Games

7 Rekomendasi Game Mirip Elden Ring, RPG Open World dengan Tingkat Kesulitan Tinggi

Cari game mirip Elden RIng, cek rekomendasi berikut ini.

Agung Pratnyawan

Elden Ring. (FromSoftware)
Elden Ring. (FromSoftware)

Hitekno.com - Cari game mirip Elden Ring yang punya tingkat kesulitan tersendiri dan menawarkan dunia unik juga luas? Tim HiTekno.com telah merangkum rekomendasi game yang mirip dengan Elden Ring.

Game RPG saat ini sangat digemari para gamer. Salah satu game RPG yang paling diminati tahun ini adalah Elden Ring. Game ini bahkan menduduki peringkat pertama wishlist di Steam. Elden Ring merupakan permainan yang dikembangkan oleh FromSoftwe dan dirilis oleh Bandai Namco Entertainment.

Namun sekeren apapun Elden Ring, pasti ada masanya kamu akan bosan memainkannya. Entah karena sudah benar-benar tamat, atau malah karena frustasi. Rekomendasi game mirip Elden Ring bisa kamu coba mainkan. Elden Ring adalah game soulslike.

Ada beberapa game soulslike yang tak kalah seru dengan Elden Ring. Juga dame RPG lain dan Open World yang tidak kalah menarik.

Berikut rekomendasi game mirip Elden Ring yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. The Legend of Zelda: Breath of the Wild

The Legend of Zelda Breath of the Wild. (Nintendo)
The Legend of Zelda Breath of the Wild. (Nintendo)

Game Nintendo Switch ini bercerita tentang hancurnya Kerajaan Hyrule yang sudah di depan mata, dibalik hancurnya kerajaan megah tersebut ternyata ada kekuatan jahat yakni Calamity Ganon.

Kekacauan yang dilakukan oleh Calamity Ganon sempat mendapatkan perlawanan balik oleh Princess Zelda bersama kelima ksatria hebat Kerajaan Hyrule, namun sayangnya satu demi satu dari kelima ksatria tersebut kalah ketika melawan kekuatan jahat itu.

2. The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher 3. (CD Projekt RED)
The Witcher 3. (CD Projekt RED)

Game RPG yang pernah mendapatkan penghargaan Game of The Year ini akan membuat kamu kecanduan karena memiliki plot yang kompleks dan sangat seru untuk dimainkan. Kamu akan memainkan karakter bernama Geralt of Rivia, seorang pemburu monster yang memiliki misi untuk mencari Ciri, anak angkatnya yang diburu oleh Wild Hunt.

3. Bloodborne

Ilustrasi karakter dari game Bloodborne. (FromSoftware)
Ilustrasi karakter dari game Bloodborne. (FromSoftware)

Bloodborne memiliki combat yang berlangsung cepat dan fluid, dan pemain justru akan didorong untuk lebih agresif dalam bermanuver. Hal lain yang membuat Bloodborne terasa unik adalah settingnya. Menghilangkan setting medieval bertema fantasi dan digantikan oleh setting Victorian dengan gaya arsitektur Gothic yang mendominasi.

Kamu akan berjumpa dengan beragam jenis makhluk menyeramkan yang banyak terinspirasi oleh karya-karya literatur H. P. Lovecraft. Di titik tertentu, memainkan Bloodborne bahkan terasa seperti memainkan game horor berkat suasananya yang begitu mencekam.

4. Sekiro: Shadows Die Twice

Sekiro Shadows Die Twice. (FormSoftware)
Sekiro Shadows Die Twice. (FormSoftware)

Sekiro: Shadow Die Twice adalah sebuah game keluaran From Software yang berlatar masa feodal Jepang dengan ninja-ninja yang memakai samurai. Hal ini sangat berbeda dengan Dark Soul dan BloodBorne yang memiliki arsitektur barat nan gothic.

Dalam game ini, kamu akan menjadi ninja yang siap melawan musuh jahat memakai pedang samurai. Seperti Dark Soul, kamu akan melawan musuh kecil dan bos besar yang memiliki ciri khas kekuatan masing-masing.

5. Shadow of the Colossus

Shadow Of The Colossus. (PlayStation)
Shadow Of The Colossus. (PlayStation)

Di game Shadow of the Colossus, kamu berperan sebagai pria bernama Wander yang ingin menghidupkan kembali seorang wanita yang terkena kutukan. Wander harus mengalahkan 16 Colossus untuk dapat mengembalikan jiwa sang wanita yang saat itu sedang berada dalam keadaan koma.

Diceritakan bahwa 16 colossus tersebut rupanya adalah makhluk penjaga tak berdosa yang bertugas untuk memerangkap jiwa Dormin. Ketika 16 mahluk Colossi itu mati, Dormin akhirnya bisa terbebas kembali hingga merasuki tubuh Wander untuk menjadi sesosok mahluk yang menyeramkan dan jahat, lalu membuat kekacauan di sekitarnya.

6. Dark Souls III

Dark Souls III. (FromSoftware)
Dark Souls III. (FromSoftware)

Dalam Dark Souls III kamu adalah seseorang yang sudah mati yang disebut Unkindled. Ketika kamu dibangkitkan dari kubur, kamu ditugaskan untuk mengembalikan tahta dari lima Lord of Cinder.

Kisah dalam Dark Souls III diceritakan dengan menggunakan lingkungan dan barang sebagai medium penceritaan. Kisah serta berbagai detail dunia bisa kamu ketahui lewat deskripsi barang dan penggambaran lingkungan yang kamu temui. Tapi, itu bukan berarti dua hal tersebut akan menjelaskan sepenuhnya tentang apa yang terjadi.

7. The Elder Scrolls V: Skyrim

The Elder Scrolls V: Skyrim. (Steam)
The Elder Scrolls V: Skyrim. (Steam)

Cerita The Elder Scrolls V: Skyrim berfokus pada petualangan kamu sebagai seorang pahlawan yang disebut Dragonborn. Menurut legenda bangsa Nord di Skyrim, Dragonborn merupakan pembasmi naga yang muncul untuk membebaskan dunia dari kehancuran akibat ulah naga.

Alur cerita yang dibawakan pada Skyrim tentunya akan semakin menarik bila kamu mengikuti cerita di Oblivion. Namun, jangan khawatir. Sebab, Skyrim juga menyediakan cerita yang dapat diikuti dengan baik. Game ini juga menyediakan berbagai buku dalam game yang dapat kamu baca supaya dapat menyelami ceritanya.

Itulah rekomendasi game mirip Elden Ring yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait