Kominfo Blokir Steam, Ini Tanggapan Asosiasi Game Indonesia Terkait PSE

Asosiasi Game Indonesia (AGI) yang menaungi para pengembang game lokal telah mengeluarkan tanggapan resmi mereka terkait aturan PSE.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:45 WIB
Logo AGI. (AGI.or.id)

Logo AGI. (AGI.or.id)

Hitekno.com - Kominfo telah melakukan pemblokiran sejumlah layanan dan situs, didalamnya termasuk Steam juga Epic Games Store. Hal ini tidak hanya berdampak pada para gamer saja, namun juga para pengembang game lokal.

Sebagai diketahui, pemblokiran oleh Kominfo ini sebagai tindak lanjut pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) meminta layanan seperti Steam dan Epic Games Store untuk melakukan pendaftaran.

Terkait pemblokiran Kominfo tersebut, Asosiasi Game Indonesia (AGI) yang menaungi para pengembang game lokal telah mengeluarkan tanggapan resmi mereka. 

Baca Juga: Ngamuk Kominfo Blokir Steam hingga PayPal, Netizen Serukan #BlokirKominfo

Menurut AGI, pemblokiran yang dilakukan Kominfo sifatnya tidak permanen hanya sebagai sanki kepada PSE yang belum mendaftarkan diri. Nantinya para gamer bisa kembali mengakses Steam, Epic Games Store dan layanan populer lainnya.

AGI juga menghimbau kepada para PSE untuk mendaftarkan diri ke Kominfo terkait aturan yang telah berlaku di Indonesia.

Melalui situs resminya, AGI.or.id berikut ini tanggapan AGI terkait tindakan Kominfo melakukan pemblokiran dan aturan PSE tersebut.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dukung Kominfo Lakukan Pemblokiran, Netizen Makin Geram

Baru-baru ini, Kementerian KOMINFO menegakkan kewajiban bagi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) untuk mendaftarkan Sistem Elektronik (SE) mereka agar dapat beroperasi di Indonesia. Aturan ini diadakan untuk melakukan pencatatan dan menanggulangi resiko-resiko di dunia digital kepada masyarakat Indonesia, seperti penipuan, transaksi palsu, pencurian data pribadi, dan lain-lain.

Pendaftaran dapat dilakukan oleh PSE dengan mudah dan cepat. Saat ini sudah ada 8.920 SE yang terdaftar, baik dari domestik maupun asing. Bahkan dalam waktu singkat sejak Kementerian KOMINFO mengirimkan surat yang menginformasikan kewajiban ini kepada PSE pada tanggal 22 Juni 2022, 90 dari 100 SE terpopuler di Indonesia sudah mendaftarkan diri.

Sayangnya, 6 dari 10 SE terpopuler yang belum mendaftarkan diri berasal dari bidang video game. SE-SE ini antara lain adalah Steam, Dota 2, CS:GO (Valve Corporation), Epic Games (Epic Games, Inc), dan Origin (Electronic Arts). Oleh karena itu, dilakukan pemutusan akses kepada para SE ini oleh KOMINFO sejak tanggal 29 Juli 2022 pukul 23.59.

Baca Juga: Steam hingga PayPal Kena Blokir Kominfo, Netizen Heran Judi Slot Masih Bisa Diakses

Pemutusan akses tidak bersifat permanen, dan akan dapat digunakan kembali oleh masyarakat Indonesia seperti sedia kala setelah para SE yang terpengaruh telah terdaftar. Saat ini KOMINFO aktif berkomunikasi dengan para PSE yang terpengaruh dan akan ditindaklanjuti setelah PSE melakukan pendaftaran.

Meskipun sanksi saat ini baru dikenakan bagi sejumlah SE terpopuler, kewajiban pendaftaran berlaku bagi semua SE yang akan beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, AGI menghimbau para pelaku industri game swasta di Indonesia sebagai PSE Lingkup Privat untuk segera mendaftar melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik Berbasis Risiko / Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) pada laman oss.go.id.

Apabila Anda adalah perwakilan PSE yang mengalami hambatan teknis dalam proses pendaftaran, silakan akses panduan pendaftaran melalui tautan https://s.id/pendaftaranpseprivat. Jika terdapat kendala lebih lanjut PSE dapat menghubungi layanan bantuan helpdesk Pendaftaran PSE lingkup privat melalui:

Baca Juga: Daftar Situs yang Diblokir Kominfo Hari Ini, Steam hingga Yahoo dan Bing

Telepon: 0811-1111-3111;
Whatsapp: 0815-1945-6822
E-mail pada alamat: [email protected].
Layanan daring: https://s.id/pse-zoom

Itulah tanggapan Asosiasi Game Indonesia pada aturan PSE yang diberlakukan Kominfo. Termsuk dengan pemblokiran Steam dan beberapa layanan lainnya terkait game. Lebih lanjut bisa dikunjungi melalui situs https://www.agi.or.id/id/berita-terbaru/tanggapan-agi-terkait-pse 

Berita Terkait
TERKINI

Acara Khusus Fan Art Genshin Impact HoYoFair2024 akan disiarkan secara langsung pada 13 April 2024....

games | 10:21 WIB

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB
Tampilkan lebih banyak