Games

Butuh Lebih dari Rp 8 M untuk Memaksimalkan Karakter Diablo Immortal

Bagaimana bisa memaksimalkan karakter Diablo Immortal butuh uang sampai Rp 8 miliar?

Agung Pratnyawan

Diablo Immortal. (fandom)
Diablo Immortal. (fandom)

Hitekno.com - Diablo Immortal merupakan game Massively Multiplayer Online Action Role-playing (MMOARPG) yang baru dirilis pada 2 Juni lalu oleh Blizzard Entertainment.

Ini adalah salah satu game F2P paling kontroversial yang dirilis dalam sejarah industri gaming dunia.

Bagaimana tidak, game ini akan menggunakan transaksi mirko kontroversial dalam prosesnya.

Memang, Diablo Immortal bukan game pertama yang menggunakan strategi transaksi mikro kontroversial untuk membuat pemain menginvestasikan uang.

Akan tetapi, Diablo Immortal membawa strategi ini ke tingkat yang terlalu tinggi.

Dalam game Diablo Immortal, pemain bisa berperan sebagai salah satu dari enam karakter yang tersedia, seperti Barbarian, Crusader, Demon Hunter, Monk, Necromancer, hingga Wizard.

Tugas pemain juga mudah, yakni menjalankan misi yang disediakan. Mudah diucapkan, tapi sulit dilakukan.

Diablo Immortal. (fandom)
Diablo Immortal. (fandom)

Gamerant menyebut jika sistem game Blizzard Entertainment ini sangat buruk, terutama sistem jual beli gems di Diablo Immortal untuk meningkatkan level karakter Diablo Immortal.

Bagaimana tidak, kamu membutuhkan ribuan dollar untuk bisa membuat karakter Diablo Immortal kamu mencapai posisi bintang 5.

Tanpa keberuntungan, setidaknya kamu akan membutuhkan 16 ribu dolar atau setara dengan Rp237 juta untuk menjadikan karakter kamu menjadi karakter Diablo Immortal bintang lima.

Yang selama ini gamer pahami, mesin slot gems Diablo Immortal dapat digunakan pemain untuk menghitung totalnya sendiri dan akan memberikan "bill" yang harus dibayar pemain jika ingin naik level.

Namun, seorang pemain baru-baru ini menemukan fakta bahwa sistem gems permainan sebenarnya jauh lebih dalam dari itu.

Sebab sistem pertama di game Diablo Immortal ini ternyata dapat secara "brutal" meningkatkan jumlah uang yang dibutuhkan untuk memaksimalkan karakter hingga ratusan ribu dolar.

Pengguna Reddit ShiftYourCarcass membuat posting panjang yang menggambarkan bagaimana pemain telah tertipu dengan berpikir dengan uang 100 ribu dollar (Rp1,4 miliar) sudah bisa membuatnya mencapai level bintang 6.

Pada kenyataannya, ShiftYourCarcass percaya bahwa uang yang harus dikeluarkan untuk berada di level puncak sebenarnya lebih dari 540 ribu dollar (Rp8 miliar) atau bahkan bisa lebih.

Kelemahan lain

Diablo Immortal. (blizzard)
Diablo Immortal. (blizzard)

Selain membutuhkan banyak uang untuk mencapai level yang diinginkan, Diablo Immortal ini juga game yang membutuhkan waktu yang lama untuk memainkannya.

Bellular News berpendapat butuh waktu 10 tahun bagi pemain F2P untuk dapat sepenuhnya melengkapi keperluan karakter Diablo Immortal mereka, berdasar situasi game saat ini.

Meski demikian, developer bisa saja mempersingkat atau memperpanjang durasi permainan tersebut.

Sebab, mengubah kebijakan dan mekanisme di dalam game F2P merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan oleh pengembang game

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait