Games

Termasuk Mobile Legends, Ini Deretan Game dan Aplikasi Populer yang Terdaftar di PSE Kominfo

Aplikasi dan game yang terdaftar di PSE Kominfo aman dari ancaman pemblokiran.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Mobile Legends yang baru. (Facebook/ Mobile Legends Bang Bang)
Logo Mobile Legends yang baru. (Facebook/ Mobile Legends Bang Bang)

Hitekno.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebelum ini mengeluarkan peringatan kepada perusahaan penyedia aplikasi dan sistem elektronik agar mendaftar di PSE Kominfo. Termasuk Mobile Legends hingga Genshin Impact, berikut terdapat beberapa game dan aplikasi populer yang terdaftar di Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat, atau PSE Lingkup Privat Kominfo.

Berdasarkan peraturan serta imbauan, aplikasi atau jasa sistem elektronik yang tidak mendaftar di PSE Lingkup Privat bakal diblokir oleh Kominfo.

Pantauan tim HiTekno.com pada Selasa (19/07/2022) pukul 08.00 WIB, sudah terdapat 6.119 PSE Domestik dan 108 PSE Asing yang telah terdaftar di Kominfo.

Mobile Legends: Bang Bang dan Mobile Legends: Adventure sudah terdaftar di PSE Kominfo (kategori PSE Asing) pada 17 Juli 2022. Hoyoverse (dulu miHoYo) juga telah mendaftarkan deretan game-nya ke PSE Kominfo pada 18 Juli 2022.

Beberapa game Hoyoverse seperti Genshin Impact, Honkai Impact 3rd, Tears of Themis, Honkai: Star Rail, Zenless Zone Zero, dan forum komunitas Hoyolab tak akan diblokir oleh Kominfo.

Mobile Legends hingga Genshin Impact sudah terdaftar di PSE Kominfo. (Kominfo)
Mobile Legends hingga Genshin Impact sudah terdaftar di PSE Kominfo. (Kominfo)

Terkait PSE Asing, deretan game seperti Watcher of Realms, Mini World, dan Ragnarok X: Next Generation juga telah terdaftar di Kominfo.

Beberapa situs, penyedia layanan serta aplikasi populer lain yang telah terdaftar sebagai PSE Asing di Kominfo termasuk Telegram, Resso, Capcut, TikTok, Dailymotion, Spotify, MiChat, Ulike dan Yandex.

Laporan dari Suara.com, beberapa game seperti Free Fire, Call of Duty Mobile, hingga Arena of Valor sudah didaftarkan pengembangnya, Garena, sebagai PSE Lingkup Privat Domestik.

Genshin Impact v2.8. (HoYoverse)
Genshin Impact v2.8. (HoYoverse)

Game populer PUBG Mobile dari Tencent masih belum terlihat sejauh ini di PSE Kominfo. Meski begitu, Tencent sudah mengonfirmasi pada akhir Juni lalu bahwa mereka akan segera mendaftarkan diri ke PSE Kominfo.

Apabila para PSE tidak segera melakukan pendaftaran sebelum 20 Juli 2022, maka Kominfo akan melakukan pemblokiran kepada layanan atau aplikasi yang bersangkutan pada 21 Juli 2022.

Berita Terkait