaan, ritual, dan tabu. Pada dasarnya Halloween selama sebulan, dengan fokus pada ritual, doa, dan kebiasaan kuno dalam hal ini.

Download game PC Paper Ghost Stories: 7PM melalui LINK INI.

3. Pamali

Game Horor Pamali. (StoryTale Studios)
Game Horor Pamali. (StoryTale Studios)

Pamali adalah game horor dari mitologi Indonesia yang menawarkan kiasan dan pemahaman yang mendalam tentang adat istiadat.

Game horor buatan Indonesia ini dibagi menjadi empat episode, masing-masing berfokus pada makhluk yang berbeda dari legenda Indonesia, dari Pocong yang terkenal hingga Leak.

Game ini menggabungkan pengetahuan tentang mitologi Indonesia, yang kemudian dibagikan kepada pemain, menyempurnakan setiap sesi dengan fakta dan detail baru. Misalnya, setelah setiap akhir, akan ada deskripsi tindakan pemain tanpa disadari yang membuat marah roh.

Download game PC Pamali melalui LINK INI.

4. PAGUI

PAGUI. (Steam)
PAGUI. (Steam)

Pagui adalah permata tersembunyi yang belum ditemukan. Game ini adalah game aksi-horor yang berlatar tahun 1950-an di Taiwan, di mana kebrutalan historis asli digabungkan dengan teror legendaris. Ini mengikuti narasi seorang anak mengusir setan yang mencari orang tuanya.

Lokasinya menakjubkan, dengan perhatian cermat terhadap detail yang menciptakan Taiwan tahun 1950-an seperti nyata. Bangunan-bangunan yang sunyi dan hal-hal yang ditinggalkan menekankan kengerian yang terjadi. Komponen tradisional juga terintegrasi dengan baik, terutama dalam upacara dan hal-hal lainnya.

Grafik memainkan peran penting dalam menggambarkan dunia yang meyakinkan, terutama di cutscene, yang selalu dilakukan dengan sangat baik, baik seram, misterius, atau berorientasi aksi. Musiknya juga menggabungkan suara tradisional dengan elemen yang lebih berorientasi rock, menghasilkan kombinasi yang menarik.

5. The Coma 2: Vicious Sisters

The Coma 2: Vicious Sisters. (Steam)
The Coma 2: Vicious Sisters. (Steam)

Coma 2 memiliki peningkatan besar dari game pertama, dan salah satu game terhebat yang dibuat oleh tim Korea. Coma 2 mirip dengan seri Clock Tower karena menggunakan gaya 2D untuk menciptakan permainan petak umpet tanpa akhir melawan penguntit abadi.

Grafiknya benar-benar menakjubkan, persilangan antara manga dan kartun, dengan perhatian cermat terhadap detail di setiap elemen, dari karakter hingga pengaturan yang rumit. 

Itulah lima rekomendasi game horor berdasarkan cerita rakyat Asia yang menakutkan. Dari game horor Asia di atas, mana yang sudah kamu coba?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait