Games

Cara Main Minecraft Multiplayer, Mabar Seru Membangun Bareng Teman

Ini dua cara main Minecraft multiplayer di HP Android.

Agung Pratnyawan

Minecraft. (PlayStation)
Minecraft. (PlayStation)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara main Minecraft multiplayer dengan mudah? Kamu bisa main bareng atau mabar dengan teman untuk melakukan banyak aktivitas di game sandbox ini.

Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Minecraft untuk kamu, bagaimana cara main Minecraft multiplayer dengan teman-teman.

Apa itu Minecraft

Bagi kamu para pecinta game, pasti sudah kenal kan dengan game Minecraft? Yakni game Sandbox tentang menyusun, menghancurkan dan menempatkan blok yang dibuat oleh pengembang asal Swedia.

Dalam game Minecraft ini kamu bisa dengan bebas membuat peralatan, membangun rumah, bahkan mendirikan kota sekalipun sesuai dengan imajinasimu. Jadi selain menikmati keseruan bermain game, kamu juga jadi bisa mengasah kreativitas ya!

Main Minecraft Multiplayer

Selain itu, game Minecraft juga bisa kamu mainkan bersama dengan teman-teman kamu loh melalui fitur Multiplayer nya. Multiplayer adalah sebuah fitur dalam game dimana antara player bisa saling berinteraksi.

Mode multiplayer pada game Minecraft ini bisa menampung hingga lima pemain, termasuk satu orang pemain yang bertugas sebagai server.

Nah, bagi kamu yang memiliki game Minecraft di HP Android kamu. Kamu bisa mencoba bermain menggunakan fitur Multiplayer yang bisa kamu jalankan baik secara offline maupun online. Memainkan game multiplayer di Minecraft secara offline dijamin lebih seru karena kamu tidak perlu memikirkan masalah koneksi internet.

Game Minecraft. (Minecraft)
Game Minecraft. (Minecraft)

Untuk cara main multiplayer di Minecraft Android secara offline, kamu hanya membutuhkan satu smartphone Android lain yang tidak digunakan untuk bermain sebagai perantara WiFi.

Lalu ikuti langkah-langkah tutorial Minecraft berikut ini untuk cara main Minecraft multiplayer di HP Android secara offline:

  1. Siapkan satu HP Android yang akan digunakan sebagai hotspot , perlu diingat ya kalau HP Android tersebut tidak digunakan untuk bermain game. Lalu aktifkan fitur Hotspot pada HP Android tersebut
  2. Kemudian nyalakan WiFi dan hubungkan HP Android lainnya yang akan digunakan untuk bermain game Minecraft agar saling terhubung
  3. Selanjutnya buka game Minecraft di semua HP
  4. Lalu pada HP Android yang menjadi server Hotspot, buatlah World baru dan pastikan telah memberi centang pada bagian Multiplayer dan Broadcast on LAN
  5. Setelah itu pada HP Android lainnya yang terhubung melalui Wifi dari Hotspot HP Android sebelumnya, cukup tekan tombol PLAY dan menuju Tab Friends maka kamu akan melihat World yang sedang di mainkan oleh teman kamu
  6. Klik untuk masuk ke dalam World tersebut dan tunggu beberapa detik sampai memasuki World yang dibuat tadi, lalu sekarang kamu bisa bermain bersama dengan teman-teman kamu atau Multiplayer
Game Minecraft. (Minecraft)
Game Minecraft. (Minecraft)

Selain cara main multiplayer di Minecraft Android secara offline, kamu juga bisa bergabung dalam permainan multiplayer di Minecraft Android secara online loh.

Untuk cara main Minecraft multiplayer di HP Android secara online kamu bisa ikuti langkah-langkah tutorial Minecraft berikut ini :

  1. Buka web pada HP Android kamu lalu akses server Minecraft
  2. Kemudian jalankan Minecraft dan pilih opsi Play
  3. Lalu daftar dunia permainan yang tersimpan akan ditampilkan, atau kamu juga bisa memilih dunia yang sudah ada atau menambahkan dunia baru
  4. Klik tombol External dan pilih Add Server
  5. Setelah itu kamu bisa memasukkan informasi server ke kolom yang sudah tersedia
  6. Isi kolom-kolom dengan informasi server, selain itu kamu juga bisa menambahkan satu atau beberapa server sekaligus loh
    Server Name : Masukkan nama server
    Address : Masukkan alamat IP server pada kolom ini
    Port : Masukkan nomor porta pada kolom ini, nomor porta ditampilkan
    setelah tanda titik dua ( : ) pada alamat server
  7. Sentuh server yang baru dibuat untuk mengaksesnya. Maka permainan akan dihubungkan ke server. Setelah terhubung ke server, karakter kamu akan ditempatkan di area awal (welcome area)
  8. Setelah World terbuka, maka kamu bisa langsung bermain multiplayer di Minecraft Android secara online

Itulah cara main multiplayer di Minecraft Android yang bisa kamu lakukan baik secara offline maupun online. Cukup mudah bukan?

Selamat mencoba cara main Minecraft multiplayer di HP Android tersebut dengan teman-teman. Semoga tutorial Minecraft di atas berguna.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait